Tuesday, February 26, 2019

Contoh Laporan Pengembangan Diri Yayat Nurhayati, S.Pd.SD


BAB  I

PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Guru adalah tenaga profesional yang mempunyai tugas, fungsi, peran dan kedudukan yang sangat penting dalam mewujudkan untuk mencapai suatu visi dan misi dalam dunia pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, oleh sebab itu profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Guru sebagai tenaga pendidik profesional  adalah guru yang tidak merasa puas dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, maka daripada itu seorang guru yang dikatakan sebagai tenaga profesional  hendaknya mampu berusaha untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya, sehingga nantinya dapat memberikan layanan yang terbaik dan maksimal terhadap peserta didik.
Tugas dan fungsi seorang guru yang professional  tidak hanya  memiliki etos kerja yang baik dalam melaksanakan tugasnya, namun guru dituntut melakukan terobosan-terobosan yang baru sehingga mampu memberikan dan melakukan inovasi di dunia pendidikan yang berdampak terhadap peningkatan mutu pendidikan, hal tersebut dapat dilakukan oleh guru dengan cara mengikuti berbagai kegiatan pendidikan pelatihan ataupun seminar-seminar yang tujuannya untuk melakukan pengembangan diri bagi guru untuk meningkatkan profesionalnya, sebagaimana yang diamanatkan dalam Permeneg PAN dan RB nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, seorang guru dapat meningkatkan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu : 1) Melaksanakan Pengembangan Diri, 2) Melakukan Publikasi Ilmiah, 3) Menemukan dan menciptakan karya-karya Inovasi. Kegiatan Pengembangan Diri dapat dilakukan melalui dua kegiatan yaitu Diklat Fungsional dan Kegiatan Kolektif Guru, hal tersebut dapat dilakukan dalam kegiatan kelompok kerja ataupun diklat fungsional.
Kegiatan pelaksanaan pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, sehingga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk pengembangan karirnya.
Pengembangan terhadap profesi guru hendaknya dilaksanakan secara continue, berkesinambungan danterprogram melalui kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB ) yang merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan terbentuknya guru yang professional.





B.     Tujuan

Berdasarkan paparan tersebut di atas, pengembangan diri  yang dilakukan penulis bertujuan :

a.       Mendapatkan pengetahuan dan keterampilan,  sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan berkualitas terhadap peserta didik, guru, kepala sekolah di satuan – satuan pendidikan.
b.      Mengumpulkan angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat / jabatan setingkat lebih tinggi.

C.       Manfaat

Manfaat yang diharapkan dari pengembangan diri yang dilakukan oleh penulis adalah sebagai berikut :

a.       Bagi Penulis                : dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya.
b.      Bagi Peserta Didik      :  memperoleh jaminan  pelayanan dan pengalaman belajar yang lebih baik.
c.       Bagi Guru                   :  dapat memenuhi Standar Nasional Pendidikan yang diharapkan serta dapat meningkatkan  kompetensi dalam melaksanakan tugas-tugas utamanya secara efektif dan efesien sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.
d.      Bagi Kepala Sekolah   : dapat meningkatkan tupoksi kepala sekolah dalam mengelola satuan pendidikan dan memberikan pelayanan yang maksimal.
e.       Bagi Orang Tua Siswa: dapat memperoleh jaminan bahwa pesrta didik mendapat layanan pendidikan yang berkualiatas dan pelayanan pendidikan yang memadai.
f.       Bagi Pemerintah          :   dapat memberikan jaminan kepada masyarakat tentang layanan pendidikan yang berkualitas dan professional.  

















BAB  II

LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

A.    Laporan kegiatan pengembangan diri ke satu (1)

NO
PENJELASAN
KETERANGAN
1
Waktu Pelaksanaan

26 Juni 2014
2
Tempat Kegiatan
TPK SDN Perintis

3
Jenis Kegiatan
Jenis Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) dalam bentuk Pelatihan dengan tugas mandiri.
4
Tujuan Pengembangan Diri

Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bertujuan untuk memberikan bekal agar kepala sekolah mampu mengimplementasikan Kurikulum 2013 secara efektif dan efisien .
      Adapun Kegiatan tersebut adalah :
1.     1. Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah
2.     2. Manajemen Implementasi Kurikulum 2013
3.     3. Supervisi Akademik Implementasi Kurikulum 2013

