PROPOSAL PELAKSANAAN
PENGADAAN
PEMAGARAN & GAPURA SEKOLAH
SDN KALIPASIR
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Sejalan dengan Program
Pemerintah Khususnya disektor Pendidikan Dasar dengan Program Wajib Belajar 9 Tahun
(Wajar Dikdas 9 Tahun) adalah Sekolah merupakan salah satu sarana aktifitas
pendidikan formal dalam dunia pendidikan yang keberadaannya tidak hanya sebagai
sarana kegiatan belajar mengajar (KBM) akan tetapi berperan serta dalam bentuk
kehidupan masyarakat terutama dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM)
Indonesia yang berkualitas secara merata.
Menyadari akan
tanggung jawab tersebut SDN KALIPASIR Kec. Leuwisadeng Kab. Bogor sebagai salah
satu ujung tombak penyelenggaraan pendidikan dituntut untuk memiliki
kreatifitas dan strategi dalam upaya mencapai tujuan tersebut secara optimal
sehingga dapat tercapai pemerataan pendidikan bagi seluruh warga negara.
SDN KALIPASIR
Kec. Leuwisadeng Kab. Bogor sebagai salah satu sekolah menyadari bahwa peran
serta bantuan dan tanggung jawab dari pemerintah sangatlah besar, terutama dalam
peningkatan mutu pembelajaran dan peningkatan mutu pendidikan yang sesuai
dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP), namun di sekolah kami adanya kerusakan PEMAGARAN & GAPURA sekolah dapat mengganggu proses kegiatan belajar mengajar
siswa dari gangguan hewan liar dan rawan longsor karena posisi SDN KALIPASIR Kec. Leuwisadeng Kab. Bogor berada di bawah bukit dan pinggir
sungai. Berdasarkan pemikiran tersebut di atas, maka kami
menyampaikan “PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN PEMAGARAN DAN GAPURA SEKOLAH” kepada pihak terkait, sebagai bahan pertimbangan.
B. Tujuan
1. Mensukseskan
Program Wajib Belajar 9 Tahun (Wajar Dikdas 9 Tahun);
2. Melengkapi
prasarana dan sarana sekolah sebagai wadah pendidikan lanjutan;
3. Menciptakan
suasana belajar mengajar yang kondusif;
4. Meningkatkan
kualitas pendidikan dan ikut serta pemerintah dalam mencerdaskan
Bangsa;
5. Meningkatkan
sumber daya manusia (SDM);
6. Meningkatkan
mutu pembelajaran dan mutu pendidikan;
7. Mempersiapkan anak yang berkualitas, berakhlakul karimah dan beriman
serta bertaqwa kepada Allah SWT.
C. Hasil yang Diharapkan
Dengan tujuan yang
telah kami kemukakan diatas, pelaksanaan Program Pengadaan Pemagaran dan gapura Sekolah Tahun 2016 ini
diharapkan akan mampu memberikan hasil :
1. Setiap pengajar dan siswa dapat
merasakan rasa aman dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah.
2. Adanya peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pembelajaran,
yang
dalam gilirannya dapat
meningkatkan kualitas pendidikan.
3. Adanya peningkatan pelayanan minimal pendidikan di lingkungan SDN
Kalipasir
Kab. Bogor sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP), khususnya
Standar Sarana dan Prasarana
sesuai dengan Permendiknas No. 24 Tahun 2007;
BAB
II
PROFIL
SEKOLAH
1. IDENTITAS SEKOLAH
Nama Sekolah
|
: SD NEGERI
KALIPASIR
|
Status Sekolah
|
: Negeri
|
NSS
|
: 101020239010
|
NPSN
|
: 20230519
|
Kode Sekolah
|
: 10139010
|
Tahun Berdiri
|
: 1983
|
Status bangunan
|
: Milik Pemerintah
|
Alamat
|
: Kp. Kalipasir
RT. 04/ RW 02
Ds.
Leuwisadeng Kec. Leuwisadeng Kab.
