Kompetensi 1 : Mengenal
Karakteristik Peserta Didik
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi
Pedagogik (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai : Adah Salsiah, S.Pd.MM
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
14 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Daftar Hadir
Buku Bp,Buku
Prestasi
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.
Ibu Rohmaniah menyampaikan varian kompetensi siswa yang ada
dikelasnya.
2.
Rohmaniah menyebutkan siswa-siswa yang
memiliki prestasi diberbagai bidang.
3.
Rohmaniah menyebutkan kondisi siswa
dilkelasnya terkait dengan kondisi fisik siswa.
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru berupaya membuat penilain portopolio
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
15 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Daftar Hadir, RPP
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.
Meja belajar siswa diatur melingkar untuk
keperluan kerja kelompok
2.
Rohmaniah mengkondisikan siswa untuk
menerima pelajaran
3.
Rohmaniah menyuruh seorang siswa untuk
memingpin Doa ,selanjutnya guru mengabsen siswa
4.
Rohmaniah mengajar sambil berkeliling ke
meja-meja siswa
5.
Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan
secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
6.
Rohmaniah menyampaikan materi dengan suara
yang jelas dan lancar
7.
Rohmaniah datang mengunjungi kelompok
belajar untuk memberikan aarahan dan memastikan kelompok bekerja secara
bersama
8.
Rohmaniah berkeliling dari kelompok satu ke
kelompok lainnya sambil mengarahkan semua siswa terlibat dalam tugas kelompok
|
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
Mengevaluasi metode
belajar siswa
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
16 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Daftar Hadir, RPP
|
Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau
keterangan guru
1.
Persepsi guru tentang kegiatan
pembelajaran masih perlu dikembangkan dan dilengkapi kegiatannya
2.
Kurang nya media pembelajan
3.
Persepsi guru tentang hasil pembelajaran
belum bisa dijawab karena belum dikoreksi
|
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
Menyediakan berbagai
media pembelajaran
|
Pemantauan
Tanggal
|
17 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Daftar Hadir, Daftar Nilai, dan analisis
hasil belajar
|
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan
guru (catat kegiatan yang dilakukan)
1.
Guru membuat catatan tentang kemajuan
belajar berupa daftar nilai dan format analisis hasil belajar
|
Kompetensi 1 : Mengenal Karakteristik Peserta Didik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
|
1.
Guru dapat mengidentifikasi karakteristik
belajar setiap peserta didik di kelasnya.
|
0
|
1
|
②
|
2.
Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan
kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
|
0
|
1
|
②
|
3.
Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan
kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik
dan kemampuan belajar yang berbeda.
|
0
|
1
|
②
|
4.
Guru mencoba mengetahui penyebab
penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut
tidak merugikan peserta didik lainnya.
|
0
|
1
|
②
|
5.
Guru membantu mengembangkan potensi dan
mengatasi kekurangan peserta didik.
|
0
|
①
|
2
|
6.
Guru memperhatikan peserta didik dengan
kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran,
sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok‐olok,
minder, dsb)
|
0
|
①
|
2
|
Total skor
|
10
|
||
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
12
|
||
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
83,33%
|
||
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
4
|
Kompetensi 2 :
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)
Nama Guru : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai : Adah Salsiah, S.Pd.MM
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
14 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Silabus, RPP, Program Semesteran, LKS
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.
Rohmaniah menjelaskan cara mencapai tujuan
pembelajaran pada topik yang diajarkan melalui ceramah, kerja kelompok
(membaca, mengisi LKS), dan penugasan
2.
Untuk mengetahui keterserapan materi
pelajaran dengan cara post test tertulis
3.
Latar belakang penyusunan rencana
pembelajaran seperti di RPP agar memudahkan terbangunnya konsep dari materi
pembelajaran
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
15 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Silabus, RPP, Program Semesteran, LKS
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.
Ibu Rohmaniah menyampaikan judul materi yang
akan diajarkan
2.
Ibu Rohmaniah menggunakan metode ceramah dann
tanyajawab dalam menyampaikan materi
3.
Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan
secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
4.
Ibu Rohmaniah mengungkapkan pujian kepada siswa
yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar
5.
Ibu Rohmaniah datang mengunjungi kelompok
belajar untuk memberikan aarahan dan memastikan kelompok bekerja secara
bersama
6.
Ibu Rohmaniah berkeliling dari kelompok satu ke
kelompok lainnya sambil mengarahkan semua siswa terlibat dalam tugas kelompok
7.
Ibu Rohmaniah menugaskan siswa membaca buku
paket lalu mengisi LKS
8.
Ibu Rohmaniah menyampaikan informasi bahwa
diakhir kegiatan pembelajaran akan dilakukan evaluasi tertulis, siswa nampa
rajin membaca kembali
9.
Ibu Rohmaniah menungaskan siswa kerja kelompok
untuk membaca buku paket, mengisi LKS dan menempel stiker nama dalam struktur
organisasi
|
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
Membuat portofolio
hasil belajar siswa
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
16 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Promes ,RPP,buku Nilai
|
Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau
keterangan guru
-
Ibu Rohmaniah memberi kesempatan kepada siswa
tampil kedepan untuk menguji keberanian dan kemampuan
-
Ibu Rohmaniah melakukan kemampuan Aktivitas pembelajaran saling
keterkaitan satu sama lain dalam proser KBM
-
Ibu Rohmaniah mengajar menggunakan berbagai
macam metode
|
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
-
Guru mengevaluasi berbagai metode yang
digunakan dalam pebelajaran
-
Guru memilih salah satu metode yang paling
cocok untuk digunakan di kelasnya.
|
Kompetensi 2 : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
|
1.
