Nomor : 421.2/016-10/X/2013 Kalipasir,
14 Oktober2013
Lampiran : 1 (satu) Berkas
Perihal : Permohonan Bantuan
Lampiran : 1 (satu) Berkas
Perihal : Permohonan Bantuan
Perpustakaan
dan perlengkapannya
Yang Terhormat
Bp. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bogor
Bp. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bogor
Cq. Kabag Sarana dan Prasarana
Sehubungan dengan kondisi sekolah kami sangat membutuhkan sarana Perpustkaan untuk peningkatan mutu pendidikan, dengan hormat kami mengajukan permohonan untuk mendapatkan bantuan yang kami maksud.
Berdasarkan ini kami sampaikan
Proposal Permohonan serta data pendukung lainnya untuk digunakan
sebagai bahan pertimbangan.
Atas perhatian Bapak, kami sampaikan
terima kasih.
Kalipasir, 14 Oktober2013
Mengetahui Kepala
Sekolah
Ketua
Komite
M. YUSUP SARIPUDIN,
S.Pd.I.MM
NIP
196206101984121002
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG DAN PERMASALAHAN
Kebijakan pembangunan pendidikan adalah mengembangkan kualitas Sumber
Daya Manusia (SDM) sedini mungkin secara terarah, terpadu dan menyeluruh melalui berbagai upaya proaktif dari seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal disertai dengan dukungan dari lingkungan sendiri sesuai dengan potensinya.
Untuk memperoleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas baik dibidang ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK) maupun iman dan takwa (IMTAK) dibutuhkannya sarana dan prasarana yang memadai dan representatif serta pembinaan yang berkualitas dan kontiyu, dengan demikian maka proses pembinaan kegiatan intrakrikuler dan ekstrakurikuler akan berlangsung dengan baik.
Sekolah Dasar Negeri Kalipasir sekarang ini sedang berusaha mengadakan pembinaan intra dan eksrakurikuler secara terarah dan kontiyu. Namun. Dalam pelaksanaannya ternyata dihadapkan kepada permasalahan klasik yakni kurangnya sarana prasarana dan dana yang mendukung. Hal ini disebabkan karena apabila kekurang mampuan secara materi baik pada pihak itu sendiri maupun pada pihak masyarakat dalam hal ini orang tua siswa. Dari hal itu kami berusa mencari solusinya dengan cara mengajukan permohonan bantuan Perpustakaan. Dengan harapan bantuan fiansial kami terima dan pihak kami (sekolah) mampu melaksanaka tugas dan fungsinya secara efektif dan efesien, tanpa adanya suatu kendala yang dapat menghambat peningkatan mutu pendidikan dan kualitas pendidikan.
B. TUJUAN
Perpustakaan sekolah bertujuan untuk dapat memperlancar upaya peningkatan mutu pendidikan Sekolah Dasar, Pengetahuan, Wawasan, kemampuan dan keterampilan profesional bagi tenaga kepaendidikan dalam meningkatkan mutu kegiatan proses belajar mengajar dengan menggunakan segala sumber daya dan potensi yang dimiliki oleh serkolah yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidika siswa.
Dengan adanya perpustakaan di Sekolah Dasar Negeri Kalipasir diharapkan dapat berfungsi sebagai :
1. Wadah
penyebaran informasi, inofasi dan pembinaan tenaga pendidik
2. Wahana
pembinaan propesional bagi tenaga pendidik.
3. Upaya
meningkatan kordinasi, partisifasi masyarakat dan orang tuasiswa dalam
meningkatkan peran serta mereka dalam membantu penyelenggaraan pendidkan.
4. Menumbuhkembangkan
semangat kerjasama secara kompetitif dikalangan tenaga kependidikan untuk
meningkatkan mutu pendidikan.
C. SASARAN DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Setelah ada sarana perpustakaan
hasil yang diharapkan akan diperoleh sekolah kami, adalah :
1. Terciptanya
sekolah yang menunjang lancarnya suatu proses belajar mengajar,
2. Terpupuknya
jiwa persatuan dan kesetaraan serta menumbuhkembangkan rasa percaya diri dalam
menghadapi tugas dan kewajiban sebagai guru dan kepala sekolah,
3. Melaksanakan
kegiatan pertemuan para guru dan kepala sekolah dan orangtua siswa (komite
sekolah)
4. Menumbuhkan
rasa kebersamaan dan kekeluargaan dipihak sekolah dan lingkungan masyarakat
atau para orang tua siswa,
5. Memacu guru dan
kepala sekolah untuk selalu belajar meningkatkan mutu dan tugas, serta tanggung
jawab masing – masing.
BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN SDN KALIPASIR
VISI, MISI DAN TUJUAN SDN KALIPASIR
A.
Visi
Visi SD Negeri Kalipasir adalah :
·
Terwujudnya siswa yang bertaqwa,
cerdas, kreatif, dan inovatif unggul dalam prestasi.
B.
Misi
Misi SD Negeri Kalipasir adalah :
Misi SD Negeri Kalipasir adalah :
o
Menyelenggarakan
pembelajaran yang efektif, kreatif dan inovatif
o
Menyelenggarakan
pendidikan jasmani dan kesehatan secara optimal
o
Membiasakan
berperilaku terpuji sesuai dengan tuntunan agama.
- Tujuan
Tujuan SDN Kalipasir adalah :
o
Menjadikan SDN
Kalipasir sarat dengan prestasi khususnya ditingkat kecamatan Leuwisadeng
o
Menjadikan suri
tauladan bagi sekolah lain dalam pelaksanaan tata tertib sekolah, disiplin, dan
etos kerja
o
Menghasilkan
lulusan yang menjadi harapan khususnya orang tua siswa umumnya masyarakat
Leuwisadeng
o
Menumbuhkan minat
belajar warga sekolah dan masyarakat sekitar
o
Menumbuhkan minat
masyarakat sekitar akan pentingnya pendidikan
o
Menumbuh
kembangkan sikap terpuji dan patuh mengamalkan ajaran agama
BAB III
RENCANA PROGRAM DAN RENCANA ANGGARAN/PELAKSANAAN
RENCANA PROGRAM DAN RENCANA ANGGARAN/PELAKSANAAN
A. Rencana
Program
Bertitik tolak pada tujuan pendidikan Nasional serta dengan memperhatikan kendala yang dihadapi untuk mencapai tujuan, kami berupaya untuk mengotimalkan program Pembangunan Perpustakaan SD Negeri Kalipasir ini sehingga dapat mendukung terlaksananya kegiatan proses belajar mengajar bagi guru dan peserta didik.
Adapun rencana program yang akan dilaksanakan antara lain :
1. Membangun ruangan Perpustakaan SD Negeri Kalipasir
Bertitik tolak pada tujuan pendidikan Nasional serta dengan memperhatikan kendala yang dihadapi untuk mencapai tujuan, kami berupaya untuk mengotimalkan program Pembangunan Perpustakaan SD Negeri Kalipasir ini sehingga dapat mendukung terlaksananya kegiatan proses belajar mengajar bagi guru dan peserta didik.
Adapun rencana program yang akan dilaksanakan antara lain :
1. Membangun ruangan Perpustakaan SD Negeri Kalipasir
2. Pengadaan meubeler Perpustakaan
4. Pengadaan Buku Reperensi dan alat TIK Perpustakaan
4. Pengadaan Buku Reperensi dan alat TIK Perpustakaan
B. Rencana
Pelaksanaan
Untuk mencapai hasil yang optimal dan berkualitas diharapkan pelaksanaan pembangunan Perpustakaan tidak berorientasi mencari keuntungan finasial semata, tetapi harus mengarah pada kualitas hasil pekerjaan.
Oleh karena itu, sebagai langkah awal dibentuk Panitia Pembangunan Perpustakaan yang melibatkan semua unsur-unsurnya terkait, yang terdiri dari unsure Wali/Orang Tua Murid dalam wadah Komite Sekolah, pimpinan sekolah dan masyarakat , sehingga program ini dapat berjalan lancar, efektif dan efisien serta transparan (terbuka).
Untuk mencapai hasil yang optimal dan berkualitas diharapkan pelaksanaan pembangunan Perpustakaan tidak berorientasi mencari keuntungan finasial semata, tetapi harus mengarah pada kualitas hasil pekerjaan.
Oleh karena itu, sebagai langkah awal dibentuk Panitia Pembangunan Perpustakaan yang melibatkan semua unsur-unsurnya terkait, yang terdiri dari unsure Wali/Orang Tua Murid dalam wadah Komite Sekolah, pimpinan sekolah dan masyarakat , sehingga program ini dapat berjalan lancar, efektif dan efisien serta transparan (terbuka).
