BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Guru
adalah tenaga profesional yang mempunyai tugas, fungsi, peran dan kedudukan
yang sangat penting dalam mewujudkan untuk mencapai suatu visi dan misi dalam
dunia pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, oleh sebab itu profesi
guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan
dalam Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Guru
sebagai tenaga pendidik profesional
adalah guru yang tidak merasa puas dengan pengetahuan dan keterampilan
yang dimiliki, maka daripada itu seorang guru yang dikatakan sebagai tenaga
profesional hendaknya mampu berusaha
untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya, sehingga nantinya dapat
memberikan layanan yang terbaik dan maksimal terhadap peserta didik.
Tugas
dan fungsi seorang guru yang professional
tidak hanya memiliki etos kerja
yang baik dalam melaksanakan tugasnya, namun guru dituntut melakukan
terobosan-terobosan yang baru sehingga mampu memberikan dan melakukan inovasi
di dunia pendidikan yang berdampak terhadap peningkatan mutu pendidikan, hal
tersebut dapat dilakukan oleh guru dengan cara mengikuti berbagai kegiatan
pendidikan pelatihan ataupun seminar-seminar yang tujuannya untuk melakukan
pengembangan diri bagi guru untuk meningkatkan profesionalnya, sebagaimana yang
diamanatkan dalam Permeneg PAN dan RB nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, seorang guru dapat meningkatkan
pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu : 1)
Melaksanakan Pengembangan Diri, 2) Melakukan Publikasi Ilmiah, 3) Menemukan dan
menciptakan karya-karya Inovasi. Kegiatan Pengembangan Diri dapat dilakukan
melalui dua kegiatan yaitu Diklat Fungsional dan Kegiatan Kolektif Guru, hal
tersebut dapat dilakukan dalam kegiatan kelompok kerja ataupun diklat
fungsional.
Kegiatan
pelaksanaan pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian
berkelanjutan akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, sehingga
mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk pengembangan
karirnya.
Pengembangan
terhadap profesi guru hendaknya dilaksanakan secara continue, berkesinambungan
danterprogram melalui kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB )
yang merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan terbentuknya
guru yang professional.
B. Tujuan
Berdasarkan paparan tersebut di atas, pengembangan
diri yang dilakukan penulis bertujuan :
a. Mendapatkan
pengetahuan dan keterampilan, sehingga
dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan berkualitas terhadap peserta
didik, guru, kepala sekolah di satuan – satuan pendidikan.
b. Mengumpulkan
angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat / jabatan setingkat lebih
tinggi.
C. Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari pengembangan diri yang
dilakukan oleh penulis adalah sebagai berikut :
a. Bagi
Penulis : dapat
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya.
b. Bagi
Peserta Didik : memperoleh jaminan pelayanan dan pengalaman belajar yang lebih
baik.
c. Bagi
Guru : dapat memenuhi Standar Nasional Pendidikan
yang diharapkan serta dapat meningkatkan
kompetensi dalam melaksanakan tugas-tugas utamanya secara efektif dan
efesien sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.
d. Bagi
Kepala Sekolah : dapat meningkatkan
tupoksi kepala sekolah dalam mengelola satuan pendidikan dan memberikan
pelayanan yang maksimal.
e. Bagi
Orang Tua Siswa: dapat memperoleh jaminan bahwa pesrta didik mendapat layanan
pendidikan yang berkualiatas dan pelayanan pendidikan yang memadai.
f. Bagi
Pemerintah : dapat memberikan jaminan kepada masyarakat
tentang layanan pendidikan yang berkualitas dan professional.
BAB II
LAPORAN
KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
A. Laporan
kegiatan pengembangan diri ke satu (1)
NO
|
PENJELASAN
|
KETERANGAN
|
1
|
Waktu
Pelaksanaan
|
26
Juni 2014
|
2
|
Tempat
Kegiatan
|
TPK
SDN Perintis
|
3
|
Jenis
Kegiatan
|
Jenis Kegiatan Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan ( PKB ) dalam bentuk Pelatihan dengan tugas mandiri.
|
4
|
Tujuan
Pengembangan Diri
|
Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bertujuan untuk
memberikan bekal agar kepala sekolah mampu mengimplementasikan Kurikulum 2013
secara efektif dan efisien .
Adapun
Kegiatan tersebut adalah :
1. 1. Manajemen
dan Kepemimpinan Sekolah
2. 2. Manajemen
Implementasi Kurikulum 2013
3. 3. Supervisi
Akademik Implementasi Kurikulum 2013
|
5
|
Uraian
Materi
|
Materi Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan ( PKB ) melalui Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
dilaksanakan dengan pola 52 jam, dengan sebaran berbagai materi .
