Sunday, February 24, 2019

Contoh Laporan Perkembangan Paket B PKBM Haazdikiyah



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I      PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang
B.       Dasar Pelaksanaan Kegiatan
C.       Tujuan (Kegiatan dan Laporan)
BAB II    PELAKSANAAN KEGIATAN
A.    Persiapan pelaksanaan kegiatan
B.     Sasaran kegiatan (data dan informasi tentang warga belajar sebagai peserta program)
C.     Tutor/tenaga ahli/pelatih/nara sumber yang mendukung pelaksanaan program
D.    Sarana/tempat, fasilitas, alat dan bahan pembelajaran/pelatihan yang digunakan
E.     Jadwal pelaksanaan pembelajaran dan pelatihan
F.      Langkah dan proses pelaksanaan pembelajaran dan pelatihan
G.    Rincian penggunaan dana
H.    Dukungan yang diperoleh dari pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan pembelajaran dan pelatihan
I.       Hambatan/kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran dan pelatihan
J.       Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan program, dan rencana tindaklanjut pembelajaran dan pelatihan pasca kegiatan.
BAB III   KESIMPULAN DAN SARAN/REKOMENDASI
BAB IV   PENUTUP
LAMPIRAN
1.      Bukti/kuitansi pengeluaran dana, termasuk setoran pajak sesuai ketentuan yang berlaku
2.      Foto dokumentasi pelaksanaan kegiatan
3.      Dokumen pendukung lainnya yang diperlukan.



BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Pendidikan kesetaraan khususnya Program Paket B sebagai salah satu bagian dari program pendidikan nonformal di Indonesia, bertujuan untuk memperluas akses pendidikan bagi masyarakat untuk memperoleh pendidikan yang Setara SMP yang menekankan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional.

Untuk mengakomodasi karena adanya perbedaan kebutuhan dalam memperoleh layanan pendidikan bagi peserta didik karena berbagai alasan seperti kebutuhan keterampilan, ingin cepat bekerja atau alasan karena ingin segera memperoleh pendapatan bagi peserta didik, mendorong perlunya program Paket B untuk dapat memenuhi kebutuhan yang berorientasi pada penguasaan keterampilan, pengembangan sikap dan kepribadian profesional.

Oleh karena itu, program Paket B seyogyanya memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada peserta didik untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan program Paket B. Melalui pilihan program tersebut, peserta didik memperoleh bekal keterampilan yang sesuai kebutuhan dan dapat melakukan usaha mandiri tidak sekedar memperoleh pengetahuan akademik semata atau ijazah.

B.       DASAR PELAKSANAAN KEGIATAN
1.        Adanya warga belajar/peserta didik yang siap belajar
2.        Adanaya tenaga pendidik/tutor yang memberikan pembelajaran di lembaga
3.        Adanya bantuan Operasional Kegiatan Paket B setara SMP

C.      TUJUAN (KEGIATAN DAN LAPORAN)
1.        Melaporkan bahwa dana bantuan Program Paket B telah kami terima sepenuhnya;
2.        Memenuhi persyaratan administratif sebagai bentuk akuntabilitas lembaga;
3.        Memberikan gambaran tentang pelaksanaan kegiatan yang kami kelola; dan
4.        Sebagai pertanggungjawaban atas penggunaan dana bantuan yang kami terima dan disertai bukti-bukti pengeluaran pengalokasian dana Bantuan Tahun 2017;
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

A.      PERSIAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN
1.        Sosialisasi dan Rekrutmen peserta didik dan tutor
2.        Penyusunan dan pengajuan Proposal
3.        Penyusunan dan pengadaan bahan ajaran modul
4.        Penjelasan teknis kegiatan kepada peserta dan pendidik
5.        Konsultasi dan koordinasi program
6.        Penyusunan Jadwal Pengajaran dan hal-hal yang berhubungan dengan persiapan pelaksanaan program.

