DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Dasar Pelaksanaan Kegiatan
C. Tujuan (Kegiatan dan Laporan)
BAB II PELAKSANAAN
KEGIATAN
A. Persiapan pelaksanaan kegiatan
B. Sasaran kegiatan (data dan informasi
tentang warga belajar sebagai peserta program)
C. Tutor/tenaga ahli/pelatih/nara sumber yang
mendukung pelaksanaan program
D. Sarana/tempat, fasilitas, alat dan bahan
pembelajaran/pelatihan yang digunakan
E. Jadwal pelaksanaan pembelajaran dan
pelatihan
F. Langkah dan proses pelaksanaan
pembelajaran dan pelatihan
G. Rincian penggunaan dana
H. Dukungan yang diperoleh dari pihak-pihak
terkait dalam pelaksanaan pembelajaran dan pelatihan
I. Hambatan/kendala yang dihadapi dalam
pelaksanaan pembelajaran dan pelatihan
J. Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan
program, dan rencana tindaklanjut pembelajaran dan pelatihan pasca kegiatan.
BAB III KESIMPULAN
DAN SARAN/REKOMENDASI
BAB IV PENUTUP
LAMPIRAN
1. Bukti/kuitansi pengeluaran dana, termasuk
setoran pajak sesuai ketentuan yang berlaku
2. Foto dokumentasi pelaksanaan kegiatan
3. Dokumen pendukung lainnya yang diperlukan.
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pendidikan
kesetaraan khususnya Program Paket B sebagai salah satu bagian dari program
pendidikan nonformal di Indonesia, bertujuan untuk memperluas akses pendidikan
bagi masyarakat untuk memperoleh pendidikan yang Setara SMP yang menekankan
pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap
dan kepribadian profesional.
Untuk
mengakomodasi karena adanya perbedaan kebutuhan dalam memperoleh layanan
pendidikan bagi peserta didik karena berbagai alasan seperti kebutuhan
keterampilan, ingin cepat bekerja atau alasan karena ingin segera memperoleh
pendapatan bagi peserta didik, mendorong perlunya program Paket B untuk dapat
memenuhi kebutuhan yang berorientasi pada penguasaan keterampilan, pengembangan
sikap dan kepribadian profesional.
Oleh
karena itu, program Paket B seyogyanya memberikan kesempatan yang
seluas-luasnya kepada peserta didik untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan
menyediakan program Paket B. Melalui pilihan program tersebut, peserta didik
memperoleh bekal keterampilan yang sesuai kebutuhan dan dapat melakukan usaha
mandiri tidak sekedar memperoleh pengetahuan akademik semata atau ijazah.
B.
DASAR PELAKSANAAN KEGIATAN
1.
Adanya
warga belajar/peserta didik yang siap belajar
2.
Adanaya
tenaga pendidik/tutor yang memberikan pembelajaran di lembaga
3.
Adanya
bantuan Operasional Kegiatan Paket B setara SMP
C.
TUJUAN (KEGIATAN DAN LAPORAN)
1.
Melaporkan bahwa dana bantuan
Program Paket B telah kami terima sepenuhnya;
2.
Memenuhi persyaratan administratif
sebagai bentuk akuntabilitas lembaga;
3.
Memberikan gambaran tentang
pelaksanaan kegiatan yang kami kelola; dan
4.
Sebagai pertanggungjawaban atas
penggunaan dana bantuan yang kami terima dan disertai bukti-bukti pengeluaran
pengalokasian dana Bantuan Tahun 2017;
BAB
II
PELAKSANAAN
KEGIATAN
A. PERSIAPAN
PELAKSANAAN KEGIATAN
1.
Sosialisasi dan
Rekrutmen peserta didik dan tutor
2.
Penyusunan dan
pengajuan Proposal
3.
Penyusunan dan
pengadaan bahan ajaran modul
4.
Penjelasan teknis
kegiatan kepada peserta dan pendidik
5.