Guru memberi kesempatan kepada peserta
didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan
belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang
bervariasi.
|
0
|
①
|
2
|
2.
Guru selalu memastikan tingkat pemahaman
peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan
aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
|
0
|
①
|
2
|
3.
Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan
kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda
dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
|
0
|
1
|
②
|
4.
Guru menggunakan berbagai teknik untuk
memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
|
0
|
①
|
2
|
5.
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran
yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran
maupun proses belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
②
|
6.
Guru memperhatikan respon peserta didik
yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan
menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
|
0
|
①
|
2
|
Total skor
|
8
|
||
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
12
|
||
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
66,67%
|
||
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
3
|
Kompetensi 3 : Pengembangan
kurikulum
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)
Nama Guru : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai : Adah Salsiah, S.Pd.MM
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
14 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
RPP dan Silabus
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.
RPP yang disusun sesuai dengan isi di silabus
2.
Pembuatan program pembelajaran sudah sesuai
dengan kearifan lokal
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
- Guru menyusun
silabus, RPP, program tahunan, program semesteran, dan KKM
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
15 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
RPP dan Silabus
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.
Ibu Rohmaniah mengabsen siswa
2.
Ibu Rohmaniah menyampaikan judul materi yang
akan diajarkan
3.
Ibu Rohmaniah menggunakan metode ceramah dan
tanyajawab dalam menyampaikan materi
4.
Meja belajar siswa diatur melingkar untuk
keperluan kerja kelompok
5.
Ibu Rohmaniah memberikan tugas berrupa LKS
secara berkelompok (4 orang/kelompok)
6.
Ibu Rohmaniah menugaskan siswa membaca buku
paket lalu mengisi LKS
7.
Ibu Rohmaniah menyampaikan informasi bahwa
diakhir kegiatan pembelajaran akan dilakukan evaluasi tertulis, siswa nampa
rajin membaca kembali
8.
Pembelajaran diakhiri dengan evaluasi
tertulis
|
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
-
Guru membuat portofolio
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
16 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
RPP dan Silabus
|
Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau
keterangan guru
-
Ibu Rohmaniah membuat program semester
belum tuntas penjadwalannya
-
Ibu Rohmaniah membuat RPP menyusun konteksnya belum menyentul
kehidupan sehari hari peserta didik.
|
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
-
Ibu Rohmaniah mengoreksi bagian
RPP yang belum sesuai dan memperbaikinya
|
Kompetensi 3 : Pengembangan kurikulum
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
|
1.
Guru dapat menyusun silabus yang sesuai
dengan kurikulum.
|
0
|
①
|
2
|
2.
Guru merancang rencana pembelajaran yang
sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik
dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.
|
0
|
①
|
2
|
3.
Guru mengikuti urutan materi pembelajaran
dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.
|
0
|
①
|
2
|
4.
Guru memilih materi pembelajaran yang: a)
sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan
usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik, d) dapat dilaksanakan di
kelas dan e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari‐hari peserta didik.
|
0
|
①
|
2
|
Total skor
|
4
|
||
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
8
|
||
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
87,50%
|
||
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
4
|
Kompetensi 4 : Kegiatan
pembelajaran yang mendidik
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)
Nama Guru : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai : Adah Salsiah, S.Pd.MM
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
14 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
RPP
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.
Ibu Rohmaniah menjelaskan topik yang akan
diajarkan dan untuk antisipasi kesulitan dilengkapi dengan alat bantu
pembelajaran berupa bagan struktur organisasi
2.
Apabila ada siswa yang mengalami kesulitan
dalam memahami materi, siswa tersebut diajak melihat contoh dilingkungan
dalam sekolah atau dilingkungan luar sekolah
3.
Untuk mempertahankan atau meningkatkan
daya tahan siswa dalam memperhatikan materi pembelajaran , melalui: materi
disederhanakan, bahan ajar/sumber belajar dilengkapi, dan sering melakukan
pertanyaan terbuka
4.
Agar siswa aktif dalam kerja kelompok
dilakukan upaya agar seluruh siswa mendapat LKS dan semua siswa mendapat
tugas
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
-
Memberikan beberapa trik mengajar yang
menyenangkan
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
15 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
RPP
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.
Ibu Rohmaniah menyampaikan judul materi yang
akan diajarkan
2.
Ibu Rohmaniah menggunakan metode ceramah dan
tanyajawab dalam menyampaikan materi
3.
Meja belajar siswa diatur melingkar untuk
keperluan kerja kelompok
4.
Ibu Rohmaniah memberikan tugas berupa LKS
secara berkelompok (4 orang/kelompok)
5.
Ibu Rohmaniah mengajar sambil berkeliling ke
meja-meja siswa
6.
Ibu Rohmaniah bertanya secara terbuka dan
mendengarkan jawaban siswa tanpa memotong perkataan siswa
7.
Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan
secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
8.
Materi yang disampaikan dikaitkan dengan
organisasi sekolah dan organisasi kemasyarakatn
9.
Ibu Rohmaniah menyampaikan materi sesuai dengan
yang ditulis di RPP
10.
Ibu Rohmaniah datang mengunjungi kelompok
belajar untuk memberikan arahan dan memastikan kelompok bekerja secara
bersama
11.
Ibu Rohmaniah menungaskan siswa kerja kelompok
untuk membaca buku paket, mengisi LKS dan menempel stiker nama dalam struktur
organisasi
12.
Ibu Rohmaniah menggunakan alat bantu
pembelajaran berupa bagan (chart) struktur organisasi
|
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
-
Memberikan trik pembelajaran yang lebih
kreatif
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
16 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
RPP
|
Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau
keterangan guru
-
Ibu Rohmaniah menyampaikan materi sesuai tujuan
-
Ibu Rohmaniah mampu menyesuaikan Aktivitas
proses pembelajaran sesuai yang di rancang
|
Kompetensi 4 : Kegiatan pembelajaran yang mendidik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
|
1.
Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran
sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan
aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
|
0
|
1
|
②
|
2.
Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran
yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk
menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
|
0
|
1
|
②
|
3.
Guru mengkomunikasikan informasi baru
(misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar
peserta didik.
|
⓪
|
1
|
2
|
4.
Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan
peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata‐mata kesalahan yang harus dikoreksi.
Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang
setuju/tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan
tentang jawaban yg benar.
|
0
|
①
|
2
|
5.
Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai
isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari‐hari peserta didik.
|
0
|
1
|
②
|
6.
Guru melakukan aktivitas pembelajaran
secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang
sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian
peserta didik.
|
0
|
①
|
2
|
7.
Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa
mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta
dapat termanfaatkan secara produktif.
|
0
|
①
|
2
|
8.
Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran
yang dirancang dengan kondisi kelas.
|
0
|
1
|
②
|
9.
Guru memberikan banyak kesempatan kepada
peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta
didik lain.
|
0
|
①
|
2
|
10.
Guru mengatur pelaksanaan aktivitas
pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik.
Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman
peserta didik terhadap materi sebelumnya.
|
0
|
1
|
②
|
11.
Guru menggunakan alat bantu mengajar,
dan/atau audio‐visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan
motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
|
⓪
|
1
|
2
|
Total skor
|
14
|
||
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
22
|
||
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
63,64%
|
||
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
3
|
Kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan
potensi
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi
Pedagogik (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai : Adah Salsiah, S.Pd.MM
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
14 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Daftar hadir
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.
Ibu Rohmaniah menyebutkan varian kompetensi
peserta didi dikelasnya
2.
Ibu Rohmaniah menyebutkan beberapa nama
siswa yang memliki keunggulan dalam bidang akademik dan non akademik
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
-
Megadakan bimbingan terhadap siswa yang
memiliki keompetensi tertentu di sekolah.
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
15
Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Daftar hadir, Silabus, dan RPP
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.
Ibu Rohmaniah mengungkapkan pujian kepada siswa
yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar
2.
Ibu Rohmaniah memberikan tugas berrupa LKS secara
berkelompok (4 orang/kelompok)
3.
Ibu Rohmaniah mengajar sambil berkeliling ke
meja-meja siswa
4.
Ibu Rohmaniah bertanya secara terbuka dan
mendengarkan jawaban siswa tanpa memotong perkataan siswa
5.
Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan
secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
6.
Ibu Rohmaniah datang mengunjungi kelompok
belajar untuk memberikan arahan dan memastikan kelompok bekerja secara
bersama
7.
Ibu Rohmaniah menugaskan siswa membaca buku
paket lalu mengisi LKS
8.
Ibu Rohmaniah menyampaikan informasi bahwa
diakhir kegiatan pembelajaran akan dilakukan evaluasi tertulis, siswa nampa
rajin membaca kembali
|
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
Guru membuat portofolio.
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
16 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Daftar hadir
|
1.
Kehadiran guru sangat baik.
2.
Tidak terdapat sakit dan izin selama
pengamatan.
|
Pemantauan
Tanggal
|
17 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Daftat Hadir ,RPP
|
-
Kehadiran guru
tidak terganggu dengan hari-hari tidak efektif
-
Guru melakukan
analisis terhadap program pembelajaran yang telah dibuat.
|
Kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan potensi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
|
1. Guru
menganalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap
setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masing‐masing.
|
0
|
1
|
②
|
2.
Guru merancang dan melaksanakan aktivitas
pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar
masing‐masing.
|
0
|
①
|
2
|
3.
Guru merancang dan melaksanakan aktivitas
pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta didik.
|
0
|
①
|
2
|
4.
Guru secara aktif membantu peserta didik
dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
|
0
|
1
|
②
|
5.
Guru dapat mengidentifikasi dengan benar
tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masingmasing peserta
didik.
|
0
|
1
|
②
|
6.
Guru memberikan kesempatan belajar kepada
peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masingmasing.
|
0
|
1
|
②
|
7.
