Sunday, February 24, 2019

Proposal atau Permohonan Bantuan Perpustakaan dan Perlengkapannya



Nomor             :  421.2/016-10/X/2013                                             Kalipasir, 14 Oktober2013
Lampiran         : 1 (satu) Berkas
Perihal             : Permohonan Bantuan
                                                    Perpustakaan dan perlengkapannya

Yang Terhormat
Bp. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bogor
Cq. Kabag Sarana dan Prasarana


Sehubungan dengan kondisi sekolah kami sangat membutuhkan sarana Perpustkaan untuk peningkatan mutu pendidikan, dengan hormat kami mengajukan permohonan untuk mendapatkan bantuan  yang kami maksud.

Berdasarkan ini kami sampaikan Proposal Permohonan  serta data pendukung lainnya untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan.

Atas perhatian Bapak, kami sampaikan terima kasih.

Kalipasir, 14 Oktober2013
Mengetahui                                                                 Kepala Sekolah
Ketua Komite                                                            


M. YUSUP                                                                  SARIPUDIN, S.Pd.I.MM
                                                                                    NIP 196206101984121002





BAB I
PENDAHULUAN


A. LATAR
BELAKANG DAN PERMASALAHAN

Kebijakan pembangunan pendidikan adalah mengembangkan kualitas Sumber
Daya Manusia (SDM) sedini mungkin secara terarah, terpadu dan menyeluruh melalui berbagai upaya proaktif dari seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal disertai dengan dukungan dari lingkungan sendiri sesuai dengan potensinya.
Untuk memperoleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas baik dibidang ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK) maupun iman dan takwa (IMTAK) dibutuhkannya sarana dan prasarana yang memadai dan representatif serta pembinaan yang berkualitas dan kontiyu, dengan demikian maka proses pembinaan kegiatan intrakrikuler dan ekstrakurikuler akan berlangsung dengan baik.

Sekolah Dasar Negeri Kalipasir sekarang ini sedang berusaha mengadakan pembinaan intra dan eksrakurikuler secara terarah dan kontiyu. Namun. Dalam pelaksanaannya ternyata dihadapkan kepada permasalahan klasik yakni kurangnya sarana prasarana dan dana yang mendukung. Hal ini disebabkan karena apabila kekurang mampuan secara materi baik pada pihak itu sendiri maupun pada pihak masyarakat dalam hal ini orang tua siswa.
Dari hal itu kami berusa mencari solusinya dengan cara mengajukan permohonan bantuan Perpustakaan. Dengan harapan bantuan fiansial kami terima dan pihak kami (sekolah) mampu melaksanaka tugas dan fungsinya secara efektif dan efesien, tanpa adanya suatu kendala yang dapat menghambat peningkatan mutu pendidikan dan kualitas pendidikan.


B. TUJUAN

Perpustakaan sekolah bertujuan untuk dapat memperlancar upaya peningkatan mutu pendidikan Sekolah Dasar, Pengetahuan, Wawasan, kemampuan dan keterampilan profesional bagi tenaga kepaendidikan dalam meningkatkan mutu kegiatan proses belajar mengajar dengan menggunakan segala sumber daya dan potensi yang dimiliki oleh serkolah yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidika siswa.

Dengan adanya perpustakaan di Sekolah Dasar Negeri Kalipasir diharapkan dapat berfungsi sebagai :

     1. Wadah penyebaran informasi, inofasi dan pembinaan tenaga pendidik
     2. Wahana pembinaan propesional bagi tenaga pendidik.
     3. Upaya meningkatan kordinasi, partisifasi masyarakat dan orang tuasiswa dalam meningkatkan peran serta mereka dalam membantu penyelenggaraan pendidkan.
     4. Menumbuhkembangkan semangat kerjasama secara kompetitif dikalangan tenaga kependidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan.







C. SASARAN DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

Setelah ada sarana perpustakaan hasil yang diharapkan akan diperoleh sekolah kami, adalah :

     1. Terciptanya sekolah yang menunjang lancarnya suatu proses belajar mengajar,
     2. Terpupuknya jiwa persatuan dan kesetaraan serta menumbuhkembangkan rasa percaya diri dalam menghadapi tugas dan kewajiban sebagai guru dan kepala sekolah,
     3. Melaksanakan kegiatan pertemuan para guru dan kepala sekolah dan orangtua siswa (komite sekolah)
     4. Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan dipihak sekolah dan lingkungan masyarakat atau para orang tua siswa,
     5. Memacu guru dan kepala sekolah untuk selalu belajar meningkatkan mutu dan tugas, serta tanggung jawab masing – masing.




