PEMERINTAH KABUPATEN
BOGOR
DINAS PENDIDIKAN
UPT
PENDIDIKAN TK/SD KECAMATAN LEUWISADENG
SEKOLAH DASAR NEGERI KALIPASIR
Alamat
: Jln. Raya
Hambaro Kec. Leuwisadeng Kab. Bogor. Kode Pos 16640
PROFIL SEKOLAH
- Nama Sekolah : SDN Kalipasir
Jalan : Jl.
Raya Hambaro
Desa :
Leuwisadeng
Kecamatan : Leuwisadeng
Kabupaten : Bogor
- Tahun Didirikan : 1983
- Tahun Beroperasi : 1983
- Status tanah : Hak milik
- Jumlah siswa tiga tahun
terakhir
Kelas
|
Jumlah siswa
|
||
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
|
I
|
50
|
56
|
44
|
II
|
62
|
50
|
55
|
III
|
72
|
60
|
48
|
IV
|
47
|
71
|
60
|
V
|
51
|
47
|
71
|
VI
|
49
|
50
|
46
|
Jumlah
|
331
|
334
|
324
|
- Jumlah Rombongan Belajar
Kelas
I : 2 Rombongan
Belajar
Kelas
II : 2
Rombongan Belajar
Kelas
III : 2 Rombongan
Belajar
Kelas
IV : 2 Rombongan Belajar
Kelas
V : 2
Rombongan Belajar
Kelas
VI : 2 Rombongan
Belajar
- Data Ruang Kelas
Ruang
Kelas I : Ruang dengan
kondisi Baik
Ruang
Kelas II : Ruang dengan
kondisi Baik
Ruang
Kelas III : Ruang
dengan kondisi Baik
Ruang
Kelas IV : Ruang
dengan kondisi rusak ringan
Ruang
Kelas V : Ruang dengan kondisi
rusak ringan
Ruang
Kelas VI : Ruang
dengan kondisi rusak ringan
- Data Bangunan / Ruang lainnya
1.
Kantor Kepala sekolah dan guru : Ada
2.
WC guru : Ada
3.
WC Murid : Tidak ada
- Data Guru
No
|
Status guru
|
Tingkat
Pendidikan
|
||||||
SLTA
|
D1
|
D2
|
D3
|
S1
|
S2
|
S3
|
||
1.
|
Guru Tetap
|
|
|
2
|
|
2
|
1
|
|
2.
|
Guru Tidak Tetap
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Guru Bantu
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Guru Sukwan
|
3
|
2
|
1
|
|
|
|
|
5.
|
Tata usaha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
3
|
2
|
3
|
|
2
|
1
|
|
KEGIATAN BELAJAR
MENGAJAR
1. Kegiatan
Belajar Mengajar dan Hasil Belajar
No
|
Mata Pelajaran
|
Proporsi Pembelajaran
|
Hasil Belajar
|
|||
Teori
|
Praktek
|
Ketuntasan Belajar
|
Remedial
|
Pengayaan
|
||
(%)
|
(%)
|
(%)
|
(%)
|
(%)
|
||
1
|
Pendidikan Agama
|
80
|
20
|
100
|
20
|
80
|
2
|
PKn
|
60
|
40
|
100
|
10
|
90
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
70
|
30
|
100
|
10
|
90
|
4
|
Matematika
|
50
|
50
|
100
|
40
|
60
|
5
|
IPA
|
50
|
50
|
100
|
20
|
80
|
6
|
IPS
|
70
|
30
|
100
|
20
|
80
|
7
|
SBK
|
40
|
60
|
100
|
-
|
100
|
8
|
Penjaskes
|
30
|
70
|
100
|
-
|
100
|
9
|
Mulok
|
|||||
a. B. Sunda
|
50
|
50
|
100
|
40
|
60
|
|
b. B. Inggris
|
90
|
10
|
100
|
40
|
60
|
2. Implementasi
Kegiatan Hasil Kegiatan
No
|
Jenis Pembelajaran
Konektif
|
Pelaksana
|
|
Seluruh
|
Sebagian
|
||
1
|
Penjaskes
|
√
|
|
2
|
IPA
|
√
|
|
3. Kerjasama
dalam penilaian digugus
No
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Kerja Sama
|
1
|
Tertulis
|
Penyusunan RPP Bersama
|
2
|
Lisan
|
Diskusi Tutor Praktek
Sebaya
|
3
|
Expremen
|
-
|
4
|
Sikap
|
-
|
5
|
Pengamatan
|
-
|
4. Kegiatan
Pendidikan Anak Seutuhnya
No
|
Jenis Penilian
|
Waktu Peaksanaan
|
|
Waktu
|
Peserta
|
||
1
|
Pramuka
|
1 Minggu Sekali
|
Kelas III-VI
|
2
|
Latihan Seni Budaya
|
1 Minggu Sekali
|
Kelas III-VI
|
3
|
Pesantren Kilat
|
1 Tahun Sekali
|
Semua Siswa
|
4
|
Olahraga
|
1 Minggu Sekali
|
Kelas III-VI
|
5. Hambatan
dalam Pelaksanaan KBM Penilaian
Kurangnya Sarana dan Prasaran
1. Buku
Paket kelas I – VI
2. Gedung
tidak memadai
3. Mebeler
B. MANAJEMEN