Konsultasi dan
koordinasi program
6.
Penyusunan Jadwal
Pengajaran dan hal-hal yang berhubungan dengan persiapan pelaksanaan program.
B. SASARAN
KEGIATAN (DATA DAN INFORMASI TENTANG WARGA BELAJAR SEBAGAI PESERTA PROGRAM)
Sasaran program pendidikan Kejar Paket B
setara SMP ini adalah merekrut peserta didik yang kebetulan belum pernah
mengeyam pendidikan setara SMP atau yang Drop Out (DO) Sekolah Menengah Pertama
(SMP) dengan berbagai alasan faktor ekonomi dan faktor geografis. Adapun untuk
data peserta didik atau warga belajar terlampir.
C. TUTOR/TENAGA
AHLI/PELATIH/NARA SUMBER YANG MENDUKUNG PELAKSANAAN PROGRAM
NO
|
NAMA
|
L/P
|
TEMPAT
TANGGAL
LAHIR
|
PENDIDIKAN
TERAKHIR
|
KEAHLIAN
YANG
DIMILIKI
|
ALAMAT
|
1
|
AHMAD ZAENI, S.PD
|
L
|
BOGOR,
16-06-1984
|
S1
|
Komputer
|
Lewuisadeng
|
2
|
ANTO SUGIRI, S.Pd
|
P
|
BOGOR,
09-10-1996
|
S1
|
Komputer
|
Sadeng
|
3
|
AMIN, S.Pd
|
P
|
BOGOR,
11-11-1991
|
S1
|
-
|
Leuwiliang
|
4
|
NOVIAN
DARMAWANSYAH
|
L
|
BOGOR,
20-11-1985
|
S1
|
Komputer
|
Sadengkolot
|
5
|
DADI NURHADI
|
L
|
BOGOR,
20-11-1984
|
SMA
|
Komputer
|
Leuwisadeng
|
6
|
SUDIMAN
|
L
|
INDRAMAYU,
15-11-1972
|
SMA
|
-
|
Sadengkolot
|
7
|
ASLIM HAERUDIN
|
L
|
BOGOR,
20-07-1985
|
S1
|
Komputer
|
Kalong 1
|
8
|
ABD MUHYI
|
L
|
BOGOR,
18-06-1991
|
S1
|
Komputer
|
Sadeng
|
9
|
PIRDAOS
|
L
|
BOGOR,
03-11-1980
|
S1
|
Komputer
|
Leuwiliang
|
10
|
MAULANA MA’RUF
|
L
|
BOGOR,
01-02-1993
|
S1
|
Komputer
|
Sadengkolot
|
11
|
M. RAMDAN
|
L
|
BOGOR,
05-12-1984
|
S1
|
Komputer
|
Leuwisadeng
|
12
|
HERAWATI
|
P
|
BOGOR,
09-01-1995
|
SMA
|
Komputer
|
Sadengkolot
|
D. SARANA/TEMPAT,
FASILITAS, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN/ PELATIHAN YANG DIGUNAKAN
1
|
Status Lahan/
Bangunan
|
· Luas Tanah
· Luas Bangunan
|
225 m2
40 m2
|
Milik Sendiri/
|
2
|
Rincian
Bangunan
|
· Ruang Tamu
• Ruang Sekretariat
• Ruang Kantor Pengurus
• Ruang Belajar Teori
• Ruang Praktek Keterampilan
• Ruang Usaha/Produksi
• Ruang Perpustakaan/Taman Bacaan
• ................
