Sunday, February 24, 2019

CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN/PENGGUNAAN BANTUAN SOSIAL PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR TAHUN 2010



LAPORAN PELAKSANAAN/PENGGUNAAN
BANTUAN SOSIAL PENINGKATAN MUTU
PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
TAHUN 2010





 















Nama sekolah        : SD NEGERI KALIPASIR
Status sekolah        : Imbas
Alamat                   : ...........................
No. Telp/HP           : ………………….
Kelurahan              : ………………….
Kecamatan            : ………………….
Kota                        : ………………….
Provinsi                  : ………………….


BAB I
PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Pembukaan UUD 1945 menyatakan bahwa salah satu tujuan Negara Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, dan setiap warga Negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang bermutu. Pendidikan yang bermutu akan menghasilkan  umber daya manusia (SDM) yang bermutu.

Undang-undang nomor  20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 menegaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga negara  yang demokratis dan bertanggung jawab.

Peningkatan mutu  pendidikan, salah satunya dipengaruhi oleh mutu pembelajaran. Peningkatan mutu pembelajaran tidak dapat dipisahkan dengan ketersediaan dan pendayagunaan sarana pembelajaran, serta kompetensi guru

Peraturan pemerintah guru Nomor Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 42 menyatakan bahwa”setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber lainnya, bahan habis pakai serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan”.

Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional berpusat pada peserta didik agar dapat:
1.      Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.      Belajar untuk memahami dan menghayati
3.      Belajar untuk melaksanakan dan berbuat secara efektif
4.      Belajar untuk mampu berguna dengan orang lain dan
5.      Belajar untuk membangun menemukan jati diri melalui proses belajar aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM)

Untuk menjamin terwujudnya hal tersebutdiperlukan adanya buku, sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang di tetapkan dalam standar sarana dan prasarana.

Adapun tujuan bantuan sosial (blockgrant) peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Kalipasir adalah untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang didukung oleh pemenuhan  sarana dan  prasarana pendidikan dan peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan khususnya di SD Negeri Kalipasir

Manfaat bantuan sosial (blockgrant) bagi SDN Kalipasir Adalah :
1.      Peningkatan administrasi dan manajemen sekolah
2.      Meningkatnya kompetensi guru dalam pembelajaran dan tenaga kependidikan melalui pelatihan
3.      Terpenuhinya alat peraga pembelajaran
4.      Terpenuhinya buku penunjang pembelajaran
5.      Terpenuhinya pengadaan software pembelajaran

  1. VISI DAN MISI

SD Negeri Kalipasir dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajarnya mempunyai Visi dan Misi sebagai berikut:

Visi SD Negeri Kalipasir
“ Unggul dalam bidang IPTEK dan IMTAQ di kecamatan di kecamatan Leuwisadeng tahun 2013”

Misi SD Negeri Kalipasir
  1. Menumbuhkan disiplin berdasarkan komitmen bersama
  2. Meningkatan profesionalisme tenaga kependidikan melalui pelatiha/Workshop/Studi Banding
  3. Menyiapkan kelulusan yang mampu mengimbangi perkembangan dunia dalam IMTAQ dan IPTEK
  4. Mengoptimalkan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam proses kegiatan belajar mengajar
  5. Mengembangkan potensi minat dan bakat peserta didik agar memiliki daya saing yang tinggi, terampil, produktif, disiplin dan mandiri
  6. Memfasilitasi peserta didik untuk belajar aktif, kreatif, inovatif,  sesuai perkembangan
  7. Membimbing, menciptakan dan memelihara kebersihan lingkungan
  8. Membangun citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat.

Tujuan sekolah
Tujuan:
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Sedangkan tujuan sekolah adalah:
·         Sehat jasmani dan rohani
·         Mampu menjalankan kehidupan yang taat beragama dan berakhlak mulia
·         Mampu mengenal dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi
·         Mampu memiliki dasar-dasar pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk melanjutkan pendidkan pada jenjang yang lebih tinggi
·         Mampu menghasilkan prestasi yang terbaik dibidangnya dan mencapai mutu kelulusan yang maksimal
·         Mampu mengenal dan mencintai bangsa, masyarakat dan kebudayaannya
·         Meningkatkan akses pelayanan pendidikan
·         Meningkatkan kualitas pembelajaran
·         Meningkatkan manajemen sekolah
·         Memperlancar pelaksanaan pendidikan dasar sesuai standar pelayanan minimal
·         Mempermudah upaya untuk melaksanakan evaluasi dan pelaporan kegiatan setiap tahun.