Adapun materi tersebut terdiri dari :
1. Manajemen dan
Kepemimpinan Sekolah
Dalam pembahasan dan Uraian Materi mencakup tentang Refleksi
diri, Manajemen perubahan,Budaya sekolah, dan Kepemimpinan Pembelajaran.
2. Manajemen Implementasi
Kurikulum 2013
Materi ini meliputi: Penyusunan Dokumen KTSP, ( visi, misi,
tujuan satuan pendidikan, muatan kurikulum, beban belajar, kaldik,
dan penilaian.
3. Supervisi Akademik
Uraian materi ini meliputi:
- Penyusunan
Instrumen ( instrumen KBM, umpan balik, dan tindak lanjut )
- Pelaksanaan,
hasil dan umpan balik hasil supervisi akademik
- Tindak
lanjut supervisi
|
6
|
Tindak
Lanjut
|
Tindak
Lanjut dari kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 ini, Kepala
sekolah / guru segera membuat visi, misi, dan mengatur beban mengajar bagi
guru di sekolah masing – masing. Menyusun program,strategi, dan mengevaluasi
kegiatan sebagai hasil dari supervisi akademik.
|
7
|
Dampak
Pengembangan Diri
|
Dampak dari kegiatan Pelatihan Implementasi
Kurikulum 2013 yaitu dapat menumbuhkan kemampuan kepala sekolah dan guru dalam
menyusun kegiatan dan
program sekolah, sehingga kegiatan siswa betul-betul terarah dan siswa merasa
lebih nyaman berada di sekolah. Dan siswa dapat berkembang sesuai dengan
bakat masing-masing.
|
B. Laporan kegiatan pengembangan diri ke
satu (2)
NO
|
PENJELASAN
|
KETERANGAN
|
1
|
Waktu Pelaksanaan
|
11 Mei 2016
|
2
|
Tempat Kegiatan
|
Sekretariat KKG 3901 SDN Perintis
|
3
|
Jenis Kegiatan
|
Jenis
Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) melalui Pendidikan
dan Latihan ( Diklat ) dalam
Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Guru Kelas SD se Kecamatan Leuwisadeng
|
4
|
Tujuan Pengembangan Diri
|
Pendidiksan dan Latihan bertujuan meningkatkan
kompetensi guru dalam menyusun Soal Ujian Sekolah berstandar Nasional
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar UN / US melalui berbagai
macam kegiatan.
Adapun Kegiatan tersebut adalah :
1. Pembelajaran Kelas Maya.
2. Kaidah Penyusunan Soal
3. Pendalaman materi UN (
Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA )
4. Bedah Kisi-kisi Mata
Pelajaran Ujian Nasional (B.Indonesia, Matematika, IPA)
5. Penyusunan Soal Latihan
Ujian Nasional.
6. Penyusunan Soal Ujian
Praktik.
|
5
|
Uraian Materi
|
Materi Pengembangan Kprofesian Berkelanjutan
( PKB ) melalui Pendidikan dan Latihan ( Diklat )/workshop mencakup beberapa
materi yang yang berorientasi pada pengembangan komptensi Guru untuk menyusun
soal Ujian Sekolah dengan mengacu pada Kebijakan Nasional tentang lulusan
SD/MI/SDLB.
Adapun materi tersebut terdiri dari :
1. Pembalajaran kelas maya
Pembahasan dan Uraian Materi mencakup tentang pengemasan kelas
menggunakan sistem online khususnya bagi siswa kelas VI guna menunjang hasil
belajar dalam menempuh UAS-BN.
2. Kaidah Penulisan Soal Pilihan
Ganda
Materi Kaidah penulisan soal tertulis berisi tentang kaidah
penulisan soal tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda yang berkulitas
dengan mencakup beberapa aspek kemampuan. Proses dalam menyusun soal dalam
bentuk pilihan ganda berpedoman pada beberapa aturan diantaranya; kaidah
penulisan soal, Ejaan, dan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3. Pendalaman Materi UN (
B. Indonesia, Matematika, dan IPA
Uraian matari ini mencakup pendalaman materi esensial yang
mengacu kisi-kisi dan tuntutan kompetensi setiap lulusan sesaui yang tertuang
dalam SKLSekolah SD/MI/SDLB.
4. Bedah Kisi-Kisi.
Materi kegiatan ini berbentuk pembahasan dan mengupas materi
yang tertuang dalam kisi-kisi sesuai/mengacu Standar Kompetensi Lulusan ( SKL
) tiga ( 3 ) Materi Ujian Nasional yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan
IPA.
5. Penyusunan Soal Coba
Ujian Nasional dan Editing.