|
• 1 ruang
• 1 ruang
• 1 ruang
• 1 ruang
• 1 ruang
• 1 ruang
• 1 ruang
• ruang
|
|
3
|
Sarana Kesekretariatan
|
• Kursi Tamu
• Meja-kursi kerja
• Lemari arsip/filing kabinet
• Komputer/laptop
• Printer
• Mesin faksimile/telepon
|
• 1 Set
• 1 Set
• 1 unit
• 1 unit
• 1 unit
• 0 unit
|
|
4
|
Sarana Pembelajaran
|
• Meja-kursi belajar
• Papan tulis
• Buku/modul/bahan ajar
• Media pembelajaran
|
• 20 Set
• 1 buah
• 20 Set
• 5 unit
|
|
5
|
Sarana Keterampilan
|
• Alat keterampilan
|
• 1 Set
|
E. JADWAL
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN
Kelompok 1 lokasi Desa Sadengkolot
Kelomopok 1
HARI
TANGGAL
|
PUKUL
|
MATERI
PEMBELAJARAN/
KETERAMPILAN
|
TUTOR/
NST
|
TEMPAT/
LOKASI
|
Selasa
|
13.30-14.30
|
Matematika
|
ASLIM HAERUDIN
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Selasa
|
15.00-16.00
|
IPA
|
ABD MUHYI
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Kamis
|
13.30-14.30
|
PKn
|
PIRDAOS
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Kamis
|
15.00-16.00
|
B. Indonesia
|
MAULANA MA’RUF
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Minggu
|
13.30-14.30
|
B.Inggris
|
M. RAMDAN
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Minggu
|
14.45-16.15
|
IPS
|
HERAWATI
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Minggu
|
16.15-17.00
|
Keterampilan
|
AHMAD ZAENI
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Kelomopok 2
HARI
TANGGAL
|
PUKUL
|
MATERI
PEMBELAJARAN/
KETERAMPILAN
|
TUTOR/
NST
|
TEMPAT/
LOKASI
|
Selasa
|
13.30-14.30
|
Matematika
|
AHMAD ZAENI, S.PD
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Selasa
|
15.00-16.00
|
IPA
|
ANTO SUGIRI, S.Pd
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Kamis
|
13.30-14.30
|
PKn
|
AMIN, S.Pd
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Kamis
|
15.00-16.00
|
B. Indonesia
|
NOVIAN
DARMAWANSYAH
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Minggu
|
13.30-14.30
|
B.Inggris
|
DADI NURHADI
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Minggu
|
14.45-16.15
|
IPS
|
SUDIMAN
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Minggu
|
16.15-17.00
|
Keterampilan
|
M. RAMDAN
|
PKBM/
Sadengkolot
|
F. LANGKAH
DAN PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN
1.
Pembelajaran Akademik :
a.
Pelaksanaan Program
Pelaksanaan Program yang meliputi proses belajar mengajar
baik berupa teori maupun praktek yang sesuai dengan jadwal mata pelajaran akademik.
b.
Tahapan Evaluasi Teori, Praktek dan Uji Kompetensi
Untuk mengukur derajat mutu peserta didik maka pada akhir
kegiatan pembelajaran dan pelatihan, dilaksanakan evaluasi (Midtes, Semester
Ganjil dan Genap dan Praktek) yang pelaksanaannya dilaksanakan oleh para tutor
dan Nara Sumber Teknis dan hasilnya dapat dijadikan referensi untuk mengukur
derajat mutu kompetensi para peserta didik.
2.
Pembelajaran Keterampilan :
Sesuai dengan wilayah geografis kecamatan Leuwisadeng
yang memiliki beraneka ragam Sumber Daya Alam, maka keterampilan yang diberikan
kepada peserta didik pun menyesuaikan kembali dengan karakteristik peserta
didik dan sesuai dengan minat peserta didik.
G. RINCIAN
PENGGUNAAN DANA
Biaya Pembelajaran bantuan APBD 2 Pemerintah Kabupaten Bogor, dialokasikan
hanya untuk Transport/Honorarium Tutor
H. DUKUNGAN
YANG DIPEROLEH DARI PIHAK-PIHAK TERKAIT DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN
PELATIHAN
Dengan adanya program kesetaraan Paket B ini respon masyarakat sangat
antusias dan mendukung program ini serta sangat membantu masyarakat yang
berekonomi rendah dan mampu meningkatkan sumber daya manusia dalam rangka
menyadarkan, memotivasi dan membantu warga belajar dengan memperoleh
keterampilan yang diberikan oleh PKBM HAAZDIKIYAH, sehingga para peserta didik mampu
bersaing dalam dunia usaha ataupun membuka usaha sendiri dengan berbekal
keterampilan yang dimiliki.