Upaya sekolah dalam meningkatkan mutu secara berkelanjutan dihadapkan pad berbagi kendala antara lain ketersediaan peralatan pendidikan yang minim, ketersediaan buku (baik buku pengayan maupun buku sumber) yang sangat minim dan kemampuan profesional guru yang masih harus ditingkatkan. Terlebih lagi saat ini, dengan adanya berbagai kebijakan pemerintah dalam hal ini Depdiknas khususnya dalam bidang pendidikan, seperti ditetapkannya Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan dan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), telah  membuat guru dilapangan semakin dituntut untuk lebih meningkatkan kemampuan profesionalnya.
Sehubungan dengan kondisi tersebut, maka upaya peningkatan mutu pendidikan di SDN Kalipasir  kecamatan Leuwisadeng akan menjadi beban berat yang memerlukan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu sekolah mengajukan permohonan bantuan sosial peningkatan mutu pembelajaran 2010 untuk:
  1. Peningkatan sarana pembelajaran, meliputi penyediaan peralatan dan atau alat peraga pendidikan, pengadaan buku-buku pengayaan dan buku referensi, pengadaan sarana multimedia untuk menunjang kegiatan sekolah
  2. Peningkatan mutu pembelajaran menuju proses pembelajaran yang berkualitas dan berkesinambungan, meliputi kegiatan penyusunan KTSP, peningkatan peran serta masyarakat dalam mendukung proses pendidikan di sekolah dan peningkatan mutu sekolah secara umum.

C. TUJUAN KEGIATAN

Tujuan Kegiatan Peningktan Mutu Pembelajaran di sekolah yaitu:
1.    Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru melalui pelatihan
2.      Meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dengan menyediakan peralatan pendidikan buku sekolah memadai
3.      Penambahan sarana dan perbaikan yang telah ada untuk menunjang belajar mengajar.

B.     PROFIL SEKOLAH
1.       Nama Sekolah                               : SDN KALIPASIR
2.       NSS                                              : 102020507045
3.       Status                                            : Negeri
4.       Status dalam gugus                       : Imbas
5.       Kecamatan                                    : Leuwisadeng
6.       Kabupaten/Kota                           : Bogor
7.       Provinsi                                         : Jawa Barat
8.       Nilai Akreditasi                            : B
9.       Jumlah rombongan belajar            : 10 Rombel
      Jumlah Ruang Kelas                     : 6  Ruang

10.   Keadaan Siswa:

Kelas
2009/2010
2010/2011
L
P
JML
Jml kelas
L
P
JML
Jml kelas
I
51
40
91
2
79
65
144
4
II
41
27
68
1
45
40
85
3
II
49
40
89
1
38
27
65
2
IV
39
32
71
1
46
42
88
3
V
27
33
60
1
39
31
70
2
VI
39
29
68
1
27
29
56
2
Jumlah
246
201
447
7
274
234
508
16

Keterangan: L = Laki-laki         P = Perempuan

11.   Prestasi Siswa
11.1 Hasil Rata-rata UASBN

No.
Mata Pelajaran
Tahun Pelajaran
2008/2009
2009/2010
1
Bahasa Indonesia
8,20
7.93
2
Matematika
8,00
8,71
3
IPA
8,39
8,59