Bogor
Provinsi Jawa
Barat
|
Nama Kepala Sekolah
|
: Adah Salsiah, S.Pd.MM
|
NIP
|
: 196101121982042001
|
Pangkat,Golongan dan Ruang
|
: Pembina, IV/a
|
Nomor SK Pengangkatan Kepala Sekolah
|
: 821.27/00067/SK-Sekda/2006
|
Tanggal
|
: 17 Mei 2006
|
No. HP
|
: 0813-1566-6070
|
2. DATA SISWA
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
NO
|
KELAS
|
JUMLAH
|
JUMLAH
|
||
ROMBEL
|
SISWA
|
||||
L
|
P
|
||||
1
|
I
|
2
|
23
|
20
|
43
|
2
|
II
|
2
|
28
|
28
|
56
|
3
|
III
|
2
|
29
|
19
|
48
|
4
|
IV
|
2
|
19
|
26
|
45
|
5
|
V
|
2
|
31
|
19
|
50
|
6
|
VI
|
2
|
32
|
25
|
57
|
JUMLAH
|
12
|
163
|
136
|
299
|
3.
DATA PERSONAL
A.
Nama Personal
No Urut
|
Nama Pegawai
|
L/P
|
NIP
|
NUPTK
|
Jab/Status Peg
|
1
|
ADAH SALSIAH,
S.Pd.MM
|
196101121982042001
|
2444739641300042
|
Kepsek
|
|
2
|
AHMAD
SYARIFUDDIN, S.Ag.MM
|
196207061983081003
|
1038740642200053
|
Guru
|
|
3
|
ROHMANIAH,
S.Pd.SD
|
196409161986102003
|
7248742646300013
|
Guru
|
|
4
|
YAYAT NURHAYATI,
S.Pd.SD
|
196607071993012001
|
4039744647300053
|
Guru
|
|
5
|
NITA ROSITA,
S.Pd.SD
|
196610151988032004
|
6347744646300003
|
Guru
|
|
6
|
NISA NURAFIFAH
HADIATNA, S.Pd.
|
198810052016112001
|
9337766667210063
|
Guru
|
|
7
|
HUJRIAH, S.Pd.SD
|
197608122014052001
|
2144754656300043
|
Guru
|
|
8
|
NAJIB, S.Pd.
|
7235760663200013
|
Guru
|
||
9
|
EUIS YULIANA,
S.Pd.
|
1034764665300043
|
Guru
|
||
10
|
UDI HUSNA,
S.Pd.I
|
4049768670110003
|
Guru PJOK
|
||
11
|
SULTONI RAHMAT,
S.Pd.
|
3846769670110002
|
Guru
|
||
12
|
DEDEH NURMALA,
S.Pd.
|
8039765666210163
|
Guru
|
||
13
|
ANIM,
|
196001211983081001
|
5453738643200002
|
Penjaga
|
|
B.
Rekapitulasi Personal Menurut Tingkat pendidikan
No
|
Jabatan
|
Pendidikan
|
Jumlah
Personal/ Status Pegawai
|
Keterangan
|
|
PNS
|
GTT
|
||||
1.
|
Kepala Sekolah
|
S 2
|
1
|
-
|
-
|
2.
|
Guru Kelas
|
S 2
|
1
|
-
|
-
|
|
|
S 1
|
5
|
4
|
-
|
D 2
|
-
|
-
|
-
|
||
SLTA
|
-
|
-
|
-
|
||
3.
|
Guru PAI
|
S 1
|
-
|
-
|
-
|
4.
|
Guru OR
|
S 1
|
-
|
1
|
-
|
5.
|
Operator/TU
|
SLTA
|
-
|
-
|
-
|
6.
|
Penjaga
|
SLTP
|
1
|
|
-
|
Jumlah
|
8
|
5
|
13
|
4. JUMLAH RUANG YANG ADA
No
|
Nama Ruang
|
Unit
|
Kondisi Ruang
|
Jumlah
Ruang
|
|||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
|
|||||
1.
|
Ruang Kelas
|
I
|
0
|
3
|
0
|
3
|
|
II
|
3
|
0
|
0
|
3
|
|||
2.
|
Ruang Kantor
|
-
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
3
|
Ruang Olah Raga
|
III
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
4.
|
Ruang WC
|
IV
|
0
|
0
|
2
|
2
|
|
5.
|
Gudang
|
-
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
6.
|
Ruang Perpustakaan
|
V
|
0
|
1
|
0
|
1
|
|
Jumlah
|
|
3
|
4
|
2
|
9
|
5. SARANA/ BARANG YANG ADA
No
|
Nama Barang
|
Jml Barang
|
Kondi Barang
|
Keterangan
|
||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
|
||||
1.