5
Uraian Materi
Materi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) melalui Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan pola 52 jam, dengan sebaran berbagai materi .
Adapun materi tersebut terdiri dari :
1.      Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah
Dalam pembahasan dan Uraian Materi mencakup tentang Refleksi diri, Manajemen perubahan,Budaya sekolah, dan Kepemimpinan Pembelajaran.
2.      Manajemen Implementasi Kurikulum 2013
Materi ini meliputi: Penyusunan Dokumen KTSP, ( visi, misi, tujuan satuan pendidikan, muatan kurikulum, beban belajar,  kaldik, dan penilaian.
3.      Supervisi Akademik
Uraian materi ini meliputi:
-          Penyusunan Instrumen ( instrumen KBM, umpan balik, dan tindak lanjut )
-          Pelaksanaan, hasil dan umpan balik hasil supervisi akademik
-          Tindak lanjut supervisi

6
Tindak Lanjut
Tindak Lanjut dari kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 ini, Kepala sekolah / guru segera membuat visi, misi, dan mengatur beban mengajar bagi guru di sekolah masing – masing. Menyusun program,strategi, dan mengevaluasi kegiatan sebagai hasil dari supervisi akademik.
7
Dampak Pengembangan Diri
Dampak  dari kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 yaitu dapat menumbuhkan kemampuan  kepala sekolah dan guru dalam menyusun  kegiatan dan program sekolah, sehingga kegiatan siswa betul-betul terarah dan siswa merasa lebih nyaman berada di sekolah. Dan siswa dapat berkembang sesuai dengan bakat masing-masing.



B. Laporan kegiatan pengembangan diri ke satu (2)

NO
PENJELASAN
KETERANGAN
1
Waktu Pelaksanaan
11 Mei 2016

2
Tempat Kegiatan

Sekretariat KKG 3901 SDN Perintis
3
Jenis Kegiatan
Jenis Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) melalui Pendidikan dan Latihan ( Diklat )  dalam Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Guru Kelas SD se Kecamatan Leuwisadeng
4
Tujuan Pengembangan Diri

Pendidiksan dan Latihan  bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Soal Ujian Sekolah berstandar Nasional sehingga dapat meningkatkan hasil belajar UN / US  melalui berbagai macam kegiatan.

Adapun Kegiatan tersebut adalah :
1.      Pembelajaran Kelas Maya.
2.      Kaidah Penyusunan Soal
3.      Pendalaman materi UN ( Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA )
4.      Bedah Kisi-kisi Mata Pelajaran Ujian Nasional (B.Indonesia, Matematika, IPA)
5.      Penyusunan Soal Latihan Ujian Nasional.
6.      Penyusunan Soal Ujian Praktik.






5



Uraian Materi



Materi Pengembangan Kprofesian Berkelanjutan ( PKB ) melalui Pendidikan dan Latihan ( Diklat )/workshop mencakup beberapa materi yang yang berorientasi pada pengembangan komptensi Guru untuk menyusun soal Ujian Sekolah dengan mengacu pada Kebijakan Nasional tentang lulusan SD/MI/SDLB.
Adapun materi tersebut terdiri dari :
1.      Pembalajaran kelas maya
Pembahasan dan Uraian Materi mencakup tentang pengemasan kelas menggunakan sistem online khususnya bagi siswa kelas VI guna menunjang hasil belajar dalam menempuh UAS-BN.
2.      Kaidah Penulisan Soal Pilihan Ganda
Materi Kaidah penulisan soal tertulis berisi tentang kaidah penulisan soal tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda yang berkulitas dengan mencakup beberapa aspek kemampuan. Proses dalam menyusun soal dalam bentuk pilihan ganda berpedoman pada beberapa aturan diantaranya; kaidah penulisan soal, Ejaan, dan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3.      Pendalaman Materi UN ( B. Indonesia, Matematika, dan IPA
Uraian matari ini mencakup pendalaman materi esensial yang mengacu kisi-kisi dan tuntutan kompetensi setiap lulusan sesaui yang tertuang dalam SKLSekolah SD/MI/SDLB.
4.      Bedah Kisi-Kisi.
Materi kegiatan ini berbentuk pembahasan dan mengupas  materi yang tertuang dalam kisi-kisi sesuai/mengacu Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) tiga ( 3 ) Materi Ujian Nasional yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.
5.      Penyusunan Soal Coba Ujian Nasional dan Editing.
Materi kegiatan ini berbentuk pembuatan dan penulisan soal Uji coba sesuai/mengacu Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) dan kisi_kisi soal Ujian Sekolah berstandar Nasional. Selain kegiatan tersebut berisi materi kegiatan ini berupa editing soal yang mencakup struktur bahasa, Ejaan dan penggunaan bahasa Indonesia yang baku ( baik dan benar ).
6.      Penyusunan Soal Ujian Praktik dan Editing.
Materi kegiatan ini berbentuk pembuatan dan penulisan soal Ujian Sekolah sesuai/mengacu Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) dan kisi_kisi soal Ujian Praktik SD/MI. Kegiatan inijuga berisi kegiatan editing soal yang mencakup struktur bahasa, Ejaan dan penggunaan bahasa Indonesia yang baku ( baik dan benar ).