11.2 Nilai Rata-rata kelas untuk semester II Tahun Pelajaran 2009/2010
No.
Mata Pelajaran
Kelas
I
II
III
IV
V
VI
1
Agama
7,62
7,18
7,80
7,61
7,61
7,88
2
Bhs. Indonesia
7,87
7,45
7,57
7,02
6,95
7,97
3
PKn
7,63
7,70
8,04
6,81
7,17
7,18
4
IPA
7,97
7,61
7,50
6,90
6,95
7,18
5
IPS
7,74
7,27
7,76
6,81
6,62
7,67
6
Matematika
7,78
7,02
6,93
6,06
6,65
7,16
7
Penjasorkes
7,73
7,23
7,61
7,27
7,42
7,62
8
SBK
7,46
8,05
8,00
7,46
7,66
7,28
9
Bhs. Sunda
6,73
7,31
7,09
6,75
6,86
6,80
10
Bhs. Inggris
7,76
6,67
7,20
6,98
6,73
7,35
11
Komputer
7,82
7,73
7,12
7,37
7,34
6,98

11.3     Angka Mengulang Kelas
Tahun
Pelajaran
Kelas
Jumlah
I
II
III
IV
V
VI

2008/2009
2
1
-
1
-
-
4
2009/2010
4
3
1
1
-
-
9

11.4     Angka Lulusan yang melanjutkan ke SMP
Tahun Pelajaran
Jumlah Lulusan
Jumlah Melanjutkan
2008 / 2009
70
70
2009 / 2010
78
68
11.5     Keadaan Guru dan Karyawan
No.
Nama
Gol/Pangkat
GT  / GTT
Pendidikan
Terakhir
Mengajar Kelas
1
Sugiyono, S.Pd.I
IV/a
GT
S.I
MP
2
Asep Syaripudin, S.Ag
IV/a
GT
S.I
MP
3
Sudirman, S.Pd
IV/a
GT
S.I
VI
4
Rohmaniah
IV/a
GT
D.II
III
5
Yayat Nurhayati
III/b
GT
D.II
II
6
Nunung Nursariah, S.Pd
III/c
GT
S.I
I
7
Anim
III/c
GT
SMP
-
8
Najib
III/c
GTT
D.II
V
9
Hujriah
III/c
GTT
D.II
IV
10
Euis Yuliana
II/b
GTT
SMA
MP
11
Udi Husna
II/b
GTT
Aliyah
MP
12
Dedeh Nurmala
II/b
GTT
SMA
MP
13
Sultoni Rahmat
II/b
GTT
MAN
II
Keterangan: GT: Guru Tetap          GTT: Guru Tidak Tetap / Honorer

12.    Kondisi Orang Tua Siswa

Pegawai negeri
TNI / Polri
Karyawan swasta
Petani
Pedagang
Nelayan
Lain-lain
Jumlah
55
6
416

28


%
11%
1,2%
82,4%

5,5%




13.    Sarana pendidikan
13.1 Buku Siswa dan Guru
No.
Nama Buku
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Pendidikan agama
Bahasa Indonesia
Matematika
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan Kewarganegaraan
Seni Budaya dan Keterampilan (SBK)
Baca Tulis Quran (BTQ)
Budi Pekerti
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada

13.2 Alat Peraga / Media
No.
Alat Peraga / Media
Keterangan
1
2
KIT IPA
KIT Matematika
Ada
Ada

14.    Daftar Prestasi Sekolah (3 Tahun Terakhir)
No
Tahun
Prestasi Yang Diraih
Ket.





















Bogor, 11 Maret  2011
Kepala Sekolah
SDN Kalipasir

SUGIYONO, S.Pd.I
NIP. 195104241977051001
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

No.
Jenis Kegiatan
Waktu
Tempat
Yang terlibat
I
Peningkatan Administrasi dan Manajemen Sekolah
A.       Sarana penunjang administrasi sekolah
-          Pembelian buku induk siswa
-          Pembelian/pembuatan data keadaan siswa dan guru
-          Pembenahan administrasi perpustakaan
  1. Penyusunan RKS atau Renstra sekolah 4 tahunan
  2. Pembuatan/pembelian data hasil belajar dan hasil UASBN
  3. Pengadaan KTSP,  silabus dan RPP