|
Meja Siswa
|
114
|
76
|
14
|
24
|
|
2.
|
Kursi Siswa
|
164
|
144
|
10
|
10
|
|
3.
|
Meja Guru
|
6
|
6
|
-
|
|
|
4.
|
Kursi Guru
|
6
|
6
|
-
|
|
|
5.
|
Lemari Buku
|
6
|
3
|
0
|
3
|
|
6.
|
Rak Buku
|
3
|
2
|
|
1
|
|
7.
|
Kursi Tamu
|
1
|
1
|
|
|
|
8.
|
Lemari Pajang
|
1
|
|
1
|
|
|
9.
|
Komputer
|
1
|
|
|
1
|
|
10.
|
Laptop
|
2
|
1
|
1
|
|
|
11.
|
Printer
|
2
|
1
|
-
|
1
|
|
12,
|
Infokus
|
1
|
|
1
|
|
|
13.
|
Sound Sistem
|
1
|
|
|
1
|
|
14.
|
Alat Olah Raga
|
|
|
|
|
|
Bola Sepak
|
2
|
1
|
|
1
|
|
|
Bola Voly
|
2
|
1
|
|
1
|
|
|
Lap.Tenis Meja
|
1
|
|
1
|
|
|
|
Papan catur
|
5
|
1
|
3
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Alat Kesenian
|
|
|
|
|
|
Marawis
|
0
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Alat Peraga
|
|
|
|
|
|
|
KIT IPA
|
2
|
1
|
1
|
|
|
|
KIT IPS
|
1
|
|
|
|
|
|
KIT Bhs Indo
|
1
|
|
|
|
|
|
KIT Bhs. Inggris
|
1
|
|
|
|
|
6. BUKU PELAJARAN
No
|
Nama Buku
|
Jml Buku
|
Kondi Buku
|
Keterangan
|
||
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
|
||||
1.
|
Buku Mata Pelajaran
|
467 eks
|
450
|
17
|
-
|
|
2.
|
Buku Reperensi/Penunjang
|
36 eks
|
31
|
5
|
|
|
3.
|
Buku Fiksi
|
3 eks
|
3
|
|
|
|
Jumlah
|
506 eks
|
484
|
22
|
|
|
7.
KEADAAN LAHAN
NO
|
NAMA LAHAN
|
LUAS
|
STATUS
|
1
|
Bangunan
|
384
|
Hak milik
|
2
|
Lahan Kosong
|
1116
|
Hak milik
|
8. KEADAAN ORANG TUA SISWA
A.
Pendidikan
NO
|
TINGKAT PENDIDIKAN
|
JUMLAH/ ORANG
|
KETERANGAN
|
1
|
SD
|
278
|
|
2.
|
SLTP
|
5
|
|
3.
|
SLTA
|
28
|
|
4.
|
D2
|
0
|
|
5
|
S.1
|
18
|
|
6.
|
S.2
|
0
|
|
JUMLAH
|
229
|
|
.
B. Pekerjaan
NO
|
PEKERJAAN
|
JUMLAH/ ORANG
|
KETERANGAN
|
1
|
PNS
|
2
|
|
2.
|
TNI/POLRI
|
0
|
|
3.
|
Karyawan Swasta
|
58
|
|
4.
|
Petani
|
183
|
|
5
|
Buruh
|
86
|
|
JUMLAH
|
229
|
|
C. Rata-rata
Penghasilan
NO
|
PEKERJAAN
|
JUMLAH/ORANG
|
KETERANGAN
|
1
|
< 500.000
|
20
|
|
2.
|
500.000 s/d 1.000.000
|
180
|
|
3.
|
> 1.000.000
|
29
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
229
|
|
SUSUNAN PENGURUS
DEWAN KOMITE SDN KALIPASIR
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
KETUA
|
M. Yusuf
|
SEKRETARIS
|
Iik Nurhikmah
|
BENDAHARA
|
Siti Mutoharoh
|
Seksi Bidang
|
|
1. Pengendalian Sumber Daya Sekolah
|
Asep
|
2. Pengendalian Dana Masyarakat
|
Suherman
|
3. Pengendalian Kualitas Pelayanan Pendidikan
|
Rojali
|
4. Jaringan Kerjasama
|
Abdullah
|
5. Anggota
|
Ujang
|
B. Analisis Kebutuhan Sarana dan Prasarana
- Berdasarkan
standar sarana prasarana pendidikan, ditetapkan bahwa lembaga
pendidikan sekolah
dasar harus memiliki sarana dan Prasarana Lengkap . Hal ini bertujuan
agar
kualitas pembelajaran dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan tujuan pendidikan
nasional secara umum.