Guru memusatkan perhatian pada interaksi
dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan
informasi yang disampaikan.
|
0
|
1
|
②
|
Total skor
|
12
|
||
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
14
|
||
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
85,71%
|
||
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
4
|
Kompetensi 6 :
Komunikasi dengan
peserta didik
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)
Nama Guru : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai : Adah Salsiah, S.Pd.MM
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
14 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
-
Daftar hadir ,RPP
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.
Cara
guru mendorong interaksi aktif antar peserta didik melalui penjelasan tugas
dan mengunjungi kelompok belajar secara berkeliling untuk mengingatkan mereka
agar kerja bersama
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
-
Berkomunikasi dengan siswa untuk memencing
keberanian siswa dalam menjawab ataupun bertanya kepada guru.
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
15 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Silabus ,RPP, Daftar hadir
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.
Ibu Rohmaniah menggunakan metode ceramah dan
tanyajawab dalam menyampaikan materi
2.
Ibu Rohmaniah bertanya secara terbuka dan
mendengarkan jawaban siswa tanpa memotong perkataan siswa
3.
Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan
secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
4.
Ibu Rohmaniah datang mengunjungi kelompok
belajar untuk memberikan aarahan dan memastikan kelompok bekerja secara
bersama
5.
Ibu Rohmaniah berkeliling dari kelompok satu ke
kelompok lainnya sambil mengarahkan semua siswa terlibat dalam tugas kelompok
6.
Sebagian siswa kerja kelompok dan sebagian
lagi bermain sendiri setelah kerja kelompok berlangsung lebih dari 30 menit.
7.
Ibu Rohmaniah menyampaian pertanyaan terbuka
dalam setiap memberikan pertanyaan
|
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
-
Memberikan jam tambahan, diluar jam sekolah
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
16 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
-RPP
|
Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau
keterangan guru
1.
Pengakuan guru mengatakan siswa dilatih
bertanya dan persepsi guru terhadap komunikasi dengan siswa masih banyak
siswa yang belum bertanya dan menjawab
|
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
-
Membuat beberapa trik khusus untuk memaksa
siswa agar mau berinteraksi.
|
Kompetensi 6 : Komunikasi
dengan peserta didik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
|
1.
Guru menggunakan pertanyaan untuk
mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk
memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab
dengan ide dan pengetahuan mereka.
|
0
|
①
|
2
|
2.
Guru memberikan perhatian dan mendengarkan
semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali
jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan
tersebut.
|
0
|
1
|
②
|
3.
Guru menanggapi pertanyaan peserta didik
secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi
kurikulum, tanpa mempermalukannya.
|
0
|
1
|
②
|
4.
Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang
dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antarpeserta didik.
|
0
|
1
|
②
|
5.
Guru mendengarkan dan memberikan perhatian
terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap
salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
|
0
|
①
|
2
|
6.
Guru memberikan perhatian terhadap
pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk
menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
|
0
|
1
|
②
|
Total skor
|
10
|
||
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
12
|
||
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
83,33%
|
||
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
4
|
Kompetensi 7 :
Penilaian dan
evaluasi
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)
Nama Guru : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai : Adah Salsiah, S.Pd.MM.
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
14 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Program Semesteran, Silabus, RPP dan alat
penilaian
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.
Alat penilaian yang ditulis di RPP sesuai
dengan tujuan yang ditulis di RPP
2.
Perangkat penilaian dimanfaatkan untuk
perbaiki penyusunan RPP dan metode pembelajaran
3.
Teknik dan jenis penilaian yang pernah
dilakukan tertulis essay, melengkapi, dan menjodohkan
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
Mengevaluaai
efektivitas model tes tertulis yang dipakai
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
15 November 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Program Semesteran, Silabus, RPP dan alat
penilaian
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.
Ibu Rohmaniah menugaskan siswa membaca buku
paket lalu mengisi LKS
2.
Ibu Rohmaniah menyampaikan informasi bahwa
diakhir kegiatan pembelajaran akan dilakukan evaluasi tertulis, siswa nampa
rajin membaca kembali
3.
Ibu Rohmaniah menungaskan siswa kerja kelompok
untuk membaca buku paket, mengisi LKS dan menempel stiker nama dalam struktur
organisasi
4.
Pembelajaran diakhiri dengan evaluasi
tertulis
|
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
-
Menambah sumber pembelajaran disamping LKS
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
16 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Program Semesteran, Silabus, RPP dan alat
penilaian
|
Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau
keterangan guru
1.
Ibu Rohmaniah mengkomunikasikan hasil belajar
kepada siswa dan orang tua siswa
|
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
Melakukan pertemuan
dengan wali murid
|
Kompetensi 7 : Penilaian
dan evaluasi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
|
1.
Guru menyusun alat penilaian yang sesuai
dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang
tertulis dalam RPP.
|
0
|
1
|
②
|
2.
Guru melaksanakan penilaian dengan
berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang
dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta
didik, tentang tingkat
pemahaman terhadap materi
pembelajaran yang telah dan akan dipelajari.
|
0
|
①
|
2
|
3.