BAB II
VISI, MISI DAN
TUJUAN SDN KALIPASIR

A.   Visi
       Visi SD Negeri Kalipasir adalah
·          Terwujudnya siswa yang bertaqwa, cerdas, kreatif, dan inovatif unggul dalam prestasi.

B.      Misi
Misi SD Negeri  Kalipasir adalah : 

o   Menyelenggarakan pembelajaran yang efektif, kreatif dan inovatif
o   Menyelenggarakan pendidikan jasmani dan kesehatan secara optimal
o   Membiasakan berperilaku terpuji sesuai dengan tuntunan agama.

  1.  Tujuan
Tujuan SDN Kalipasir adalah :

o   Menjadikan SDN Kalipasir sarat dengan prestasi khususnya ditingkat kecamatan Leuwisadeng
o   Menjadikan suri tauladan bagi sekolah lain dalam pelaksanaan tata tertib sekolah, disiplin, dan etos kerja
o   Menghasilkan lulusan yang menjadi harapan khususnya orang tua siswa umumnya masyarakat Leuwisadeng
o   Menumbuhkan minat belajar warga sekolah dan masyarakat sekitar
o   Menumbuhkan minat masyarakat sekitar akan pentingnya pendidikan
o   Menumbuh kembangkan sikap terpuji dan patuh mengamalkan ajaran agama











BAB III
RENCANA PROGRAM DAN RENCANA ANGGARAN/PELAKSANAAN




A.    Rencana Program

Bertitik tolak pada tujuan pendidikan Nasional serta dengan memperhatikan kendala yang dihadapi untuk mencapai tujuan, kami berupaya untuk mengotimalkan program Pembangunan Perpustakaan SD Negeri  Kalipasir ini sehingga dapat mendukung terlaksananya kegiatan proses belajar mengajar bagi guru dan peserta didik.

Adapun rencana program yang akan dilaksanakan antara lain :
1. Membangun ruangan Perpustakaan SD  Negeri  Kalipasir
2. Pengadaan meubeler Perpustakaan
4. Pengadaan Buku Reperensi dan alat TIK Perpustakaan

B.      Rencana Pelaksanaan

Untuk mencapai hasil yang optimal dan berkualitas diharapkan pelaksanaan pembangunan Perpustakaan tidak berorientasi mencari keuntungan finasial semata, tetapi harus mengarah pada kualitas hasil pekerjaan.
Oleh karena itu, sebagai langkah awal dibentuk Panitia Pembangunan Perpustakaan yang melibatkan semua unsur-unsurnya terkait, yang terdiri dari unsure Wali/Orang Tua Murid dalam wadah Komite Sekolah, pimpinan sekolah dan masyarakat , sehingga program ini dapat berjalan lancar, efektif dan efisien serta transparan (terbuka).
























pemda bogorPEMERINTAH KABUPATEN BOGOR
DINAS PENDIDIKAN
UPT PENDIDIKAN TK/SD KECAMATAN LEUWISADENG
SEKOLAH DASAR NEGERI KALIPASIR
Alamat : Jln. Raya Hambaro Kec. Leuwisadeng Kab. Bogor. Kode Pos 16640
 



PROFIL SEKOLAH


  1. Nama Sekolah                         : SDN Kalipasir
Jalan                                        : Jl. Raya Hambaro
Desa                                        : Leuwisadeng
Kecamatan                               : Leuwisadeng
Kabupaten                               : Bogor
  1. Tahun Didirikan                      : 1983
  2. Tahun Beroperasi                    : 1983
  3. Status tanah                             : Hak milik
  4. Jumlah siswa tiga tahun terakhir
Kelas
Jumlah siswa
2011/2012
2012/2013
2013/2014
I
50
56
44
II
62
50
55
III
72
60
48
IV
47
71
60
V
51
47
71
VI
49
50
46
Jumlah
331
334
324

  1. Jumlah Rombongan Belajar
Kelas I                         : 2 Rombongan Belajar
Kelas II                                    : 2 Rombongan Belajar
Kelas III                       : 2 Rombongan Belajar
Kelas IV                      : 2 Rombongan Belajar
Kelas V                                    : 2 Rombongan Belajar
Kelas VI                      : 2 Rombongan Belajar

  1. Data Ruang Kelas
Ruang Kelas I              : Ruang dengan kondisi Baik
Ruang Kelas II             : Ruang dengan kondisi Baik
Ruang Kelas III                        : Ruang dengan kondisi Baik
Ruang Kelas IV                       : Ruang dengan kondisi rusak ringan
Ruang Kelas V             : Ruang dengan kondisi rusak ringan
Ruang Kelas VI                       : Ruang dengan kondisi rusak ringan