Materi kegiatan ini berbentuk pembuatan dan penulisan soal Uji
coba sesuai/mengacu Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) dan kisi_kisi soal
Ujian Sekolah berstandar Nasional. Selain kegiatan tersebut berisi materi
kegiatan ini berupa editing soal yang mencakup struktur bahasa, Ejaan dan
penggunaan bahasa Indonesia yang baku ( baik dan benar ).
6. Penyusunan Soal Ujian
Praktik dan Editing.
Materi kegiatan ini berbentuk pembuatan dan penulisan soal
Ujian Sekolah sesuai/mengacu Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) dan kisi_kisi
soal Ujian Praktik SD/MI. Kegiatan inijuga berisi kegiatan editing soal yang
mencakup struktur bahasa, Ejaan dan penggunaan bahasa Indonesia yang baku (
baik dan benar ).
|
6
|
Tindak Lanjut
|
Tindak
Lanjut dari kegiatan Diklat penyusunan soal Uji Coba dan Ujian Sekolah
melalui KKG Guru kelas adalah guru diharapkan dapat mengembangkan kemampuan
dalam menyususun soal ujian sekolah berstandar Nasional dalam bentuk pilihan
ganda berdasarkan sikap ilmiah, kreatif dan mengimplementasikan kompetensi
dalam menyusun soal sebagai aspek penting kecakapan mengajar bagi seorang
guru dalam menilai hasil belajar siswa.
|
7
|
Dampak Pengembangan Diri
|
Dampak dari kegiatan Diklat Peningkatan
Hasil Belajar Ujian Berstandar Nasional yaitu dapat menumbuhkan kemampuan
guru dalam menyusun soal Ujian sekolah berstandar Nasional dalam bentuk
pilihan ganda sesuai dengan tututan SKL yang tertuang dalam bentuk soal
pilihan ganda. Jika guru
terampil membuat soal, maka siswa akan terbiasa menghadapi soal yang
berfariasi. Sehingga dalam mengerjakan soal Ujian Nasional / Ujian sekolah
akan lebih yakin dengan kemampuannya sehingga
hasil Ujian Nasional menjadi lebih baik.
|
BAB III
P E N U T U P
Pelaksanaan Pengembangan Keprofesionalan
Berkelanjutan melalui proses pengembangan diri dalam bentuk Diklat/workshop
atau sejenisnya sebagai langkah untuk mewujudkan kualitas
guru menuju guru profesional dalam bidang pendidikan di Sekolah. Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (
PKB ) juga dapat membuka wawasan pengetahuanserta meningkatkan
kompetensi guru melalui keterampilan proses dan berpikir
ilmiah yang bermafaat dalam melaksanakan tugas belaja rmengajar di
sekolah yang padaakhirnya akan meningkatkan prestasi dan
hasil belajar peserta didik.
SISTEMATIKA
PEMBUATAN PENGEMBANGAN DIRI
·
KAFER
·
IDENTITAS DIRI
·
LEMBAR PENGESAHAN
·
KATA PENGANTAR
·
DAFTAR ISI
·
BAB I
PEDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
- TUJUAN
- MANFAAT
BAGI
PENULIS BAGI PESERTA DIDIK BAGI GURU
BAGI
KS BAGI SEKOLAH BAGI ORANG TUA
BAGI
PEMERINTAH
·
LAPORAN –LAPORAN
KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI ( KERTAS PEMISAH)
·
BAB II
LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
DIURUTKAN
BERDASARKAN WAKTU KEGIATAN
NO
|
PENJELASAN
|
KETERANGAN
|
1
|
WAKTU KEGIATAN
|
|
2
|
TEMPAT KEGIATAN
|
|
3
|
JENIS KEGIATAN
|
|
4
|
TUJUAN PENGEMBANGAN DIRI
|
|
5
|
URAIAN MATERI
|
|
6
|
TINDAK LANJUT
|
|
7
|
DAMPAK PENGEMBANGAN DIRI
|
BAB III PENUTUP
KESIMPULAN
SARAN
LAMPIRAN
– LAMPIRAN
SURAT
UNDANGAN SURAT TUGAS
FOTO
– FOTO KEGIATAN SERTIFIKAT
KEGIATAN
LAPORAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN DIRI
Diajukan untuk
Memenuhi Angka Kredit Jabatan fungsional Guru
Oleh
:
YAYAT NURHAYATI, S.Pd.SD
NIP : 196607071993012001
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BOGOR
2017
|
IDENTITAS
DIRI
2. NAMA
INSTANSI : SDN Kalipasir
3. NAMA : ayat Nurhayati, S.Pd.SD
4. N
I P : 96607071993012001
5. PANGKAT/GOL./RUANG : Penata Tk I, III/d
6. ALAMAT
KANTOR
a. Jalan :
Jl. Raya hambaro
b. Desa : Leuwisadeng
c. Kecamatan : Leuwisadeng
d. Kabupaten :
Bogor
e. Provinsi :
Jawa Barat
7. JABATAN
: Guru
8. SK
Pengangkatan
a.