B.       SASARAN KEGIATAN (DATA DAN INFORMASI TENTANG WARGA BELAJAR SEBAGAI PESERTA PROGRAM)
Sasaran program pendidikan Kejar Paket B setara SMP ini adalah merekrut peserta didik yang kebetulan belum pernah mengeyam pendidikan setara SMP atau yang Drop Out (DO) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan berbagai alasan faktor ekonomi dan faktor geografis. Adapun untuk data peserta didik atau warga belajar terlampir.
C.      TUTOR/TENAGA AHLI/PELATIH/NARA SUMBER YANG MENDUKUNG PELAKSANAAN PROGRAM
NO
NAMA
L/P
TEMPAT
TANGGAL
LAHIR
PENDIDIKAN
TERAKHIR
KEAHLIAN
YANG
DIMILIKI
ALAMAT
1
AHMAD ZAENI, S.PD
L
BOGOR,
16-06-1984
S1
Komputer
Lewuisadeng
2
ANTO SUGIRI, S.Pd
P
BOGOR,
09-10-1996
S1
Komputer
Sadeng
3
AMIN, S.Pd
P
BOGOR,
11-11-1991
S1
-
Leuwiliang
4
NOVIAN DARMAWANSYAH
L
BOGOR,
20-11-1985
S1
Komputer
Sadengkolot
5
DADI NURHADI
L
BOGOR,
20-11-1984
SMA
Komputer
Leuwisadeng
6
SUDIMAN
L
INDRAMAYU,
15-11-1972
SMA
-
Sadengkolot
7
ASLIM HAERUDIN
L
BOGOR,
20-07-1985
S1
Komputer
Kalong 1
8
ABD MUHYI
L
BOGOR,
18-06-1991
S1
Komputer
Sadeng
9
PIRDAOS
L
BOGOR,
03-11-1980
S1
Komputer
Leuwiliang
10
MAULANA MA’RUF
L
BOGOR,
01-02-1993
S1
Komputer
Sadengkolot
11
M. RAMDAN
L
BOGOR,
05-12-1984
S1
Komputer
Leuwisadeng
12
HERAWATI
P
BOGOR,
09-01-1995
SMA
Komputer
Sadengkolot

D.      SARANA/TEMPAT, FASILITAS, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN/ PELATIHAN YANG DIGUNAKAN
1
Status Lahan/
Bangunan
· Luas Tanah
· Luas Bangunan
225 m2
40 m2
Milik Sendiri/ Sewa/ Pinjam pakai
2
Rincian
Bangunan
·  Ruang Tamu
  Ruang Sekretariat
  Ruang Kantor Pengurus
  Ruang Belajar Teori
  Ruang Praktek Keterampilan
  Ruang Usaha/Produksi
  Ruang Perpustakaan/Taman Bacaan
  ................
     1 ruang
     1 ruang
     1 ruang
     1 ruang
     1 ruang
     1 ruang
     1 ruang
       ruang
3
Sarana Kesekretariatan
  Kursi Tamu
  Meja-kursi kerja
  Lemari arsip/filing kabinet
  Komputer/laptop
  Printer
  Mesin faksimile/telepon
     1 Set
     1 Set
     1 unit
     1 unit
     1 unit
     0 unit
4
Sarana Pembelajaran
  Meja-kursi belajar
  Papan tulis
  Buku/modul/bahan ajar
  Media pembelajaran
     20 Set
     1 buah
     20 Set
     5 unit
5
Sarana Keterampilan
  Alat keterampilan
     1 Set

E.       JADWAL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN
Kelompok 1 lokasi Desa Sadengkolot

 

Kelomopok 1
HARI
TANGGAL
PUKUL
MATERI PEMBELAJARAN/
KETERAMPILAN
TUTOR/ NST
TEMPAT/
LOKASI
Selasa
13.30-14.30
Matematika
ASLIM HAERUDIN
PKBM/
Sadengkolot
Selasa
15.00-16.00
IPA
ABD MUHYI
PKBM/
Sadengkolot
Kamis
13.30-14.30
PKn
PIRDAOS
PKBM/
Sadengkolot
Kamis
15.00-16.00
B. Indonesia
MAULANA MA’RUF
PKBM/
Sadengkolot
Minggu
13.30-14.30
B.Inggris
M. RAMDAN
PKBM/
Sadengkolot
Minggu
14.45-16.15
IPS
HERAWATI
PKBM/
Sadengkolot
Minggu
16.15-17.00
Keterampilan
AHMAD ZAENI
PKBM/
Sadengkolot

Kelomopok 2
HARI
TANGGAL
PUKUL
MATERI PEMBELAJARAN/
KETERAMPILAN
TUTOR/ NST
TEMPAT/
LOKASI
Selasa
13.30-14.30
Matematika
AHMAD ZAENI, S.PD
PKBM/
Sadengkolot
Selasa
15.00-16.00
IPA
ANTO SUGIRI, S.Pd
PKBM/
Sadengkolot
Kamis
13.30-14.30
PKn
AMIN, S.Pd
PKBM/
Sadengkolot
Kamis
15.00-16.00
B. Indonesia
NOVIAN DARMAWANSYAH
PKBM/
Sadengkolot
Minggu
13.30-14.30
B.Inggris
DADI NURHADI
PKBM/
Sadengkolot
Minggu
14.45-16.15
IPS
SUDIMAN
PKBM/
Sadengkolot
Minggu
16.15-17.00
Keterampilan
M. RAMDAN
PKBM/
Sadengkolot