10 Januari 2011
18 Desember 2010

27-30 Des 2010

08 Januari 2011

10 Januari 2011

04 Januari 2011








SD Negeri Kalipasir








Guru dan karyawan
II
Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Guru dan Tenaga Kependidikan
  1. Pelatihan penyusunan KTSP, silabus dan RPP
  2. Pembinaan bakat dan minat anak di bidang Bahasa, Sains dan Matematika
  3. Workshop pengembangan model dan penilai SD
  4. Pembinaan karakter



11 Januari 2011

03 s/d 13 Januari 2011
11 s/d 12 Januari 2011
17 s/d 18 Januari 2011


SD Negeri Kalipasir


Guru

Siswa dan Guru
Guru

Siswa dan Guru
III
Pengadaan Alat Pembelajaran di SD
  1. Pengadaan alat peraga/praktik pembelajaran di SD
  2. Sarana Penunjang Pembelajaran
  3. Pengadaan Sarana TIK

22 Desember 2010



IV
Pengadaan Buku Penunjang Pembelajaran di SD
  1. Pengayaan
  2. Referensi
  3. Panduan Pendidikan

18 Januari 2011


V
Pengadaan Software Pembelajaran di SD
22 Desember 2010


VI
Evaluasi dan pelaporan
11 Februari 2011






BAB III
HASIL KEGIATAN

Hasil kegiatan banuan sosial peningkatan mutu pembelajaran di SDN Kalipasir sebagai berikut:

I.     Peningkatan Administrasi dan Manajemen sekolah

  1. Sarana penunjang administrasi sekolah
-          Pembelian buku induk siswa
-          Pembelian/pembuatan data keadaan siswa dan
-          Pembenahan administrasi perpustakaan
Kegiatan yang dilakukan diantaranya pendataan buku, pelabelan buku dan pembuatan katalog.
  1. Penyusunan RKS atau Renstra sekolah 4 tahunan
Penyusunan dilakukan berdasarkan rapat kerja guru dan karyawan sesuai bidang masing-masing.
  1. Pembuatan/pembelian data hasil belajar dan hasil UASBN
  2. Pengadaan KTSP, Silabus dan RPP
Kegiatan yang dilakukan antara lain pengadaan, penyusunan dan penjilitan KTSP dan RPP.

II. Peningkatan Kom petensi Pembelajaran Guru dan Tenaga Kependidikan

  1. Pelatihan penyusunan KTSP, Silabus dan RPP
Dilaksanakan dengan mengundang pembicara dengan jumlah peserta dari SD Dharma Karya 50 guru.

  1. Pembinaan bakat dan minat anak dibidang bahasa, Sains, dan Matematika
Pembinaan oleh guru ini dilakukan untuk mengembangkan minat dan bakat yang sudah dimiliki siswa. Pembinaan dilaksanakan sebanyak sepuluh kali pertemuan.

  1. Workshop pengembangan model dan penilai SD
Workshop ini dilaksanakan dengan tujuan evaluasi dan masukan tentang pengembangan model dan penilai sekolah Dasar

  1. Pembinaan  karakter
Dilaksanakan dalam kegiatan ceramah yang wujud implementasinyabisa dilihat pada kegiatan ekstrakulikuler siswa.



III. Pengadaan Alat Pembelajaran di SD
Diantaranya:
a.     Pengadaan alat peraga/praktik pembeljaran di SD
b.    Saran penunjng pembelajaran
c.     Pengadaan sarana TIK
Alat peraga pembelajaran tersebut terdokumentasikan per jenis barang

IV. Pengadaan buku penunjang pembelajaran di SD
Diantaranya:
a.    Buku pengayaan dengan jumlah3.590 buku
b.    Buku referensi dengan jumlah 155 buku
c.    Buku panduan pendidikan dengan jumlah 123 buku
Total semua buku penunjang pembelajaran sejumlah 2.868 buku

V. Pengadaan software pembelajaran di SD
Pengadaan CD pembelajaran interaktif pada semua mata pembelajaran sebagai salah satu fasilitas dalam proses belajar mengajar.

VI. Evaluasi dan pelaporan
Dilakukan meliputi dokumentasi, pelaporan, penggandaan dan pengiriman laporan.

Hasil kegiatan Blockgrant ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas khususnya di SDN Kalipasir adapun semua  dokumentasi hasil kegiatan tersebut diatas terlampir.



