Sebagai CPNS
1.
Pejabat yang
mengangkat :Pemerintah Propinsi
2.
Nomor SK : 813/SK.1983-D/Peg/1993
3.
Tanggal SK : 01/01/1993
b. Pangkat
Terakhir
1. Pejabat
yang mengangkat : Pemerintah Kabupaten
2. Nomor SK :
823/17/SK/KP/IV/2013
3. Tanggal
SK : 07/03/2013
9. ALAMAT
RUMAH
1. Jalan : Kp. Pamagersari Rt. 04 Rw. 12
2. Desa
: Leuwi Mekar
3. Kecamatan : Leuwiliang
4. Kabupaten : Bogor
5. Provinsi : Jawa
Barat
6. No
Tlpn/ HP : 085697439262
7. Email : yayatnurhayati1966@gmail.com
LEMBAR PENGESAHAN
NAMA LAPORAN :
N
a m a : Yayat Nurhayati, S.Pd.SD
N
I P : 196607071993012001
Pangkat
/ Golongan : Penta TK I, III/d
Unit
Kerja : SDN Kalipasir
Jabatan : Guru
Membenarkan
bahwa semua isi laporan Kegiatan Pengembangan Diri ini adalah sesuai dengan
kegiatan yang dilakukan dan hasil tulisan asli yang bersangkutan
Bogor, April 2017
Kordinator
Isam
Samsiah S.Pd.
NIP
: 195912091979122001
KATA
PENGANTAR
Tiada rasa Syukur dan ucapan terima-kasih yang lebih
tinggi dan lebih layak yang disampaikan kehadirat Illahi Rabbi yang telah
melimpahkan berbagai kenikmatan , kekuatan dan kemudahan kepada penulis untuk
menyelesaikan laporan Kegiatan Pengembangan Diri yang penulis susun, walaupun
dalam penyusunan laporan ini penulis menyadari karena berbagai keterbatasan,
belum sepenuhnya dapat meningkatkan kompetensi guru. Namun didorong oleh niat,
komitmen serta kesungguhan yang dilakukan oleh penulis dengan maksud dan tujuan
agar bertambah wawasan dan pengetahuan sehingga berdampak terhadap peningkatan
kompetensi guru.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini dapat
diselesaikan berkat adanya bantuan, bimbingan, dorongan dan petunjuk dari semua
pihak. Oleh sebab itu penulis ucapkan terima-kasih dan penghargaan yang
setinggi-tingginya kepada :
1. Kepala
Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor,
yang telah memberikan tugas kepada penulis untuk mengikuti berbagai kegiatan
pengembangan diri yang telah penulis
laksanakan.
2. Pak Isam
Samsiah, S.Pd selaku Kordinator pengawas TK/SD yang telah memberikan arahan, petunjuk dan bimbingannya.
3. Rekan-rekan
Guru yang telah memberikan motivasi serta semangat untuk dapat menyelesaikan
laporan ini.
4. Keluarga
tercinta yang selalu memberikan dorongan dan dukungannya dalam proses
penyelesaian laporan ini.
Tak lupa pula penulis sampaikan sebagai tanda ucapan
terima-kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan jasa kepada
penulis, kecuali doa yang dapat disampaikan, semoga Tuhan sang Khaliq Maha
Pemurah membalas amal baik serta memberikan rahmat-Nya. Amin
Akhirnya tiada suatu apapun yang penulis laporkan ini
masih banyak kekurangan dan kesalahan
baik dalam penulisan, penyusunan,
penyajian maupun sistematikanya, Untuk itu penulis mengharapkan kritik
serta saran yang membangun dari semua pihak untuk kesempurnaan laporan
ini. Meskipun demikian, penulis tetap
berharap agar kiranya laporan ini
bermanfaat bagi yang memerlukannya.
Bogor, April 2017
Penulis,
DAFTAR ISI
Identitas Diri ……………………………………………………
Lembar
pengesahan ……………………………………………………
Kata
Pengantar ……………………………………………………
Daftar Isi ……………………………………………………
A.
BAB
I PENDAHULUAN
a.
Latar Belakang ……………………………………………………
b.
Tujuan ……………………………………………………
c.
Manfaat ……………………………………………………
B.
BAB
II LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN
DIRI.
C.
BAB
III PENUTUP
a.
Kesimpulan ……………………………………………………
b.
Saran ……………………………………………………
Lampiran
– lampiran
No comments:
Post a Comment