DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Dasar Pelaksanaan Kegiatan
C. Tujuan (Kegiatan dan Laporan)
BAB II PELAKSANAAN
KEGIATAN
A. Persiapan pelaksanaan kegiatan
B. Sasaran kegiatan (data dan informasi
tentang warga belajar sebagai peserta program)
C. Tutor/tenaga ahli/pelatih/nara sumber yang
mendukung pelaksanaan program
D. Sarana/tempat, fasilitas, alat dan bahan
pembelajaran/pelatihan yang digunakan
E. Jadwal pelaksanaan pembelajaran dan
pelatihan
F. Langkah dan proses pelaksanaan
pembelajaran dan pelatihan
G. Rincian penggunaan dana
H. Dukungan yang diperoleh dari pihak-pihak
terkait dalam pelaksanaan pembelajaran dan pelatihan
I. Hambatan/kendala yang dihadapi dalam
pelaksanaan pembelajaran dan pelatihan
J. Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan
program, dan rencana tindaklanjut pembelajaran dan pelatihan pasca kegiatan.
BAB III KESIMPULAN
DAN SARAN/REKOMENDASI
BAB IV PENUTUP
LAMPIRAN
1. Bukti/kuitansi pengeluaran dana, termasuk
setoran pajak sesuai ketentuan yang berlaku
2. Foto dokumentasi pelaksanaan kegiatan
3. Dokumen pendukung lainnya yang diperlukan.
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pendidikan
kesetaraan khususnya Program Paket C sebagai salah satu bagian dari program
pendidikan nonformal di Indonesia, bertujuan untuk memperluas akses pendidikan
bagi masyarakat untuk memperoleh pendidikan yang Setara SMA yang menekankan pada penguasaan pengetahuan
dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian
profesional.
Untuk
mengakomodasi karena adanya perbedaan kebutuhan dalam memperoleh layanan
pendidikan bagi peserta didik karena berbagai alasan seperti kebutuhan
keterampilan, ingin cepat bekerja atau alasan karena ingin segera memperoleh
pendapatan bagi peserta didik, mendorong perlunya program Paket C untuk dapat
memenuhi kebutuhan yang berorientasi pada penguasaan keterampilan, pengembangan
sikap dan kepribadian profesional.
Oleh
karena itu, program Paket C seyogyanya memberikan kesempatan yang
seluas-luasnya kepada peserta didik untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan
menyediakan program Paket C. Melalui pilihan program tersebut, peserta didik
memperoleh bekal keterampilan yang sesuai kebutuhan dan dapat melakukan usaha
mandiri tidak sekedar memperoleh pengetahuan akademik semata atau ijazah.
B.
DASAR PELAKSANAAN KEGIATAN
1.
Adanya
warga belajar/peserta didik yang siap belajar
2.
Adanaya
tenaga pendidik/tutor yang memberikan pembelajaran di lembaga
3.
Adanya
bantuan Operasional Kegiatan Paket C setara SMA
C.
TUJUAN (KEGIATAN DAN LAPORAN)
1.
Melaporkan bahwa dana bantuan
Program Paket C telah kami terima sepenuhnya;
2.
Memenuhi persyaratan administratif
sebagai bentuk akuntabilitas lembaga;
3.
Memberikan gambaran tentang
pelaksanaan kegiatan yang kami kelola; dan
4.
Sebagai pertanggungjawaban atas
penggunaan dana bantuan yang kami terima dan disertai bukti-bukti pengeluaran
pengalokasian dana Bantuan Tahun 2018;
BAB
II
PELAKSANAAN
KEGIATAN
A. PERSIAPAN
PELAKSANAAN KEGIATAN
1.
Sosialisasi dan
Rekrutmen peserta didik dan tutor
2.
Penyusunan dan
pengajuan Proposal
3.
Penyusunan dan
pengadaan bahan ajaran modul
4.
Penjelasan teknis
kegiatan kepada peserta dan pendidik
5.
Konsultasi dan
koordinasi program
6.
Penyusunan Jadwal
Pengajaran dan hal-hal yang berhubungan dengan persiapan pelaksanaan program.
B. SASARAN
KEGIATAN (DATA DAN INFORMASI TENTANG WARGA BELAJAR SEBAGAI PESERTA PROGRAM)
Sasaran program pendidikan Kejar Paket C
setara SMA ini adalah merekrut peserta
didik yang kebetulan belum pernah mengeyam pendidikan setara SMA atau yang Drop Out (DO) Sekolah Menengah Atas
(SMA ) dengan berbagai alasan faktor ekonomi dan faktor geografis. Adapun untuk
data peserta didik atau warga belajar terlampir.