I.
HAMBATAN/KENDALA YANG DIHADAPI DALAM PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN
No.
|
Hambatan/Kendala
|
Usaha
Mengatasinya
|
1.
|
Rendahnya
Motivasi Pesrta didik
|
Dorongan
yang kuat dari NST dan Lembaga
|
2.
|
Kurang
Mampu menyimak
|
Diarahkan
untuk memiliki Penghasilan/ Pekerjaan
|
3.
|
Kurang
Mahir Praktek
|
Diasah
pola ikir dan keahlian keterampilan sesuai tingkatan kemampuan
|
4.
|
Tidak
mandiri, selalu di bimbing
|
Disupport
supaya mampu hidup sendiri, berpikir praktis, mau menggali potensi diri
sendiri
|
5.
|
Terbatasnya
alat dan bahan praktek
|
Berusaha semampu dan semaksimal mungkin, menyediakan
berbagai alat dan bahan praktek sebagai penunjang terpenting dari kegiatan ini
|
J.
HASIL YANG DICAPAI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM, DAN
RENCANA TINDAKLANJUT PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN PASCA KEGIATAN.
1.
Warga
belajar memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang memungkinkan
lulusan program dapat meningkatkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi
(melanjutkan pendidikan pada program Pendidikan Kesetaraan Paket C atau SMA/MA).
2.
Warga
belajar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diakui setara dengan
lulusan SMP/MTs.
3.
Warga belajar memperoleh dasar-dasar
kecakapan hidup yang bermanfaat untuk mencari nafkah atau berusaha sendiri.
BAB
III
KESIMPULAN DAN SARAN/REKOMENDASI
A. KESIMPULAN
Program
ini telah diselenggarakan secara efektif dan efisien, disamping dilaksanakan
secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Hal ini akan menjadi keyakinan
yang besar bagi semua pihak bahwa apa yang telah direncanakan akan berhasil
secara optimal. Dengan demikian program kesetaraan Paket B yang telah
dicanangkan pemerintah akan tercapai dengan baik.
B. SARAN/REKOMENDASI
Program
Pendidikan Kejar Paket B Setara SMP ini sangat penting sekali dalam
menumbuhkembangkan masa depan kearah lebih maju dengan menciptakan generasi
penerus bangsa yang berakhlak mulia serta meningkatkan sumber daya manusianya,
sehingga sangat perlu dan harus lebih ditingkatkan terus sehingga tujuan
nasional dapat tercapai dan terarah.
Oleh karenya kami sangat mengharapkan
kontinuitas dari program ini untuk setiap tahunnya. Juga kami sangat
mengharapkan anggaran untuk pengembangan keterampilan dapat ditingkatkan,
sehingga proses pembelajaran keterampilan dapat lebih ditingkatkan kualitas dan
kuantitasnya.
BAB IV
PENUTUP
Dengan disusunya laporan kegiatan ini, diharapkan dapat
dijadikan sebagai acuan dalam rangka pelaksanaan Program Paket B setara SMP
pada Lembaga PKBM HAAZDIKIYAH Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor untuk Tahun
Anggaran 2017.
Kami selaku Pengelola PKBM HAAZDIKIYAH merencanakan akan mengembangkan
kegiatan-kegiatan yang nantinya akan diikuti oleh para warga belajar yang ada
di lembaga kami.
Leuwisadeng, 2017
Ketua Penyelenggara
PKBM HAAZDIKIYAH
ANTO SUGIRI, S.Pd
No comments:
Post a Comment