Guru menganalisis hasil penilaian untuk
mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui
kekuatan dan kelemahan masing‐masing peserta didik untuk keperluan remedial
dan pengayaan.
|
0
|
①
|
2
|
4. Guru
memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk
meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui
catatan, jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan
sebagainya.
|
0
|
①
|
2
|
5. Guru
memanfatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang
akan dilakukan selanjutnya.
|
0
|
①
|
2
|
Total skor
|
8
|
||
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
10
|
||
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
60,00%
|
||
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
3
|
Kompetensi 8 :
Bertindak sesuai dengan norma agama,
hukum, sosial dan kebudayaan
nasional
Indonesia
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi
Kepribadian (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru :
Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai :
Adah Salsiah, S.Pd.MM
Pengamatan
Tanggal
|
14 Nopember 2018
|
Dokumen dan
Bahan Lain yang Diperiksa
|
Silabus,RPP.Buku
BP
|
Tanggapan penilaian
terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1. Pandangan guru tentang keberagaman bangsa adalah perlu ditanamkan kepada siswa sebagai upaya
untuk membangun konsep berpikir bhineka tunggal ika
|
|
Tindak lanjut
yang diperlukan:
Menanamkan konsep berpikir bhineka tungal ika
terhadap siswa
|
Pemantauan
Tanggal
|
15 Nopember 2018
|
Dokumen dan
Bahan Lain yang Diperiksa
|
RPP.Buku BP
|
Catatan dan tanggapan
penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru (catat kegiatan yang
dilakukan)
1. Ibu Rohmaniah
menjelaskan pemahaman prinsip Pancasila sebagai alat untuk membangun
kebersamaan, hormat menghormati, dan toleransi
2. Dalam pergaulan sehari-hari guru menekankan
kebersamaan, kekeluargaan, musyawarah, saling menghargai satu dan lainnya
|
Kompetensi 8 : Bertindak
sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan
nasional Indonesia
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
|
1. Guru menghargai dan mempromosikan prinsip‐prinsip
Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga Indonesia.
|
0
|
1
|
②
|
2. Guru mengembangkan kerjasama dan membina
kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang ada
(misalnya: suku, agama, dan gender).
|
0
|
1
|
②
|
3. Guru saling menghormati dan menghargai teman
sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing‐masing.
|
0
|
1
|
②
|
4. Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai
bangsa Indonesia.
|
0
|
1
|
②
|
5. Guru mempunyai pandangan yang luas tentang
keberagaman bangsa Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama).
|
0
|
1
|
②
|
Total skor
|
10
|
||
Skor maksimum =
jumlah indikator x 2
|
10
|
||
Persentase =
(total skor/skor maksimum) x 100%
|
100,00%
|
||
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50%
< x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
|
4
|
Kompetensi 9 :
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan
teladan
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Kepribadian (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama
Guru : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai : Adah Salsiah, S.Pd.MM
Pengamatan
Tanggal
|
14 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
RPP
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.
Ibu Rohmaniah berbicara dengan sesama guru dan
siswa menggunakan kata-kata yang sopan
2.
Penampilan guru sederhana dan sopan
3.
Ibu Rohmaniah mengungkapkan pujian kepada siswa
yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar
4.
Ibu Rohmaniah mengajar sambil berkeliling ke
meja-meja siswa
5.
Ibu Rohmaniah bertanya secara terbuka dan
mendengarkan jawaban siswa tanpa memotong perkataan siswa
6.
Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan
secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
-
Mengatur posisi meja siswa agar proses
pembelajaran tidak membosankan.
|
Pemantauan
Tanggal
|
15 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Daftar Hadir Guru, Notula,Buku Agenda
|
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan
guru (catat kegiatan yang dilakukan)
1.
Ibu Rohmaniah selalu hadir di sekolah kecuali
berhalangan berat
2.
Ibu Rohmaniah melaksanakan tugas tepat pada
waktunya, melakukan supervisi kelas dan ektra kurikuler
3.
Ibu Rohmaniah aktif dalam kegiatan KKG
|
Kompetensi 9 : Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
|
1.
Guru bertingkah laku sopan dalam
berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta didik, orang tua,
dan teman sejawat.
|
0
|
1
|
②
|
2.
Guru mau membagi pengalamannya dengan
kolega, termasuk mengundang mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan
memberikan masukan.
|
0
|
①
|
2
|
3.
Guru mampu mengelola pembelajaran yang
membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik, sehingga semua peserta
didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran.
|
0
|
1
|
②
|
4.
Guru bersikap dewasa dalam menerima
masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
|
0
|
1
|
②
|
5.
Guru berperilaku baik untuk mencitrakan
nama baik sekolah.
|
0
|
1
|
②
|
Total skor
|
9
|
||
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
10
|
||
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
90,00%
|
||
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
4
|
Kompetensi 10 :
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi,
rasa bangga menjadi guru
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi
Kepribadian (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai : Adah Salsiah, S.Pd.MM
Pengamatan
Tanggal
|
14 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Daftar Hadir Guru,Buku Agenda, RPP
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.
Ibu Rohmaniah mengajar sambil berkeliling ke
meja-meja siswa
2.
Ibu Rohmaniah bertanya secara terbuka dan
mendengarkan jawaban siswa tanpa memotong perkataan siswa
3.
Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan
secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
4.
Ibu Rohmaniah menyampaikan materi dengan suara
yang jelas dan lancar
5.