  1. Data Bangunan / Ruang lainnya
1.      Kantor Kepala sekolah dan guru                : Ada
2.      WC guru                                                    : Ada
3.      WC Murid                                                  : Tidak ada

  1. Data Guru
No
Status guru
Tingkat Pendidikan
SLTA
D1
D2
D3
S1
S2
S3
1.
Guru Tetap


2

2
1

2.
Guru Tidak Tetap







3.
Guru Bantu







4.
Guru Sukwan
3
2
1




5.
Tata usaha








Jumlah
3
2
3

2
1









KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

1.      Kegiatan Belajar Mengajar dan Hasil Belajar
No
Mata Pelajaran
Proporsi Pembelajaran
Hasil Belajar
Teori
Praktek
Ketuntasan Belajar
Remedial
Pengayaan
(%)
(%)
(%)
(%)
(%)
1
Pendidikan Agama
80
20
100
20
80
2
PKn
60
40
100
10
90
3
Bahasa Indonesia
70
30
100
10
90
4
Matematika
50
50
100
40
60
5
IPA
50
50
100
20
80
6
IPS
70
30
100
20
80
7
SBK
40
60
100
-
100
8
Penjaskes
30
70
100
-
100
9
Mulok
a. B. Sunda
50
50
100
40
60
b. B. Inggris
90
10
100
40
60





2.      Implementasi Kegiatan Hasil Kegiatan
No
Jenis Pembelajaran Konektif
Pelaksana
Seluruh
Sebagian
1
Penjaskes
2
IPA





3.      Kerjasama dalam penilaian digugus
No
Jenis Penilaian
Bentuk Kerja Sama
1
Tertulis
Penyusunan RPP Bersama
2
Lisan
Diskusi Tutor Praktek Sebaya
3
Expremen
-
4
Sikap
-
5
Pengamatan
-






4.      Kegiatan Pendidikan Anak Seutuhnya
No
Jenis Penilian
Waktu Peaksanaan
Waktu
Peserta
1
Pramuka
1 Minggu Sekali
Kelas III-VI
2
Latihan Seni Budaya
1 Minggu Sekali
Kelas III-VI
3
Pesantren Kilat
1 Tahun Sekali
Semua Siswa
4
Olahraga
1 Minggu Sekali
Kelas III-VI


5.      Hambatan dalam Pelaksanaan KBM Penilaian
Kurangnya Sarana dan Prasaran
1.      Buku Paket kelas I – VI
2.      Gedung tidak memadai
3.      Mebeler

B.     MANAJEMEN
1.      Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
No
Kegiatan
Perencanaan
Pelaksanaan
Pelaporan
Ket
Ada
Tidak
(%)
Ada
Tidak
1
Kurikulum/Pengajaran
-
100
-
2
Kemuridan
-
100
-
3
Kepegawaian
-
100
-
4
Keuangan
-
100
-
5
Sarana / Prasarana
-
60
-
6
Hubungan dengan Masyarakat
-
100
-

2.      Standar Pelayanan Minimal
No
Kompenen
Indikator
Ket
1
Kurukulum
1.       Keterlaksanaan Kurikulum Nasional
2.       Keterlaksanaan Kurikulum Lokal
3.       Daya Serap Kurikulum Nasional
4.       Daya Serap Kurikulum Lokal
100 %
100 %
100 %
100 %
2
Anak Didik
1.       Survival Rate
2.       Kelulusan
-
100 %
3
Keuangan
1.       Anggaran Pemerintah Pusat
2.       Anggaran Pemerintah Provinsi
3.       Anggaran Pemerintah Kabuapten
4.       Anggaran Swadaya
Ada / Tidak Ada
Ada / Tidak Ada
Ada / Tidak Ada
Ada / Tidak Ada
4
Manjemen Sekolah
1.       Tingkat Kehadiran Guru
2.       Tingkat Kehadiran Tenaga Kependidikan
3.       Tingkat Kehadiran Siswa
4.       Tertib Adminstrasi
98 %
98 %
95 &
98 %
5
Peran Serta
1.       Dukungan komite sekolah
2.       Perhatian orang tua
3.       Peran serta tokoh masyarakat
4.       Peran serta dunia usaha
Ada
Ada
Ada
Ada


3.      Perkembangan Siswa
No
Kelas
2011/2012
2012/2013
2013/2014
L
P
JML
L
P
JML
L
P
JML
1
I
31
19
50
26
30
56
27
17
44
2
II
38
24
62
31
19
50
26
29
55
3
III
33
39
72
37
23
60
28
20
48
4
IV
30
17
47
33
38
71
35
25
60
5
V
25
26
51
30
17
47
33
38
71
6
VI
24
25
49
24
26
50
29
17
46
JUMLAH
181
150
331
181
153
334
178
146
324
ROMBEL
12
12
12