6
Tindak Lanjut
Tindak Lanjut dari kegiatan Diklat penyusunan soal Uji Coba dan Ujian Sekolah melalui KKG Guru kelas adalah guru diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dalam menyususun soal ujian sekolah berstandar Nasional dalam bentuk pilihan ganda berdasarkan sikap ilmiah, kreatif dan mengimplementasikan kompetensi dalam menyusun soal sebagai aspek penting kecakapan mengajar bagi seorang guru dalam menilai hasil belajar siswa.
7
Dampak Pengembangan Diri
Dampak  dari kegiatan Diklat Peningkatan Hasil Belajar Ujian Berstandar Nasional yaitu dapat menumbuhkan kemampuan guru dalam menyusun soal Ujian sekolah berstandar Nasional dalam bentuk pilihan ganda sesuai dengan tututan SKL yang tertuang dalam bentuk soal pilihan ganda.  Jika guru terampil membuat soal, maka siswa akan terbiasa menghadapi soal yang berfariasi. Sehingga dalam mengerjakan soal Ujian Nasional / Ujian sekolah akan lebih yakin dengan kemampuannya  sehingga hasil Ujian Nasional menjadi lebih baik.






















BAB  III
P E N U T U P

Pelaksanaan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui proses pengembangan diri dalam bentuk Diklat/workshop atau sejenisnya  sebagai langkah untuk mewujudkan kualitas guru menuju guru profesional dalam bidang pendidikan di Sekolah. Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) juga dapat membuka wawasan pengetahuanserta meningkatkan kompetensi guru melalui keterampilan proses dan berpikir ilmiah yang bermafaat dalam melaksanakan tugas belaja rmengajar di sekolah yang padaakhirnya akan meningkatkan prestasi dan hasil belajar peserta didik.





































SISTEMATIKA PEMBUATAN PENGEMBANGAN DIRI

·         KAFER
·         IDENTITAS DIRI
·         LEMBAR PENGESAHAN
·         KATA PENGANTAR
·         DAFTAR ISI
·         BAB I
PEDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
- TUJUAN
- MANFAAT
            BAGI PENULIS        BAGI PESERTA DIDIK      BAGI GURU
            BAGI KS                    BAGI SEKOLAH                  BAGI ORANG TUA
            BAGI PEMERINTAH
·         LAPORAN –LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI ( KERTAS PEMISAH)
·         BAB  II  LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
DIURUTKAN BERDASARKAN WAKTU KEGIATAN

NO
PENJELASAN
KETERANGAN
1
WAKTU KEGIATAN

2
TEMPAT KEGIATAN

3
JENIS KEGIATAN

4
TUJUAN PENGEMBANGAN DIRI

5
URAIAN MATERI

6
TINDAK LANJUT

7
DAMPAK PENGEMBANGAN DIRI

           
            BAB  III PENUTUP
                        KESIMPULAN          SARAN
            LAMPIRAN – LAMPIRAN
                        SURAT UNDANGAN                      SURAT  TUGAS
                        FOTO – FOTO KEGIATAN             SERTIFIKAT KEGIATAN



LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

Diajukan untuk Memenuhi Angka Kredit Jabatan fungsional Guru



 

















Oleh   :

YAYAT NURHAYATI, S.Pd.SD
NIP : 196607071993012001











DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BOGOR


2017



IDENTITAS DIRI
2.      NAMA INSTANSI                                        :  SDN Kalipasir
3.      NAMA                                                            :  ayat Nurhayati, S.Pd.SD
4.      N I P                                                               :  96607071993012001
5.      PANGKAT/GOL./RUANG                          : Penata Tk I, III/d
6.      ALAMAT KANTOR
a.       Jalan                                                          : Jl. Raya hambaro
b.      Desa                                                          : Leuwisadeng            
c.       Kecamatan                                                            : Leuwisadeng
d.      Kabupaten                                                 : Bogor
e.       Provinsi                                                     : Jawa Barat

