RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Lembaga : PKBM HADZIKIYAH
Alamat : Leuwisadeng
Program
: KUM
Alokasi Waktu : (2 JP x 60 Menit = 120 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
K1-1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya sehingga
dapat berperilaku dan memeiliki etika sebagai warga masyarakat yang baik.
K1-2 :
Menguasai pengetahuan factual, konseptual, dan procedural tentang cara
meningkatkan peran dan fungsi dalam kehidupan dimasyrakat dengan memanfaatkan
peluang sumber daya yang ada melalui
aktifitas membaca, menulis, berbicara dan berhitung dalam Bahasa Indonesia.
KI-3 : Mampu mengolah, menalar, dan menyaji
pengetahuaan yang diperoleh dalam
peraktik untuk kemandirian berkarya dalam menjalankan peran dan fungsi
dimasyrakat melalui aktifitas membaca, menulis, berbicara, dan berhitung dalam
Bahasa Indonesia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI
DASAR
1.1 : Meningkatkan rasa syukur dan keimanan pada
tuhan yang maha esa atas potensi diri yang dimiliki
1.2.
: Menunjukan sikap jujur sebagai dasar dalam
membangun hubungan sosial
1.3.
: Menunjukan komitmen
untuk membangun kebersamaan dalam mengembangkan peran dan fungsi dalam
kehidupan dimasyrakat
INDIKATOR
1.1.1 : Melaksanakan ajaran agama dan
kepercayaan yang dianut
1.1.2 :
Memiliki kepedulian terhadap sesama ditunjukan oleh respon yang dilakukan WB
1.2.1 :
Bersikap terbuka dalam membangun hubungan sosial yang ditunjukan dengan perilaku
baik dan mau menerima pendapat
1.2.2
: Bertanggungjawab dalam
melakukan usaha mandiri
1.3.1 :
Bersikap disiplin dalam menjalankan aktivitas sehari- hari yang berkaitan
dengan usahan mandiri yang ditunjukan oleh pengelolaan waktu
1.3.2
: Bekerja keras dalam melakukan usaha mandiri
C.
MATERI PEMBELAJARAN
- Teks penjelasan tentang jiwa kewirausahaan (motivasi, jujur, pantang
menyerah, dsb)
D.
PENDEKATAN DAN METODE
·
Pendekatan : Sientific
·
Model
Pembelajaran : Complete Sentence
·
Metode : Ceramah, Tanya jawab,
Menyanyi
E.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Pendahuluan
(15 Menit)
|
1.
Tutor dan WB Mengawali
pembelajaran dengan berdoa (Membaca Al Fatihah) bersama kemudian mendata
kehadiran WB
2.
Tutor memberitahukan tujuan
pembelajaran dan materi yang akan dipelajari
3. Tutor
melakukan apersepsi dengan tanya jawab untuk mengetahui pengetahuan awal
materi yang akan disampaikan
3. WB
menyebutkan macam- macam bidang usaha yang ada di lingkungan sekitar
|
Kegiatan Inti
(85 Menit)
|
1. Tutor
menampilkan jenis- jenis usaha yang sedang berkembang dalam power point.
2. WB menyimak
gambar usaha- usaha rumahan yang ditampilkan oleh tutor di dalam power point
3. WB menyimak
video tentang kewirausahaan
4. Tutor
memberikan motivasi tentang memulai usaha
5. WB
menyanyikan lagu “saya hebat”
|
Penutup
(20 menit)
|
1. WB dibimbing tutor untuk melakukan tanya jawab untuk meluruskan
pemahaman yang diperoleh sesame WB
2. WB secara lisan mengungkapkan minat usaha
yang paling banyak diminati.
3. Tutor bersama
WB meluruskan pemahaman
4. WBdan Tutor
bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
5. Tutor
memberikan tindak lanjut dengan memberikan tugas mandiri
|
F.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Sumber Pembelajaran
Ø Bahan ajar KUM
2. Media
Pembelajaran
Ø Gambar jenis- jenis usaha dan video
G.
PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
Ø Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan di dalam
kegiatan pembelajaran sejak dari
kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
Ø Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan forum tanya jawab
2. Instrumen Penilaian
Ø Penilaian Proses
- Penilaian
Kinerja
Ø Penilaian Hasil Belajar
-
Pemahaman secara lisan
Bogor,
15 April 2018
Tutor
Sultoni Rahmat
1. Format Penilaian Sikap
No
|
Nama WB
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Jumlah
Nilai
|
Nilai
|
|||
|
Peduli
|
Jujur
|
Disiplin
|
Pantang Menyerah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Skor
1. Perlu Bimbingan
2. Cukup
3. Baik
4. BaikSekali
SkorMaksimal
: 16
Nilai =
2.
Format PenilaianKinerja
No
|
Nama WB
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Jumlah
Nilai
|
Nilai
|
|||
|
KerjaSama
|
Keaktifan
|
Tanggung
Jawab
|
Ketepatan
Menjawab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Skor
1. Perlu Bimbingan
2. Cukup
3. Baik
4. BaikSekali
SkorMaksimal
: 16
Nilai =
No comments:
Post a Comment