C. TUTOR/TENAGA
AHLI/PELATIH/NARA SUMBER YANG MENDUKUNG PELAKSANAAN PROGRAM
No.
|
Nama Tutor dan
Tenaga Kependidikan
|
Jenis
Kelamin
|
Tanggal Lahir
|
Ijazah Terakhir
|
Alamat
|
|||
L
|
P
|
Tgl
|
Bln
|
Thn
|
||||
1.
|
Ahmad Zaeni, S.Pd
|
1
|
16
|
06
|
84
|
S.1
|
Leuwisadeng
|
|
2.
|
Novian D, S.Pd
|
1
|
20
|
11
|
84
|
S.1
|
Sadengkolot
|
|
3.
|
Dadi Nurhadi
|
1
|
11
|
11
|
85
|
S.1
|
Sadengpasar
|
|
4.
|
Anto Sugiri, S.Pd
|
1
|
14
|
06
|
83
|
S.1
|
Paku
|
|
5.
|
Amin
|
1
|
21
|
07
|
88
|
S1
|
Pasir Karok
|
|
6.
|
Sudiman
|
1
|
28
|
02
|
70
|
SMA
|
Leuwibengkok
|
|
7.
|
M. Ramdan
|
1
|
10
|
09
|
84
|
S1
|
Hegarsari
|
D. SARANA/TEMPAT,
FASILITAS, ALAT DAN BAHAN PEMBELAJARAN/ PELATIHAN YANG DIGUNAKAN
1
|
Status Lahan/
Bangunan
|
· Luas Tanah
· Luas Bangunan
|
500 m2
105 m2
|
Milik Sendiri/
|
2
|
Rincian
Bangunan
|
· Ruang Tamu
• Ruang Sekretariat
• Ruang Kantor Pengurus
• Ruang Belajar Teori
• Ruang Praktek Keterampilan
• Ruang Usaha/Produksi
• Ruang Perpustakaan/Taman Bacaan
• ................
|
• 1 ruang
• 1 ruang
• 1 ruang
• 1 ruang
• 1 ruang
• 1 ruang
• 1 ruang
• ruang
|
|
3
|
Sarana Kesekretariatan
|
• Kursi Tamu
• Meja-kursi kerja
• Lemari arsip/filing kabinet
• Komputer/laptop
• Printer
• Mesin faksimile/telepon
|
• 1 Set
• 1 Set
• 1 unit
• 1 unit
• 1 unit
• 0 unit
|
|
4
|
Sarana Pembelajaran
|
• Meja-kursi belajar
• Papan tulis
• Buku/modul/bahan ajar
• Media pembelajaran
|
• 20 Set
• 1 buah
• 20 Set
• 5 unit
|
|
5
|
Sarana Keterampilan
|
• Alat keterampilan
|
• 1 Set
|
E. JADWAL
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN
Kelompok 1 lokasi Desa Sadengkolot
HARI
TANGGAL
|
PUKUL
|
MATERI
PEMBELAJARAN/
KETERAMPILAN
|
TUTOR/
NST
|
TEMPAT/
LOKASI
|
Kamis
|
13.00-14.30
|
Sosiologi
|
Ahmad Zaeni, S.Pd
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Kamis
|
14.45-16.15
|
Ekonomi
|
M. Ramdan, S.Pd
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Kamis
|
16.15-17.30
|
Matematika
|
Novian Darmawansyah, S.Pd
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Jum’at
|
13.00-14.30
|
PKn
|
Dadi Nurhadi
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Jum’at
|
14.45-16.15
|
B. Inggris
|
Amin, S.Pd
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Jum’at
|
16.15-17.30
|
PAI
|
Ahmad Zaeni, S.Pd
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Sabtu
|
13.00-14.30
|
Geografi
|
Sudiman
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Sabtu
|
14.45-16.15
|
B. Indonesia
|
Anto Sugiri, S.Pd
|
PKBM/
Sadengkolot
|
Sabtu
|
16.15-17.30
|
PJOK
|
M. Ramdan, S.Pd
|
PKBM/
Sadengkolot
|
F. LANGKAH
DAN PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN
1.
Pembelajaran Akademik :
a.
Pelaksanaan Program
Pelaksanaan Program yang meliputi proses belajar mengajar
baik berupa teori maupun praktek yang sesuai dengan jadwal mata pelajaran
akademik.
b.
Tahapan Evaluasi Teori, Praktek dan Uji Kompetensi
Untuk mengukur derajat mutu peserta didik maka pada akhir
kegiatan pembelajaran dan pelatihan, dilaksanakan evaluasi (Midtes, Semester
Ganjil dan Genap dan Praktek) yang pelaksanaannya dilaksanakan oleh para tutor
dan Nara Sumber Teknis dan hasilnya dapat dijadikan referensi untuk mengukur
derajat mutu kompetensi para peserta didik.
2.