- Secara
umum, semua sarana yang tercantum berdasarkan Pedoman Teknis yang kami terima
perlu diadakan, secara rinci daftar peralatan kami sertakan di dalam
lampiran.
C. Potensi Sekolah dan Prioritas sarana dan
Prasarana
Potensi yang dimiliki dan menjadi kekuatan
dan dapat dikembangkan/diberdayakan
untuk
menunjang pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana antara lain :
1. Sekolah Dasar Negeri Kalipasir Kab. Bogor adalah sekolah yang
berpotensi untuk berkembang.
2. Sekolah Dasar Negeri Kalipasir Kab. Bogor memiliki sarana yang memadai yang
akan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar jika sarana lengkap.
BAB
III
RENCANA
PELAKSANAAN
PENGADAAN
PEMAGARAN &
GAPURA SEKOLAH
A.
Rencana Pelaksanaan Pengadaan Pemagaran Pembatas Sekolah
1. Proses pemilihan tempat dilaksanakan
oleh pihak Sekolah.
2. Tim penilai melaksanakan penempatan
lokasi di sesuaikan dengan perencanaan induk
bangunan.
B.
Jadwal Pelaksanaan Pengadaan Pemagaran Pembatas Sekolah
Kegiatan dalam rangka pelaksanaan
Program Pengadaan Pemagaran Pembatas Sekolah Sekolah Dasar
Negeri Kalipasir Kab. Bogor Tahun 2016 ini kami susun dengan jadwal sebagai
berikut
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Bulan
/ Minggu
|
|||||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Pembentukan Tim
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Penetapan Kebutuhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Pembuatan Proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Revisi Proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Penyerahan Proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Persiapan Tempat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Pencairan Dana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Pemeliharaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Penggunaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
IV
RENCANA
PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN
PENGADAAN
PEMAGARAN DAN
GAPURA SEKOLAH
A.
Pentingnya Pemanfaatan dan Pengembangan Pemagaran Pembatas Sekolah
Program pengadaan Pemagaran Pembatas Sekolah dilaksanakan dengan tujuan
utamanya adalah meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya Suasana Aman dalam Proses Belajar Mengajar Siswa.
Satu hal yang perlu diingat bahwa Sarana
Belajar yang lengkap tidak menjamin adanya peningkatan pendidikan, namun sarana
yang lengkap akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran
manakala sarana yang ada dimanfaatkan dan dikembangkan secara maksimal oleh
guru di dalam kegiatan pembelajaran.
Oleh karena itu, pemanfaatan dan pengembangan
sarana di dalam kegiatan pembelajaran merupakan bagian yang lebih penting, agar
semua sarana yang telah dimiliki dapat membuahkan hasil yang maksimal sesuai dengan
tujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran.
B.
Rencana Pemanfaatan Dan Pengembangan Jangka Panjang
Mengingat peran pemanfaatan dan
pengembangan Pemagaran Pembatas Sekolah di suatu
sekolah sangat penting, maka kami selaku pengelola pendidikan di Sekolah Dasar
Negeri Kalipasir Kab. Bogor akan senantiasa berusaha secara maksimal untuk
memanfaatkan dan mengembangkan semua sarana.
Pemanfaatan dan pengembangan Pemagaran Pembatas Sekolah khususnya
pemanfaatan Sarana ini harus dilaksanakan secara berkesinambungan dari masa
kemasa.
Hal ini kami laksanakan dengan
tujuan utama agar semua sarana dapat lebih bermanfaat dan berdaya guna bagi
peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran, khususnya di Sekolah Dasar
Negeri Kalipasir Kab. Bogor
C.