BAB IV
FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT

  1. FAKTOR PENDUKUNG
Kegiatan pelaksanaan Blockgrant dapat berjalan dengan lancarkarena didukung oleh seluruh komponen sekolah dan juga instansi terkait, diantaranya:
  1. Kemendiknas
  2. Dinas pendidikan Prof Jawa Barat
  3. Dinas pendidikan Kabupaten Bogor
  4. UPT Pendidikan kecamatan Leuwisadeng
  5. Komite Sekolah
  6. Guru dan karyawan

  1. FAKTOR PENGHAMBAT
Kesulitan-kesulitan yang ditemukan selam pelaksanaan kegiatan yaitu:
Ketersediaan waktu yang terbatas sehingga pelaksanaan kegiatan harus dipadatkan dan pengadaan barang terlalu mendesak

























BAB V
DAMPAK PELAKSANAAN PROGRAM



Bahwa pelaksanaan bantuan blockgrant APBN P 2010 ini sangat bermanfaat dalam peningkatan mutu pendidikan dan tenag kependidikan karena didukung oleh sarana dan prasarana serta media pembelajaran yang memadai, sehingga akan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) bermutu yang mampu mengaktualisasikan potensi kemanusiaannya secara optimal.








                      























BAB VI
RINCIAN PENGGUNAAN BANTUAN SOSIAL (BLOCKGRANT)

NO

PROGRAM KEGIATAN

VOLUME / JUMLAH
BIAYA/HARGA SATUAN
TOTAL
1
Peningkatan Administrasi dan Manajemen Sekolah
A.    Sarana Penunjang Administrasi Sekolah
1.  Pembelian buku Induk Siswa
2.  Pembelian/Pembuatan data keadaan siswa,   guru kohort dan lainnya
3.  Pengadaan KTSP , Silabus dan RPP

B.    Penyusunan RKS atau Renstra sekolah 4 tahunan
C.    Pembuatan/Pembelian data hasil belajar dan hasil UASBN
D.    Pengadaan KTSP, Silabus dan RPP



3
14

1

1
1

1


buah
buah

buah

pert
buah

buah








x







18






Guru


Rp. 250,000
Rp. 250,000

Rp. 845,000

Rp. 15,000
Rp. 750,000

Rp. 845,000


Rp. 750.000
Rp. 3,500,000

Rp. 845,000

Rp. 810.000
Rp. 750.000

Rp. 845,000
JUMLAH (I)
Rp. 7,500,000

II
Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Guru dan tenaga Kependidikan
A.    Pelatihan Penyusunan KTSP, Silabus dan RPP
B.    Pembinaan bakat dan minat anak dibidang Bahasa, Sains Matematika, Seni dan Olahraga
C.    Workshop pengembangan alat evaluasi pembelajaran di sekolah
D.    Pembinaan dan Pengembangan karakter di SD Kelas III, IV dan  V



1
10

2

2


Pert
Pert

Pert

Keg


x
x

x

x


20
20

20

225


Guru
Guru

Guru

Siswa


Rp. 137,500
Rp. 50,000

Rp. 62,500

Rp. 5,000


Rp. 2,750,000
Rp. 5,000,000

Rp. 2,500,000

Rp. 2,250.000
JUMLAH (II)
Rp. 12,500,000

III
Pengadaan Alat Pembelajaran di SD
A.    Pengadaan alat peraga
1.  Alat peraga Bahasa Indonesia
2.  Kit Matematika
       Kit Matematika Cerdas
3.  Kit IPA
4.  Alat Peraga IPS, terdiri dari:
       Globe Interaktif
       Peta Interaktif
5.  Alat Peraga PKn / IPBA
6.  Alat Peraga Bahasa Inggris
7.  Alat Peraga Seni Budaya dan terampilan
8.  Alat Peraga Penjasorkes (Tenis Meja)
9.  Alat Peraga Agama Islam