Pembelajaran Keterampilan :
Sesuai dengan wilayah geografis kecamatan Leuwisadeng
yang memiliki beraneka ragam Sumber Daya Alam, maka keterampilan yang diberikan
kepada peserta didik pun menyesuaikan kembali dengan karakteristik peserta
didik dan sesuai dengan minat peserta didik.
G. RINCIAN
PENGGUNAAN DANA
1. RENCANA
ANGGARAN BIAYA TIGA KELOMPOK 30 ORANG
NO
|
KEGIATAN
|
VOL
|
HARGA SATUAN (Rp)
|
JUMLAH (Rp)
|
1
|
Alat dan Bahan Pembelajaran (40%)
|
|||
- Papan tulis, spidol, alat peraga pendidikan
|
1
|
7.000.000
|
7.000.000
|
|
- Alat tulis peserta didik
|
30
|
140.000
|
4.200.000
|
|
- Buku/modul pembelajaran
|
30
|
262.500
|
7.875.000
|
|
- Alat dan bahan praktek keterampilan
|
1
|
1.325.000
|
1.325.000
|
|
2
|
Administrasi Pembelajaran (10%)
|
|||
- Panduan/modul
|
1
|
2.130.000
|
2.130.000
|
|
- Absensi WB dan Tutor
|
1
|
50.000
|
50.000
|
|
- Penyusunan silabus dan RPP
|
1
|
2.800.000
|
2.800.000
|
|
- Spanduk
|
1
|
120.000
|
120.000
|
|
3
|
Honor/Transport (40%)
|
|||
- Transport Tutor (1 kelas x7 Org x 12 bln)
|
84
|
200.000
|
16.800.000
|
|
- Transport penyelenggara (1 kelas x1 Org x 12 bln)
|
12
|
300.000
|
3.600.000
|
|
4
|
Evaluasi Pembelajaran (5%)
|
|||
- Pembuatan dan penggandaan soal semester ganjil
|
60
|
7500
|
450.000
|
|
-Transport pengawasan semester ganjil
|
14
|
75.000
|
1.050.000
|
|
- Transport penilaian semester ganjil
|
14
|
75.000
|
1.050.000
|
|
5
|
Pelaporan (5%)
|
|||
-Dokumentasi
|
2
|
750.000
|
750.000
|
|
- Pembuatan laporan
|
2
|
1.500.000
|
1.500.000
|
|
- Penggandaan dan penjilidan laporan
|
2
|
150.000
|
150.000
|
|
- Transport penyampaian laporan
|
2
|
150.000
|
150.000
|
|
JUMLAH
|
51.000.000
|
2.
REALISASI PENGGUNAAN DANA SEMESTER 1( Juli – Desember 2018)
NO
|
JENIS KEGIATAN
|
VOL
|
SAT
|
HARGA
|
JUMLAH
|
SATUAN (RP)
|
HARGA (RP)
|
||||
A
|
PENERIMAAN
|
||||
Dana Bantuan Paket B
|
1
|
51,000,000.00
|
51,000,000.00
|
||
B
|
PENGGUNAAN
|
||||
1
|
Alat dan Bahan
Pembelajaran
|
||||
- Papan tulis, spidol,
alat peraga pendidikan
|
1
|
Keg
|
700,000.00
|
700,000.00
|
|
- Alat tulis peserta
didik
|
30
|
OT
|
140,000.00
|
4,200,000.00
|
|
- Buku/modul
pembelajaran
|
30
|
set
|
262,500.00
|
7,875,000.00
|
|
- Alat dan bahan
praktek keterampilan
|
1
|
kali
|
1,325,000.00
|
1,325,000.00
|
|
Sub Total 1
|
14,100,000.00
|
||||
2
|
Administrasi
Pembelajaran
|
||||
- Panduan pelaksanaan
|
1
|
set
|
2,130,000.00
|
2,130,000.00
|
|
- Absensi WB dan Tutor
|
1
|
Set
|
50,000.00
|
50,000.00
|
|
- Penyusunan silabus
dan RPP
|
1
|
kali
|
2,800,000.00
|
2,800,000.00
|
|
- Spanduk
|
1
|
buah
|
120,000.00
|
120,000.00
|
|
Sub Total 2
|
5,100,000.00
|
||||
3
|
Honor/Transport
|
||||
- Transport Tutor (3
kelas x 9 Org x 6 bln)
|
42
|
OB
|
200,000.00
|
8,400,000.00
|
|
- Transport penyelenggara
(3 kelas x1 Org x 6 bln)
|
6
|
OB
|
300,000.00
|
1,800,000.00
|
|
Sub Total 3
|
10,200,000.00
|
||||
4
|
Evaluasi Pembelajaran
|
||||
- Pembuatan dan
penggandaan soal UTS
|
30
|
Set
|
7,500.00
|
225,000.00
|
|
- Transport pengawasan
UTS
|
12
|
OB
|
75,000.00
|
900,000.00
|
|
- Transport penilaian
UTS
|
12
|
OB
|
75,000.00
|
900,000.00
|
|
Sub Total 4
|
2,025,000.00
|
||||
5
|
Pelaporan
|
||||
- Dokumentasi
|
1
|
Set
|
750,000.00
|
750,000.00
|
|
- Pembuatan laporan
|
1
|
Set
|
1,500,000.00
|
1,500,000.00
|
|
- Penggandaan dan
penjilidan laporan
|
1
|
Set
|
150,000.00
|
150,000.00
|
|
- Transport
penyampaian laporan
|
1
|
kali
|
150,000.00
|
150,000.00
|