1. Manajemen
Berbasis Sekolah (MBS)
No
|
Kegiatan
|
Perencanaan
|
Pelaksanaan
|
Pelaporan
|
Ket
|
||
Ada
|
Tidak
|
(%)
|
Ada
|
Tidak
|
|||
1
|
Kurikulum/Pengajaran
|
√
|
-
|
100
|
√
|
-
|
|
2
|
Kemuridan
|
√
|
-
|
100
|
√
|
-
|
|
3
|
Kepegawaian
|
√
|
-
|
100
|
√
|
-
|
|
4
|
Keuangan
|
√
|
-
|
100
|
√
|
-
|
|
5
|
Sarana / Prasarana
|
√
|
-
|
60
|
√
|
-
|
|
6
|
Hubungan dengan Masyarakat
|
√
|
-
|
100
|
√
|
-
|
2. Standar
Pelayanan Minimal
No
|
Kompenen
|
Indikator
|
Ket
|
1
|
Kurukulum
|
1. Keterlaksanaan Kurikulum Nasional
2. Keterlaksanaan Kurikulum Lokal
3. Daya Serap Kurikulum Nasional
4. Daya Serap Kurikulum Lokal
|
100 %
100 %
100 %
100 %
|
2
|
Anak Didik
|
1. Survival Rate
2. Kelulusan
|
-
100 %
|
3
|
Keuangan
|
1. Anggaran Pemerintah Pusat
2. Anggaran Pemerintah Provinsi
3. Anggaran Pemerintah Kabuapten
4. Anggaran Swadaya
|
Ada / Tidak Ada
Ada / Tidak Ada
Ada / Tidak Ada
Ada / Tidak Ada
|
4
|
Manjemen Sekolah
|
1. Tingkat Kehadiran Guru
2. Tingkat Kehadiran Tenaga Kependidikan
3. Tingkat Kehadiran Siswa
4. Tertib Adminstrasi
|
98 %
98 %
95 &
98 %
|
5
|
Peran Serta
|
1. Dukungan komite sekolah
2. Perhatian orang tua
3. Peran serta tokoh masyarakat
4. Peran serta dunia usaha
|
Ada
Ada
Ada
Ada
|
3. Perkembangan
Siswa
No
|
Kelas
|
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
||||||
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
||
1
|
I
|
31
|
19
|
50
|
26
|
30
|
56
|
27
|
17
|
44
|
2
|
II
|
38
|
24
|
62
|
31
|
19
|
50
|
26
|
29
|
55
|
3
|
III
|
33
|
39
|
72
|
37
|
23
|
60
|
28
|
20
|
48
|
4
|
IV
|
30
|
17
|
47
|
33
|
38
|
71
|
35
|
25
|
60
|
5
|
V
|
25
|
26
|
51
|
30
|
17
|
47
|
33
|
38
|
71
|
6
|
VI
|
24
|
25
|
49
|
24
|
26
|
50
|
29
|
17
|
46
|
JUMLAH
|
181
|
150
|
331
|
181
|
153
|
334
|
178
|
146
|
324
|
|
ROMBEL
|
12
|
12
|
12
|
4. Jumlah
Murid yang mendaftar dan diterima dikelas I
No
|
Keterangan
|
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
||||||
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
||
1
|
Pendaftar
|
30
|
18
|
48
|
24
|
30
|
54
|
25
|
16
|
41
|
2
|
Diterima
|
30
|
18
|
48
|
24
|
30
|
54
|
25
|
16
|
41
|
5. Jumlah
anak putus sekolah
No
|
Kelas
|
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
|||||||
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
|||
1
|
I
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2
|
II
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
3
|
III
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
4
|
IV
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
5
|
V
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
6
|
VI
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
JUMLAH
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
|
6. Jumlah
Anak Mengulang Kelas
No
|
Kelas
|
2010/2011
|
2011/2012
|
2012/2013
|
||||||
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
||
1
|
I
|
2
|
-
|
2
|
2
|
-
|
2
|
1
|
-
|
1
|
2
|
II
|
1
|
-
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2
|
-
|
2
|
3
|
III
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
IV
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5
|
V
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
VI
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7. Kondisi
Guru
a. Jumlah
Guru : 12 Orang
b.