Ibu Rohmaniah datang mengunjungi kelompok
belajar untuk memberikan arahan dan memastikan kelompok bekerja secara
bersama
6.
Ibu Rohmaniah berkeliling dari kelompok satu ke
kelompok lainnya sambil mengarahkan semua siswa terlibat dalam tugas kelompok
7.
Ibu Rohmaniah menugaskan siswa membaca buku
paket lalu mengisi LKS
8.
Ibu Rohmaniah menyampaikan informasi bahwa
diakhir kegiatan pembelajaran akan dilakukan evaluasi tertulis, siswa nampa
rajin membaca kembali.
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
-
Guru membuat pernak Pernik di kelas agar kelas
terlihat lebih ceria.
|
Pemantauan
Tanggal
|
15 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
Daftar Hadir
Guru ,Buku Agenda ,RPP
|
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan
guru (catat kegiatan yang dilakukan
1.
Ibu Rohmaniah datang dan pulang sesuai jadwal
dan memberikan tugas kepada peserta didiknya.
2.
Ibu Rohmaniah menyatakan bangga dan nyaman
sebagai guru
|
Kompetensi 10: Etos kerja,
tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
|
1.
Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran
dengan tepat waktu.Jika guru harus meninggalkan kelas, guru mengaktifkan
siswa dengan melakukan hal‐hal produktif terkait dengan mata pelajaran, dan
meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi kelas.
|
0
|
1
|
②
|
2.
Guru memenuhi jam mengajar dan dapat
melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan
persetujuan pengelola sekolah.
|
0
|
1
|
②
|
3.
Guru meminta ijin dan memberitahu lebih
awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika tidak menghadiri
kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas.
|
0
|
1
|
②
|
4.
Guru menyelesaikan semua tugas
administratif dan non‐pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar yang
ditetapkan.
|
0
|
1
|
②
|
5.
Guru memanfaatkan waktu luang selain
mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
|
0
|
1
|
②
|
6.
Guru memberikan kontribusi terhadap
pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap
nama baik sekolah.
|
0
|
①
|
2
|
7. Guru merasa
bangga dengan profesinya sebagai guru.
|
0
|
1
|
②
|
Total skor
|
13
|
||
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
14
|
||
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
92,86%
|
||
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
4
|
Kompetensi 11 :
Bersikap inklusif, bertindak obyektif,
serta tidak diskriminatif.
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi
Sosial (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru :
Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai :
Adah Salsiah, S.Pd.MM
Pengamatan
Tanggal
|
14 Nopember 2018
|
Dokumen dan
Bahan Lain yang Diperiksa
|
Silabus,RPP,Buku
Analis ,Buku Nilai.
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
1. Ibu Rohmaniah
datang mengunjungi kelompok belajar untuk memberikan arahan dan memastikan
kelompok bekerja secara bersama
2. Ibu Rohmaniah
berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lainnya sambil mengarahkan semua
siswa terlibat dalam tugas kelompok
3. Ibu Rohmaniah
bertanya secara terbuka dan mendengarkan jawaban siswa tanpa memotong
perkataan siswa
4. Ibu Rohmaniah
memberikan arahan dan bimbingan secara berkelompok dengan cara mengunjungi
meja siswa
|
|
Tindak Lanjut
Yang Diperlukan
Mengembangkan model pembelajaran siswa
|
Pemantauan
Tanggal
|
15 Nopember 2018
|
Dokumen dan
Bahan Lain yang Diperiksa
|
-RPP,Buku
Agenda, Buku BP
|
Catatan dan tanggapan
penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru (catat kegiatan yang
dilakukan)
1. Kepedulian guru terhadap teman sejawat berupa
kunjungan rumah untuk menjenguk
2. Terlibat dalam kegiatan kebersihan sekola
|
Kompetensi 11 : Bersikap inklusif, bertindak obyektif,
serta tidak diskriminatif.
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
|
1. Guru memperlakukan semua peserta didik secara
adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing‐masing, tanpa
memperdulikan faktor personal.
|
0
|
1
|
②
|
2. Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan
teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua
diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya.
|
0
|
①
|
2
|
3. Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan
tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta
didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama dengan guru).
|
0
|
①
|
2
|
Total skor
|
4
|
||
Skor maksimum =
jumlah indikator x 2
|
6
|
||
Persentase =
(total skor/skor maksimum) x 100%
|
66,67%
|
||
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50%
< x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
|
3
|
Kompetensi 12 :
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga
kependidikan, orang tua
peserta
didik, dan masyarakat.
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Sosial (Pemantauan)
Nama Guru : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai : Adah Salsiah, S.Pd.MM
Pemantauan
Tanggal
|
14
Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
-
Daftar Hadir, Buku Agenda, Buku Notula ,Buku
Penghubung dengan orang tua siswa
|
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan
guru (catat kegiatan yang dilakukan)
1.
Ibu Rohmaniah menyampaikan informasi kemajuan
belajar maupun perkembangan peserta didik kepada orang tua melalui raport
2.
Ibu Rohmaniah aktif mengikuti kegiatan-kegiatan
yang diselenggarakan sekolah seperti upacara peringatan, rapat, kegiatan olah
raga
3.