2
2
2
2

1
1
1
2
2
1
2


Set
Set
Set
Set

Set
Set
Set
Set
Set
Set
set









Rp. 650,000
Rp. 700,000
Rp. 950,000
Rp. 1,100,000

Rp. 7,700,000
Rp. 7,650,000
Rp. 600,000
Rp. 650,000
Rp. 650,000
Rp. 3,300,000
Rp. 1,100,000


Rp. 1,300,000
Rp. 1,400,000
Rp. 1,900,000
Rp. 2,200,000

Rp. 7,700,000
Rp. 7,650,000
Rp. 600,000
Rp. 1,300,000
Rp. 1,300.000
Rp. 3,300,000
Rp. 2,200,000
JUMLAH (III)
Rp. 30,850,000
NO
PROGRAM KEGIATAN
VOLUME /JUMLAH
BIAYA/HARGA SATUAN
TOTAL

B.    Sarana Penunjang Pembelajaran
1.   Digital wireless Portable Soundsystem
2.   LCD Proyektor
3.   VCD / DVD
4.   Televisi
5.  Tape Recorder

1
1
1
1
1


Unit
Unit Unit Unit Unit




Rp. 9,000,000
Rp. 8,750,000
Rp. 1,500,000
Rp. 2,100,000
Rp. 1,600,000

Rp. 9,000,000
Rp. 8,750,000
Rp. 1,500,000
Rp. 2,100,000
Rp. 1,600,000
SUB JUMLAH
Rp. 22,950,000

C.    Pengadaan sarana ATK
1.     PC Komputer
2.     Printer
3.     Software Manajemen Perpustakaan Elektronik
4.     Uninterutiple Power Supply (UPS)
5.     Laptop (Notebook)

1
1
1
1
1


Unit
Unit Unit Unit Unit









Rp.  8,500,000
Rp.      700,000
Rp.      800,000
Rp.   1,000,000
Rp.   8,700,000

Rp.  8,500,000
Rp.      700,000
Rp.      800,000
Rp.   1,000,000
Rp.   8,700,000
SUB JUMLAH
Rp. 19,700,000
JUMLAH (III)
Rp. 73,500,000
IV
Pengadaan Buku Penunjang Pembelajaran di SD
A.    Pengayaan
1.     Pendidikan Agama
2.     Pendidikan Kewarganegaraan
3.     Bahasa Indonesia dan sastra
4.     Matematika
5.     Ilmu Pengetahuan Alam
6.     Ilmu Pengetahuan Sosial
7.     Seni Budaya dan Keterampilan
8.     Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
9.     Muatan Lokal
10.  Pengembangan diri


5
5
5
5
5
5
5
5
5
5


Set
Set
Set
Set
Set
Set
Set
Set
Set
Set


@
@
@
@
@
@
@
@
@
@


71
46
163
30
88
108
100
42
33
38


buah
buah buah buah buah buah buah buah buah buah



Rp. 1,376,500
Rp.    757,450
Rp. 2,996,150
Rp.    661,400
Rp. 1,870,350
Rp. 2,079,300
Rp. 1,815,800
Rp.    736,300
Rp.   606,310
Rp.   695,200



Rp.  6,882,500
Rp.  3,787,250
Rp.14,980,750
Rp.  3,307,000
Rp.  9,351,750
Rp.10,396,500
Rp.  9,079,000
Rp.  3,681,500
Rp.  3,031,550
Rp.  3,476,000
SUB JUMLAH
Rp. 67,973,800

B.    Referensi
1.       Buku Bahasa Indonesia -1.000 halaman
2.       Kamus Bahasa Inggris-Indonesia -300 hal
3.       Esiklopedia Pendidikan kewarganegaraan
4.       Ensiklopedia Bahasa Indonesia dan Sastra
5.       Ensiklopedia Matematika
6.       Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam
7.       Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Sosial
8.       Ensiklopedia Seni Budaya dan Keterampilan
9.       Ensiklopedia Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
10.    Ensiklopedia


2
3
3
3
3
3
3
3

3

1

Set
Set
Set
Set
Set
Set
Set
Set

Set

Set

@
@
@
@
@
@
@
@

@

@

1
1
6
2
1
3
33
3

2

3

buah
buah buah buah buah buah buah buah

buah

buah

Rp.      350,000
Rp.         30,100
Rp.      240,400
Rp.        86,000
Rp.        19,500
Rp.        90,000
Rp.    1,837,800
Rp.       105,000