Laki-Laki : 6 Orang
c.
Perempuan : 6 Orang
8. Pendidikan
Terakhir
Guru
No
|
Pendidikan Akhir
|
Jumlah
|
||
Tingkat
|
Jumlah
|
PNS
|
GTT
|
|
1
|
S.2
|
1
|
1
|
-
|
2
|
S.I
|
8
|
6
|
2
|
3
|
D.III
|
-
|
-
|
-
|
4
|
D.II
|
-
|
-
|
-
|
5
|
SLTA
|
3
|
-
|
3
|
C. SARANA
DAN PRASARANA
1. Kondisi
ruang dan lahan
No
|
Jenis Sarana /
Prasaran
|
Keadaan
|
Fungsi
|
Jmlh
|
||
Baik
|
Rusak
|
Digunakan
|
Tidak Digunakan
|
|||
1
|
Kelas ruang belajar
|
√
|
-
|
√
|
-
|
7
|
2
|
Ruang kepala sekolah
|
-
|
√
|
-
|
-
|
1
|
3
|
Ruang guru
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Perpustakaan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Laburatorium
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Ruang UKS
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
WC guru
|
-
|
√
|
√
|
-
|
1
|
8
|
WC murid
|
-
|
√
|
√
|
-
|
1
|
9
|
Ruang ibadah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
10
|
Ruang pusat kegiatan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
11
|
Ruang KKG
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2. Perabot
ruang belajar
No
|
Jenis Perlengkapan
|
Keadaan
|
Fungsi
|
Jmlh
|
||
Baik
|
Rusak
|
Digunakan
|
Tidak Digunakan
|
|||
1
|
Kursi
|
190
|
100
|
√
|
-
|
290
|
2
|
Meja
|
200
|
90
|
√
|
-
|
290
|
3
|
Papan Tulis
|
5
|
2
|
√
|
-
|
7
|
4
|
Papan Absen
|
-
|
7
|
√
|
-
|
7
|
5
|
Papan Inventaris
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Lemari
|
6
|
1
|
√
|
-
|
7
|
7
|
Rak Buku
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3. Media Pembelajaran
No
|
Jenis Media
|
Keadaan
|
Fungsi
|
Jmlh
|
||
Baik
|
Rusak
|
Digunakan
|
Tidak Digunakan
|
|||
1
|
CD Pembelajaran
|
1
|
-
|
√
|
-
|
1
|
2
|
Wairless
|
1
|
-
|
√
|
-
|
1
|
4. Alat
Peraga Mata Pelajaran
No
|
Jenis Media
|
Keadaan
|
Fungsi
|
Jmlh
|
||
Baik
|
Rusak
|
Digunakan
|
Tidak Digunakan
|
|||
1
|
CD Pembelajaran
|
1
|
-
|
√
|
-
|
1
|
2
|
Wairless
|
1
|
-
|
√
|
-
|
1
|
D. PARTISIPASI
MASYARAKAT KE SEKOLAH
Memberikan dukungan program-program sekolah, baik
program jangka pendek maupun program jangka panjang.
Kalipasir, 14 Oktober 2013
Kepala
SD Negeri Kalipasir
SARIPUDIN,
S.Pd.I.MM
NIP. 196206101984121002
BAB V
PENUTUP
PENUTUP
Demikian proposal rencana ini
disusun sebagai sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak yang berniat untuk
berpartisipasi memberi dukungan, baik moril mapun materil, demi terwujudnya
rencana tersebut.
Dengan segala kerendahan hati kami
sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak agar
terlaksananya rencana ini.
Kalipasir,
14 Oktober 2013
Mengetahui Kepala
SD Negeri Kalipasir
Ketua Komite
M. YUSUP SARIPUDIN,
S.Pd.I.MM
NIP 196206101984121002
Ijin copas
ReplyDeleteIzin izin copy paste
ReplyDelete