Pernah telibat dalam kepungurusan RT di
tempat tinggalnya
|
Kompetensi 12 : Komunikasi dengan sesama guru, tenaga
kependidikan, orang tua
peserta
didik, dan masyarakat.
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
|
1.
Guru menyampaikan informasi tentang
kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik
dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua, teman
sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
|
0
|
①
|
2
|
2.
Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan di
luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakat dan dapat
memberikan bukti keikutsertaannya.
|
0
|
1
|
②
|
3.
Guru memperhatikan sekolah sebagai bagian
dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta berperan
dalam kegiatan sosial di masyarakat.
|
0
|
①
|
2
|
Total skor
|
4
|
||
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
6
|
||
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
66,67%
|
||
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
3
|
Kompetensi 13 :
Penguasaan materi struktur konsep dan
pola pikir keilmuan yang
mendukung
mata pelajaran yang diampu
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi
Profesional (Pengamatan)
Nama Guru : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai : Adah Salsiah, S.Pd.MM
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
14 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
RPP
|
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru
1.
Materi yang disampaikan dalam RPP seperti
yang tertulis dalam silabus
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
15 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
RPP
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.
Ibu Rohmaniah menyampaikan judul materi yang
akan diajarkan
2.
Ibu Rohmaniah menggunakan metode ceramah dan
tanyajawab dalam menyampaikan materi
3.
Ibu Rohmaniah mengkaitkan materi pembelajaran
dengan contoh organisasi di dalam sekolah dan diluar sekolah
4.
Ibu Rohmaniah mengajar sambil berkeliling ke
meja-meja siswa
5.
Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan
secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
6.
Materi yang disampaikan dikaitkan dengan
organisasi sekolah dan organisasi kemasyarakatn
7.
Ibu Rohmaniah menyampaikan materi sesuai dengan
yang ditulis di RPP
8.
Ibu Rohmaniah datang mengunjungi kelompok
belajar untuk memberikan arahan dan memastikan kelompok bekerja secara
bersama
9.
Ibu Rohmaniah berkeliling dari kelompok satu ke
kelompok lainnya sambil mengarahkan semua siswa terlibat dalam tugas kelompok
10.
Ibu Rohmaniah menugaskan siswa membaca buku
paket lalu mengisi LKS
11.
Ibu Rohmaniah menyampaikan informasi bahwa
diakhir kegiatan pembelajaran akan dilakukan evaluasi tertulis, siswa nampa
rajin membaca kembali
12.
Sebagian siswa kerja kelompok dan sebagian
lagi bermain sendiri setelah kerja kelompok berlangsung lebih dari 30 menit.
13.
Ibu Rohmaniah menungaskan siswa kerja kelompok
untuk membaca buku paket, mengisi LKS dan menempel stiker nama dalam struktur
organisasi
14.
Pembelajaran diakhiri dengan evaluasi
tertulis
15.
Ibu Rohmaniah menyampaian pertanyaan terbuka
dalam setiap memberikan pertanyaan
16.
Ibu Rohmaniah menggunakan alat bantu
pembelajaran berupa bagan (chart) struktur organisasi
|
|
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
Mengembangkan berbagai
macama media pembelajaran
|
Kompetensi 13 : Penguasaan materi struktur konsep dan pola
pikir keilmuan yang
mendukung
mata pelajaran yang diampu
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
|
1.
Guru
melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata
pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang
dianggap sulit, melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan
memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan.
|
0
|
①
|
2
|
2.
Guru
menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran.
|
0
|
1
|
②
|
3.
Guru
menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi
informasi yang tepat, mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk
memahami konsep materi pembelajaran.
|
0
|
①
|
2
|
Total skor
|
4
|
||
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
6
|
||
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
66,67%
|
||
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50%
< x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
|
3
|
Kompetensi 14 : Mengembangkan keprofesian melalui tindakan
reflektif
Jenis dan Cara Menilai : Kompetensi Profesional (Pemantauan)
Nama Guru : Rohmaniah, S.Pd..
Nama Penilai : Adah Salsiah, S.Pd.MM.
Pemantauan
Tanggal
|
14 Nopember 2018
|
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
|
-
Jurnal pembelajaran
-
Daftar Nilai
|
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan
guru (catat kegiatan yang dilakukan)
1.
Guru mencatat kegiatan pembelajaran dalam
jurnal pembelajaran di kelas
2.
Guru memiliki daftar nilai hasil penilaian
proses pembelajaran
3.
Guru memiliki karya tulis hasil penelitian
tindakan kelas
|
Kompetensi 14 : Mengembangkan
keprofesian melalui tindakan reflektif
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak Ada Bukti
|
Terpenuhi Sebagian
|
Seluruhnya Terpenuhi
|
|
1.
Guru melakukan evaluasi diri secara
spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri sendiri.
|
0
|
①
|
2
|
2.
Guru memiliki jurnal pembelajaran, catatan
masukan dari teman sejawat atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai
bukti yang menggambarkan kinerjanya.
|
0
|
①
|
2
|
3.
Guru memanfaatkan bukti gambaran
kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
|
0
|
①
|
2
|
4.
Guru dapat mengaplikasikan pengalaman PKB
dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan tindak lanjutnya.
|
0
|
①
|
2
|
5.