F.       LANGKAH DAN PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN
1.        Pembelajaran Akademik :
a.         Pelaksanaan Program
Pelaksanaan Program yang meliputi proses belajar mengajar baik berupa teori maupun praktek yang sesuai dengan jadwal mata pelajaran akademik.
b.        Tahapan Evaluasi Teori, Praktek dan Uji Kompetensi
Untuk mengukur derajat mutu peserta didik maka pada akhir kegiatan pembelajaran dan pelatihan, dilaksanakan evaluasi (Midtes, Semester Ganjil dan Genap dan Praktek) yang pelaksanaannya dilaksanakan oleh para tutor dan Nara Sumber Teknis dan hasilnya dapat dijadikan referensi untuk mengukur derajat mutu kompetensi para peserta didik.
2.        Pembelajaran Keterampilan :
Sesuai dengan wilayah geografis kecamatan Leuwisadeng yang memiliki beraneka ragam Sumber Daya Alam, maka keterampilan yang diberikan kepada peserta didik pun menyesuaikan kembali dengan karakteristik peserta didik dan sesuai dengan minat peserta didik.

G.      RINCIAN PENGGUNAAN DANA
Biaya Pembelajaran bantuan APBD 2 Pemerintah Kabupaten Bogor, dialokasikan hanya untuk Transport/Honorarium Tutor

H.      DUKUNGAN YANG DIPEROLEH DARI PIHAK-PIHAK TERKAIT DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN
Dengan adanya program kesetaraan Paket B ini respon masyarakat sangat antusias dan mendukung program ini serta sangat membantu masyarakat yang berekonomi rendah dan mampu meningkatkan sumber daya manusia dalam rangka menyadarkan, memotivasi dan membantu warga belajar dengan memperoleh keterampilan yang diberikan oleh PKBM HAAZDIKIYAH, sehingga para peserta didik mampu bersaing dalam dunia usaha ataupun membuka usaha sendiri dengan berbekal keterampilan yang dimiliki.



I.         HAMBATAN/KENDALA YANG DIHADAPI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN
No.
Hambatan/Kendala
Usaha Mengatasinya
1.
Rendahnya Motivasi Pesrta didik
Dorongan yang kuat dari NST dan Lembaga
2.
Kurang Mampu menyimak
Diarahkan untuk memiliki Penghasilan/ Pekerjaan
3.
Kurang Mahir Praktek
Diasah pola ikir dan keahlian keterampilan sesuai tingkatan kemampuan
4.
Tidak mandiri, selalu di bimbing
Disupport supaya mampu hidup sendiri, berpikir praktis, mau menggali potensi diri sendiri
5.
Terbatasnya alat dan bahan praktek
Berusaha semampu dan semaksimal mungkin, menyediakan berbagai alat dan bahan praktek sebagai penunjang terpenting dari kegiatan ini

J.        HASIL YANG DICAPAI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM, DAN RENCANA TINDAKLANJUT PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN PASCA KEGIATAN.
1.        Warga belajar memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang memungkinkan lulusan program dapat meningkatkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi (melanjutkan pendidikan pada program Pendidikan Kesetaraan Paket C atau SMA/MA).
2.        Warga belajar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diakui setara dengan lulusan SMP/MTs.
3.        Warga belajar memperoleh dasar-dasar kecakapan hidup yang bermanfaat untuk mencari nafkah atau berusaha sendiri.



BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN/REKOMENDASI

A.      KESIMPULAN
Program ini telah diselenggarakan secara efektif dan efisien, disamping dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Hal ini akan menjadi keyakinan yang besar bagi semua pihak bahwa apa yang telah direncanakan akan berhasil secara optimal. Dengan demikian program kesetaraan Paket B yang telah dicanangkan pemerintah akan tercapai dengan baik.

B.       SARAN/REKOMENDASI
Program Pendidikan Kejar Paket B Setara SMP ini sangat penting sekali dalam menumbuhkembangkan masa depan kearah lebih maju dengan menciptakan generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia serta meningkatkan sumber daya manusianya, sehingga sangat perlu dan harus lebih ditingkatkan terus sehingga tujuan nasional dapat tercapai dan terarah.

Oleh karenya kami sangat mengharapkan kontinuitas dari program ini untuk setiap tahunnya. Juga kami sangat mengharapkan anggaran untuk pengembangan keterampilan dapat ditingkatkan, sehingga proses pembelajaran keterampilan dapat lebih ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya.



BAB IV
PENUTUP

Dengan disusunya laporan kegiatan ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dalam rangka pelaksanaan Program Paket B setara SMP pada Lembaga PKBM HAAZDIKIYAH Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor untuk Tahun Anggaran 2017.

Kami selaku Pengelola PKBM HAAZDIKIYAH merencanakan akan mengembangkan kegiatan-kegiatan yang nantinya akan diikuti oleh para warga belajar yang ada di lembaga kami.


Leuwisadeng,                              2017
Ketua Penyelenggara
PKBM HAAZDIKIYAH




ANTO SUGIRI, S.Pd










No comments:

Post a Comment

ORMULIR PERMOHONAN REKOMENDASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19

  FORMULIR PERMOHONAN REKOMENDASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19         Leuwisadeng,...