7.      JABATAN                                                      :  Guru
                                                                          
8.      SK Pengangkatan                              
a.       Sebagai CPNS
1.      Pejabat yang mengangkat             :Pemerintah Propinsi
2.      Nomor SK                                     : 813/SK.1983-D/Peg/1993
3.      Tanggal SK                                   : 01/01/1993

b.      Pangkat Terakhir
1.   Pejabat yang mengangkat               : Pemerintah Kabupaten
2.    Nomor SK                                     : 823/17/SK/KP/IV/2013
3.   Tanggal SK                                     : 07/03/2013

9.      ALAMAT RUMAH
1.   Jalan                                                :  Kp. Pamagersari Rt. 04 Rw. 12
2.   Desa                                                :  Leuwi Mekar
3.   Kecamatan                                      :  Leuwiliang
4.   Kabupaten                                      :  Bogor
5.   Provinsi                                           :   Jawa Barat
6.   No Tlpn/ HP                                   :  085697439262
7.   Email                                               :   yayatnurhayati1966@gmail.com












LEMBAR PENGESAHAN



NAMA  LAPORAN              : 
N a m a                                    :  Yayat Nurhayati, S.Pd.SD
N I P                                       :  196607071993012001
Pangkat / Golongan                :  Penta TK I, III/d
Unit Kerja                               :  SDN Kalipasir
Jabatan                                                :  Guru


Membenarkan bahwa semua isi laporan Kegiatan Pengembangan Diri ini adalah sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dan hasil tulisan asli yang bersangkutan



                                                                        Bogor,          April  2017

                                                                        Kordinator




                                                                        Isam Samsiah S.Pd.
                                                                        NIP : 195912091979122001




















KATA PENGANTAR


Tiada rasa Syukur dan ucapan terima-kasih yang lebih tinggi dan lebih layak yang disampaikan kehadirat Illahi Rabbi yang telah melimpahkan berbagai kenikmatan , kekuatan dan kemudahan kepada penulis untuk menyelesaikan laporan Kegiatan Pengembangan Diri yang penulis susun, walaupun dalam penyusunan laporan ini penulis menyadari karena berbagai keterbatasan, belum sepenuhnya dapat meningkatkan kompetensi guru. Namun didorong oleh niat, komitmen serta kesungguhan yang dilakukan oleh penulis dengan maksud dan tujuan agar bertambah wawasan dan pengetahuan sehingga berdampak terhadap peningkatan kompetensi guru.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini dapat diselesaikan berkat adanya bantuan, bimbingan, dorongan dan petunjuk dari semua pihak. Oleh sebab itu penulis ucapkan terima-kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1.      Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, yang telah memberikan tugas kepada penulis untuk mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri  yang telah penulis laksanakan.
2.      Pak Isam Samsiah, S.Pd selaku Kordinator pengawas TK/SD yang telah memberikan arahan, petunjuk  dan bimbingannya.
3.      Rekan-rekan Guru yang telah memberikan motivasi serta semangat untuk dapat menyelesaikan laporan ini.
4.      Keluarga tercinta yang selalu memberikan dorongan dan dukungannya dalam proses penyelesaian laporan ini.

Tak lupa pula penulis sampaikan sebagai tanda ucapan terima-kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan jasa kepada penulis, kecuali doa yang dapat disampaikan, semoga Tuhan sang Khaliq Maha Pemurah membalas amal baik serta memberikan rahmat-Nya. Amin

Akhirnya tiada suatu apapun yang penulis laporkan ini masih  banyak kekurangan dan kesalahan baik dalam penulisan, penyusunan,  penyajian maupun sistematikanya, Untuk itu penulis mengharapkan kritik serta saran yang membangun dari semua pihak untuk kesempurnaan laporan ini.    Meskipun demikian, penulis tetap berharap agar kiranya  laporan ini bermanfaat bagi yang memerlukannya.

                                                                                                Bogor, April 2017
                                                                                                               
  


 Penulis,









DAFTAR  ISI



Identitas  Diri                                      ……………………………………………………

Lembar pengesahan                            ……………………………………………………

Kata Pengantar                                   ……………………………………………………

Daftar  Isi                                            ……………………………………………………

A.                BAB  I    PENDAHULUAN            

a.                   Latar Belakang            ……………………………………………………

b.                   Tujuan                         ……………………………………………………


c.                   Manfaat                       ……………………………………………………


B.                 BAB  II  LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI.

C.                 BAB  III  PENUTUP

a.                  Kesimpulan                 ……………………………………………………

b.                  Saran                           ……………………………………………………


Lampiran – lampiran












No comments:

Post a Comment

ORMULIR PERMOHONAN REKOMENDASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19

  FORMULIR PERMOHONAN REKOMENDASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19         Leuwisadeng,...