Guru melakukan penelitian, mengembangkan
karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar, konferensi), dan
aktif dalam melaksanakan PKB.
|
0
|
1
|
②
|
6.
Guru dapat memanfaatkan TIK dalam
berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.
|
0
|
1
|
②
|
Total skor
|
8
|
||
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
|
12
|
||
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
|
66,67%
|
||
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% =
1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% =
4)
|
3
|
REKAP HASIL
PENILAIAN KINERJA GURU KELAS/MATA PELAJARAN
a.
Nama : Rohmaniah, S.Pd.
N I P : 196409161986102007
Tempat/Tanggal Lahir : Lebak, 16-09-1964
Pangkat/Jabatan/Golongan
: Pembina /Guru Madya / IVa
TMT sebagai guru : 01 Oktober 1986
Masa Kerja : 32 Tahun 2 Bulan
Jenis Kelamin :
Perempuan
Pendidikan
Terakhir/Spesialisasi : s1/PGSD
Mata Pelajaran yang diampu : Guru kelas
b.
Nama
Instansi/Sekolah : SD
Negeri Kalipasir
Telp / Fax :
-
Alamat :
Jl. Raya Hambaro
Desa / Kecamatan :
Leuwisadeng / Leuwisadeng
Kabupaten :
Bogor
Propinsi : Jawa Barat
Periode penilaian
1 Januari 2018 sampai 31 Desember 2018
(tanggal, bulan,
tahun)(tanggal, bulan, tahun)
|
Tahun
2018
|
|
NO
|
K O M P E T E N S I
|
NILAI *)
|
A. Pedagogik
|
||
1.
|
Menguasai karakteristik peserta
didik
|
4
|
2.
|
Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
|
3
|
3.
|
Pengembangan kurikulum
|
2
|
4.
|
Kegiatan pembelajaran yang
mendidik
|
3
|
5.
|
Pengembangan potensi peserta didik
|
4
|
6.
|
Komunikasi dengan peserta didik
|
4
|
7.
|
Penilaian dan evaluasi
|
3
|
B. Kepribadian
|
||
8.
|
Bertindak sesuai dengan
norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional
|
4
|
9.
|
Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
|
4
|
10.
|
Etos kerja, tanggung jawab yang
tinggi, rasa bangga menjadi guru
|
4
|
C. Sosial
|
||
11.
|
Bersikap inklusif, bertindak
obyektif, serta tidak diskriminatif
|
3
|
12.
|
Komunikasi dengan sesama guru,
tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat
|
3
|
D. Profesional
|
||
13.
|
Penguasaan materi, struktur,
konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
3
|
14.
|
Mengembangkan keprofesionalan
melalui tindakan yang reflektif
|
3
|
Jumlah (Hasil penilaian kinerja guru)
|
47
|
|
Nilai Akhir
|
83,93
|
|
Sebutan
|
BAIK
|
*) Nilai diisi berdasarkan
laporan dan evaluasi PK Guru. Nilai minimum per kompetensi = 1 dan nilai
maksimum = 4
Bogor, 28 Nopember 2018
Kepala Sekolah, Guru yang
dinilai, Penilai,
Adah
Salsiah, S.P.MM. Rohmaniah, S.Pd. Adah Salsiah, S.Pd.MM
NIP. 196101121982042001 NIP. 196409161986102007 NIP. 196101121982042001
FORMAT PENGHITUNGAN ANGKA KREDIT PK GURU
KELAS/MATA PELAJARAN
a.
Nama : Rohmaniah, S.Pd.
N I P : 196409161986102007
Tempat/Tanggal Lahir : Lebak, 16-09-1964
Pangkat/Jabatan/Golongan
: Pembina /Guru Madya / IVa
TMT sebagai guru : 01 Oktober 1986
Masa Kerja : 32 Tahun 2 Bulan
Jenis Kelamin :
Perempuan
Pendidikan
Terakhir/Spesialisasi : s1/PGSD
Mata Pelajaran yang diampu : Guru kelas
c.
Nama
Instansi/Sekolah : SD Negeri Kalipasir
Telp / Fax :
-
Alamat :
Jl. Raya Hambaro
Desa / Kecamatan :
Leuwisadeng / Leuwisadeng
Kabupaten :
Bogor
Propinsi : Jawa Barat
Nilai PK GURU Kelas/Mata Pelajaran
|
47
|
Konversi nilai PK GURU ke dalam skala 0
– 100 sesuai Permenneg PAN & RM
No.
16
Tahun 2009 dengan
rumus
Nilai PKG (100)
= 47 x 100
56
|
83,93
|
Berdasarkan hasil konversi ke dalam skala
nilai sesuai dengan peraturan
tersebut, selanjutnya
ditetapkan sebutan dan
persentase angka kreditnya
|
|
Perolehan angka kredit (untuk pembelajaran) yang
dihitung berdasarkan
rumus berikut ini.
Angka Kredit satu
tahun =
|
29,75
|
Leuwisadeng, 31 Desember 2018
|
||
Kepala Sekolah
Adah Salsiah,
S.Pd.MM
NIP. 196101121982042001
|
Penilai
Adah Salsiah, S.Pd.MM
NIP. 196101121982042001
|
Guru Yang dinilai
Rohmaniah, S.Pd.
NIP. 196409161986102007
|
No comments:
Post a Comment