Rp.       150,000

Rp.       650,000

Rp.   700,000
Rp.     90,300
Rp.   721,200
Rp.  258, 000
Rp.     58,500
Rp.   270,000
Rp. 5,523,000
Rp.    315,000

Rp.    450,000

Rp.   650,000
SUB JUMLAH
Rp. 9,026,400

Panduan Pendidikan
Buku Panduan Pendidikan
3
Set
@
41
buah
Rp.  1,99,800
Rp.   4,499,400
JUMLAH (IV)
Rp. 81,500,000

NO
PROGRAM KEGIATAN
VOLUME /JUMLAH
BIAYA/HARGA SATUAN
TOTAL
V







Pengadaan software Pembelajaran di SD
a.     Kit  Multimedia Sarana Pembelajaran Agama Islam
b.     Kit Multimedia Sarana Pembelajaran Bahasa Indonesia
c.     Kit Multimedia Sarana Pembelajaran Matematika
d.     Kit Multimedia Sarana Pembelajaran IPA
e.     Kit Multimedia Sarana Pembelajaran IPS
Kit Multimedia Sarana Pembelajaran
Geografi Tematik 33 Propinsi
Kit Multimedia Sarana Pembelajaran
Geografi Dunia
f.      Kit Multimedia Sarana Pembelajaran PKn
g.     Kit Multimedia Sarana Pembelajaran SBK
h.     Kit Multimedia Sarana Pembelajaran Penjasorkes
i.       Kit Multimedia Sarana Pembelajaran

5

5

5

5

5

5

5
5
5

5



Set

Set

Set

Set

Set

Set

Set
Set
Set

Set








@

@

@

@

@

@

@
@
@

@









2

2

12

6

33

5

12
2
2

2


buah

buah

buah

buah

buah

buah

buah
buah
buah

buah







Rp. 120,000

Rp. 120,000

Rp. 720,000

Rp. 360,000

Rp. 1,980,000

Rp. 600,000

Rp. 720,000
Rp. 120,000
Rp.  130,000

Rp. 130,000


Rp.  600,000

Rp.  600,000

Rp.  3,600,000

Rp.  1,800,000

Rp.  9,900,000

Rp.  3,000,000

Rp.  3,600,000
Rp.  600,000
Rp.  650,000

Rp.  650,000
JUMLAH (V)
Rp. 25,000,000

EVALUASI DAN PELAPORAN
A. Dokumentasi
-Camera
- Handycame
B. Pelaporan
C. Penggandaan dan Pengiriman Laporan


1
1
1
5











Rp. 1,900,000
Rp. 2,600,000
Rp.    200,000
Rp.       60,000



Rp. 1,900,000
Rp. 2,600,000
Rp.     200,000
Rp.     300,000
     JUMLAH (VI)
Rp.     5,000,000
JUMLAH I + II + III + IV + V + VI
Rp, 205,000,000


Kepala Sekolah
SDN Kalipasir

SUGIYONO, S.Pd.I
NIP. 195104241977051001
BAB VII
KESIMPULAN DAN SARAN


              Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat dan hidayah-Nya, sehingga pelaksanaan kegiatan bantuan sosial (blockgrant) APBN P 2010 dapat berjalan lancar dan tanpa halangan suatu apapun.
              Dalam Pelaksanaan bantuan sosial (blockgrant) peningkatan mutu pembelajaran diperlukan kerja sama yang baik antara berbagai pihak. Pihak Sekolah, komite SDN Kalipasir, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Direktorat Pembinaan TK dan SD.
              Mudah-mudahan dengan adanya bantuan sosial (blockgrant) ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan khususnya  bagi SDN Kalipasir umumnya bagi bangsa Indonesia. Amin





No comments:

Post a Comment

ORMULIR PERMOHONAN REKOMENDASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19

  FORMULIR PERMOHONAN REKOMENDASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19         Leuwisadeng,...