|
Sub Total 5
|
2,550,000.00
|
||||
JUMLAH TOTAL (1+2+3+4+5)
|
33,975,000.00
|
||||
SALDO
|
17,025,000.00
|
Rincian penggunaan dana dan faktur terlampir
H. DUKUNGAN
YANG DIPEROLEH DARI PIHAK-PIHAK TERKAIT DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN
PELATIHAN
Dengan adanya program kesetaraan PAKET C ini respon masyarakat sangat
antusias dan mendukung program ini serta sangat membantu masyarakat yang
berekonomi rendah dan mampu meningkatkan sumber daya manusia dalam rangka
menyadarkan, memotivasi dan membantu warga belajar dengan memperoleh
keterampilan yang diberikan oleh PKBM HAAZDIKIYAH, sehingga para peserta didik
mampu bersaing dalam dunia usaha ataupun membuka usaha sendiri dengan berbekal
keterampilan yang dimiliki.
I.
HAMBATAN/KENDALA
YANG DIHADAPI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN
No.
|
Hambatan/Kendala
|
Usaha
Mengatasinya
|
1.
|
Rendahnya
Motivasi Pesrta didik
|
Dorongan
yang kuat dari NST dan Lembaga
|
2.
|
Kurang
Mampu menyimak
|
Diarahkan
untuk memiliki Penghasilan/ Pekerjaan
|
3.
|
Kurang
Mahir Praktek
|
Diasah
pola ikir dan keahlian keterampilan sesuai tingkatan kemampuan
|
4.
|
Tidak
mandiri, selalu di bimbing
|
Disupport
supaya mampu hidup sendiri, berpikir praktis, mau menggali potensi diri
sendiri
|
5.
|
Terbatasnya
alat dan bahan praktek
|
Berusaha semampu dan semaksimal mungkin, menyediakan
berbagai alat dan bahan praktek sebagai penunjang terpenting dari kegiatan ini
|
J.
HASIL YANG DICAPAI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM, DAN
RENCANA TINDAKLANJUT PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN PASCA KEGIATAN.
1.
Warga
belajar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diakui setara dengan
lulusan SMA.
2.
Warga belajar memperoleh dasar-dasar
kecakapan hidup yang bermanfaat untuk mencari nafkah atau berusaha sendiri.
BAB
III
KESIMPULAN DAN SARAN/REKOMENDASI
A. KESIMPULAN
Program
ini telah diselenggarakan secara efektif dan efisien, disamping dilaksanakan
secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Hal ini akan menjadi keyakinan
yang besar bagi semua pihak bahwa apa yang telah direncanakan akan berhasil
secara optimal. Dengan demikian program kesetaraan PAKET C yang telah
dicanangkan pemerintah akan tercapai dengan baik.
B. SARAN/REKOMENDASI
Program
Pendidikan Kejar PAKET C Setara SMA ini
sangat penting sekali dalam menumbuhkembangkan masa depan kearah lebih maju
dengan menciptakan generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia serta
meningkatkan sumber daya manusianya, sehingga sangat perlu dan harus lebih
ditingkatkan terus sehingga tujuan nasional dapat tercapai dan terarah.
Oleh karenya kami sangat mengharapkan
kontinuitas dari program ini untuk setiap tahunnya. Juga kami sangat
mengharapkan anggaran untuk pengembangan keterampilan dapat ditingkatkan,
sehingga proses pembelajaran keterampilan dapat lebih ditingkatkan kualitas dan
kuantitasnya.
BAB IV
PENUTUP
Dengan disusunya laporan kegiatan ini, diharapkan dapat
dijadikan sebagai acuan dalam rangka pelaksanaan Program Paket C setara SMA pada Lembaga PKBM HAAZDIKIYAH Kecamatan Leuwisadeng
Kabupaten Bogor untuk Tahun Anggaran 2018.
Kami selaku Pengelola PKBM HAAZDIKIYAH merencanakan akan
mengembangkan kegiatan-kegiatan yang nantinya akan diikuti oleh para warga
belajar yang ada di lembaga kami.
Leuwisadeng, 2018
Ketua Penyelenggara
PKBM HAAZDIKIYAH
ANTO SUGIRI, S.Pd
No comments:
Post a Comment