4.      Jumlah Murid yang mendaftar dan diterima dikelas I
No
Keterangan
2011/2012
2012/2013
2013/2014
L
P
JML
L
P
JML
L
P
JML
1
Pendaftar
30
18
48
24
30
54
25
16
41
2
Diterima
30
18
48
24
30
54
25
16
41


        5.      Jumlah anak putus sekolah
No
Kelas
2011/2012
2012/2013
2013/2014

L
P
JML
L
P
JML
L
P
JML

1
I
-
-
-
-
-
-
-
-
-

2
II
-
-
-
-
-
-
-
-
-

3
III
-
-
-
-
-
-
-
-
-

4
IV
-
-
-
-
-
-
-
-
-

5
V
-
-
-
1
-
1
-
-
-

6
VI
-
-
-
-
-
-
-
-
-

JUMLAH
-
-
-
1
-
1
-
-
-


6.      Jumlah Anak Mengulang Kelas
No
Kelas
2010/2011
2011/2012
2012/2013
L
P
JML
L
P
JML
L
P
JML
1
I
2
-
2
2
-
2
1
-
1
2
II
1
-
1
1
1
2
2
-
2
3
III
-
-
-
-
-
-
-
-
-
4
IV
-
-
-
-
-
-
-
-
-
5
V
-
-
-
-
-
-
-
-
-
6
VI
-
-
-
-
-
-
-
-
-

7.      Kondisi Guru
a. Jumlah Guru      : 12 Orang
b. Laki-Laki           :  6 Orang
c. Perempuan         :  6 Orang




8.      Pendidikan Terakhir Guru
No
Pendidikan Akhir
Jumlah
Tingkat
Jumlah
PNS
GTT
1
S.2
1
1
-
2
S.I
8
6
2
3
D.III
-
-
-
4
D.II
-
-
-
5
SLTA
3
-
3






C.     SARANA DAN PRASARANA

1.      Kondisi ruang dan lahan
No
Jenis Sarana / Prasaran
Keadaan
Fungsi
Jmlh
Baik
Rusak
Digunakan
Tidak Digunakan
1
Kelas ruang belajar
-
-
7
2
Ruang kepala sekolah
-
-
-
1
3
Ruang guru
-
-
-
-
-
4
Perpustakaan
-
-
-
-
-
5
Laburatorium
-
-
-
-
-
6
Ruang UKS
-
-
-
-
-
7
WC guru
-
-
1
8
WC murid
-
-
1
9
Ruang ibadah
-
-
-
-
-
10
Ruang pusat kegiatan
-
-
-
-
-
11
Ruang KKG
-
-
-
-
-

2.      Perabot ruang belajar
No
Jenis Perlengkapan
Keadaan
Fungsi
Jmlh
Baik
Rusak
Digunakan
Tidak Digunakan
1
Kursi
190
100
-
290
2
Meja
200
90
-
290
3
Papan Tulis
5
2
-
7
4
Papan Absen
-
7
-
7
5
Papan Inventaris
-
-
-
-
-
6
Lemari
6
1
-
7
7
Rak Buku
-
-
-
-
-





3.      Media Pembelajaran
No
Jenis Media
Keadaan
Fungsi
Jmlh
Baik
Rusak
Digunakan
Tidak Digunakan
1
CD Pembelajaran
1
-
-
1
2
Wairless
1
-
-
1






4.      Alat Peraga Mata Pelajaran
No
Jenis Media
Keadaan
Fungsi
Jmlh
Baik
Rusak
Digunakan
Tidak Digunakan
1
CD Pembelajaran
1
-
-
1
2
Wairless
1
-
-
1





D.     PARTISIPASI MASYARAKAT KE SEKOLAH
Memberikan dukungan program-program sekolah, baik program jangka pendek maupun program jangka panjang.



Kalipasir, 14 Oktober 2013
Kepala SD Negeri Kalipasir




SARIPUDIN, S.Pd.I.MM
NIP. 196206101984121002












BAB V
PENUTUP



Demikian proposal rencana ini disusun sebagai sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak yang berniat untuk berpartisipasi memberi dukungan, baik moril mapun materil, demi terwujudnya rencana tersebut.
Dengan segala kerendahan hati kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak agar terlaksananya rencana ini.









Kalipasir, 14 Oktober 2013


Mengetahui                                                                 Kepala SD Negeri Kalipasir
Ketua Komite


M. YUSUP                                                                    SARIPUDIN, S.Pd.I.MM
   NIP 196206101984121002


2 comments:

ORMULIR PERMOHONAN REKOMENDASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19

  FORMULIR PERMOHONAN REKOMENDASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19         Leuwisadeng,...