Sunday, February 24, 2019

Contoh RPP KUM PKBM Yang Sesuai


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Lembaga                                 :           PKBM HADZIKIYAH
Alamat                                    :           Leuwisadeng
Program                                   :           KUM
Alokasi Waktu                        :           (2 JP x 60 Menit = 120 Menit)

A. KOMPETENSI INTI
K1-1                : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya sehingga dapat berperilaku dan memeiliki etika sebagai warga masyarakat yang baik.
K1-2                : Menguasai pengetahuan factual, konseptual, dan procedural tentang cara meningkatkan peran dan fungsi dalam kehidupan dimasyrakat dengan memanfaatkan peluang  sumber daya yang ada melalui aktifitas membaca, menulis, berbicara dan berhitung dalam Bahasa Indonesia.
KI-3                :  Mampu mengolah, menalar, dan menyaji pengetahuaan yang diperoleh dalam  peraktik untuk kemandirian berkarya dalam menjalankan peran dan fungsi dimasyrakat melalui aktifitas membaca, menulis, berbicara, dan berhitung dalam Bahasa Indonesia.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
1.1                   :   Meningkatkan rasa syukur dan keimanan pada tuhan yang maha esa atas potensi diri yang dimiliki
1.2.                  :     Menunjukan sikap jujur sebagai dasar dalam membangun hubungan sosial
1.3.                  : Menunjukan komitmen untuk membangun kebersamaan dalam mengembangkan peran dan fungsi dalam kehidupan dimasyrakat
           INDIKATOR
           1.1.1                : Melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianut
1.1.2                : Memiliki kepedulian terhadap sesama ditunjukan oleh respon yang dilakukan WB
1.2.1                : Bersikap terbuka dalam membangun hubungan sosial yang ditunjukan dengan perilaku baik dan mau menerima pendapat
1.2.2                : Bertanggungjawab dalam melakukan usaha mandiri
1.3.1                : Bersikap disiplin dalam menjalankan aktivitas sehari- hari yang berkaitan dengan usahan mandiri yang ditunjukan oleh pengelolaan waktu
1.3.2                :  Bekerja keras dalam melakukan usaha mandiri

C. MATERI PEMBELAJARAN
 - Teks penjelasan tentang jiwa kewirausahaan (motivasi, jujur, pantang menyerah, dsb)

D. PENDEKATAN DAN METODE
·           Pendekatan                  :           Sientific
·           Model Pembelajaran    :           Complete Sentence
·           Metode                        :           Ceramah, Tanya jawab, Menyanyi
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan


Pendahuluan
(15 Menit)



1.  Tutor dan WB Mengawali pembelajaran dengan berdoa (Membaca Al Fatihah) bersama kemudian mendata kehadiran WB
2.  Tutor memberitahukan tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari
3. Tutor melakukan apersepsi dengan tanya jawab untuk mengetahui pengetahuan awal materi yang akan disampaikan
3. WB menyebutkan macam- macam bidang usaha yang ada di lingkungan sekitar

Kegiatan Inti
(85 Menit)

1. Tutor menampilkan jenis- jenis usaha yang sedang berkembang dalam power point.
2. WB menyimak gambar usaha- usaha rumahan yang ditampilkan oleh tutor di dalam power point
3. WB menyimak video tentang kewirausahaan
4. Tutor memberikan motivasi tentang memulai usaha 
5. WB menyanyikan lagu “saya hebat”


Penutup
(20 menit)

1. WB dibimbing tutor untuk melakukan tanya jawab untuk meluruskan pemahaman yang diperoleh sesame WB
2.  WB secara lisan mengungkapkan minat usaha yang paling banyak diminati.
3. Tutor bersama WB meluruskan pemahaman
4. WBdan Tutor bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
5. Tutor memberikan tindak lanjut dengan memberikan tugas mandiri

F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber Pembelajaran
Ø  Bahan ajar KUM
    2. Media Pembelajaran
Ø  Gambar jenis- jenis usaha dan video

G. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
Ø  Penilaian Proses
               Menggunakan format pengamatan di dalam kegiatan pembelajaran sejak dari
               kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
Ø  Penilaian Hasil Belajar
               Menggunakan forum tanya jawab
           
2. Instrumen Penilaian
Ø  Penilaian Proses
-    Penilaian Kinerja

Ø  Penilaian Hasil Belajar
-          Pemahaman secara lisan

Bogor, 15 April 2018
Tutor

Sultoni Rahmat

1.      Format Penilaian Sikap


No

 Nama WB

Aspek Yang Dinilai

Jumlah
Nilai

Nilai

Peduli
Jujur
Disiplin
Pantang Menyerah






























Keterangan Skor
1.      Perlu Bimbingan
2.      Cukup
3.      Baik
4.      BaikSekali
SkorMaksimal : 16
Nilai  =

2.      Format PenilaianKinerja


No

Nama WB
Aspek Yang Dinilai

Jumlah
Nilai

Nilai

KerjaSama

Keaktifan
Tanggung
Jawab
Ketepatan
Menjawab








































Keterangan Skor
1.      Perlu Bimbingan
2.      Cukup
3.      Baik
4.      BaikSekali
SkorMaksimal : 16
Nilai  =


No comments:

Post a Comment

ORMULIR PERMOHONAN REKOMENDASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19

  FORMULIR PERMOHONAN REKOMENDASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19         Leuwisadeng,...