Rencana Pemanfaatan Dan Pangembangan
Sebagaimana telah kami kemukakan di
atas, bahwa pamanfaatan dan pengembangan semua sarana tidak kalah pentingnya
dari peralatan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk masa 2 (dua) sampai 4
(empat) tahun pertama dan keberadaan sarana di Sekolah Dasar Negeri Kalipasir
Kab. Bogor merupakan masa-masa yang paling menentukan. Hal ini mengingat bahwa
keberhasilan dari upaya perawatan, pemanfaatan, dan pengembangan semua upaya di
tahun-tahun berikutnya. Dengan kata lain kami berkesimpulan bahwa bila upaya pemanfaatan
peralatan di tahun-tahun pertama kurang diperhatikan, maka tahun-tahun
berikutnya akan lebih diperhatikan lagi.
1.
PBM
Agar pemanfaatan semua sarana sesuai
dengan ketentuan. Kami melalui petugas akan membuat jadwal penggunaan RKB,
melalui koordinasi dengan wakil Kepala sakolah, PKS Urusan Kurikulum. Dalam hal
ini semua sarana dapat digunakan sebagai media PBM oleh semua guru mata
pelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum.
2.
Sumber Belajar
Selain pemanfaatan ruang serta sarana
Pemagaran Pembatas Sekolah, keberadaan Pemagaran Pembatas Sekolah dapat juga dirasakan manfaatnya sebagai adanya pembatasan sekolah
dengan lingkungan luar.
3.
Bahan Pendukung
Untuk menunjang keterlaksanan
pemanfaatan Pemagaran Pembatas Sekolah di Sekolah
Dasar Negeri Kalipasir Kab. Bogor kami selaku pihak pelaksana pendidikan dan
pembelajaran di sekolah harus berusaha menjaga sarana secara kontinu.
BAB V
PENUTUP
Keberadaan
sarana RKB di sekolah merupakan salah satu sarana utama di dalam upaya meningkatkan
kualitas pembelajaran. Hal ini mengingat bahwa dengan keberadaan sarana
tersebut serta pemanfaatan yang optimal oleh guru sebagai sarana belajar dan diharapkan
dapat mengubah paradigma pembelajaran. Dengan demikian kualitas pendidikan di Sekolah
Dasar Negeri Kalipasir Kab. Bogor akan dapat meningkat sesuai dengan tuntutan
Standar Nasional Pendidikan.
Begitu
pula halnya di Sekolah Dasar Negeri Kalipasir Kab. Bogor yang nota bene
memiliki Visi ”Mewujudkan siswa yang
cerdas jasmani dan rohani”. dengan
keadaan berbagai sarana yang lebih lengkap, kami berharap kelak pembelajaran
yang mandiri, aktif dan inovatif benar-benar dapat terwujud. Kami yakin bahwa
dengan situasi pembelajaran yang mandiri aktif dan inovatif inilah Sekolah
Dasar Negeri Kalipasir Kab. Bogor akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan
serta kualitas lulusannya.
Untuk
itu, kami senantisa berharap partisipasi semua pihak, baik Kepala Sekolah
sebagai Leader, Guru Mata Pelajaran sebagai fasilitator pembelajaran, siswa sebagai
peserta didik, ataupun masyarakat umum sebagai motivator dan evaluator di dalam
mengembangkan serta memanfaatkan semua pembelajaran khususnya sarana Pemagaran Pembatas Sekolah sehingga dapat
bermanfaat untuk sekolah.
Terima kasih.
|
Leuwisadeng, 18 Maret
2016
|
|
Kepala Sekolah
|
|
|
|
ADAH SALSIAH, S.Pd.MM
|
|
NIP : 196101121982042001
|
FOTO PEMBATAS SEKOLAH YANG AKAN DIPERBAIKI
PHOTO
LAHAN
|
FOTO PEMBATAS SEKOLAH YANG AKAN DIPERBAIKI
PHOTO
LAHAN
|
PROPOSAL
PENGADAAN PEMAGARAN &
GAPURA
SEKOLAH
SDN KALIPASIR
TAHUN 2016
Oleh :
SEKOLAH
DASAR NEGERI KALIPASIR
Alamat : Jl. Raya Hambaro Desa Leuwisadeng
Kecamatan Leuwisadeng Kab. Bogor
Kode. Pos : 16640
No.Tlp. 081315666070
No comments:
Post a Comment