Monday, February 25, 2019

Contoh Penilaian Kerja Guru (PKG) IV A Terbaru



                 
                  




Kompetensi 1                    : Mengenal Karakteristik Peserta Didik
Jenis dan Cara Menilai  : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru         : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai      : Adah Salsiah, S.Pd.MM

Sebelum Pengamatan
Tanggal
14 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Daftar Hadir
Buku Bp,Buku Prestasi
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.       Ibu Rohmaniah menyampaikan varian kompetensi siswa yang ada dikelasnya.
2.       Rohmaniah menyebutkan siswa-siswa yang memiliki prestasi diberbagai bidang.
3.       Rohmaniah menyebutkan kondisi siswa dilkelasnya terkait dengan kondisi fisik siswa.
Tindak lanjut yang diperlukan:
 Guru berupaya membuat penilain portopolio

Selama Pengamatan
Tanggal
15 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Daftar Hadir, RPP

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.       Meja belajar siswa diatur melingkar untuk keperluan kerja kelompok
2.       Rohmaniah mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
3.       Rohmaniah menyuruh seorang siswa untuk memingpin Doa ,selanjutnya guru mengabsen siswa
4.       Rohmaniah mengajar sambil berkeliling ke meja-meja siswa
5.       Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
6.       Rohmaniah menyampaikan materi dengan suara yang jelas dan lancar
7.       Rohmaniah datang mengunjungi kelompok belajar untuk memberikan aarahan dan memastikan kelompok bekerja secara bersama
8.       Rohmaniah berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lainnya sambil mengarahkan semua siswa terlibat dalam tugas kelompok
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
Mengevaluasi metode belajar siswa

Setelah Pengamatan
Tanggal
16 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Daftar Hadir, RPP

Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru
1.       Persepsi guru tentang kegiatan pembelajaran masih perlu dikembangkan dan dilengkapi kegiatannya
2.       Kurang nya media pembelajan
3.       Persepsi guru tentang hasil pembelajaran belum bisa dijawab karena belum dikoreksi
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
Menyediakan berbagai media pembelajaran
Pemantauan
Tanggal
17 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Daftar Hadir, Daftar Nilai, dan analisis hasil belajar

Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
1.       Guru membuat catatan tentang kemajuan belajar berupa daftar nilai dan format analisis hasil belajar

Kompetensi 1 : Mengenal Karakteristik Peserta Didik
Indikator
Skor
Tidak Ada Bukti
Terpenuhi Sebagian
Seluruhnya Terpenuhi
1.         Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
0
1
2.         Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
0
1
3.         Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
0
1
4.         Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
0
1
5.         Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
0
2
6.         Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok‐olok, minder, dsb)
0
2
Total skor
10
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
12
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
83,33%
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
4







Kompetensi 2                    : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik
Jenis dan Cara Menilai  : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)

Nama Guru         : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai      : Adah Salsiah, S.Pd.MM

Sebelum Pengamatan
Tanggal
14 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Silabus, RPP, Program Semesteran, LKS

Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.       Rohmaniah menjelaskan cara mencapai tujuan pembelajaran pada topik yang diajarkan melalui ceramah, kerja kelompok (membaca, mengisi LKS), dan penugasan
2.       Untuk mengetahui keterserapan materi pelajaran dengan cara post test tertulis
3.       Latar belakang penyusunan rencana pembelajaran seperti di RPP agar memudahkan terbangunnya konsep dari materi pembelajaran

Selama Pengamatan
Tanggal
15 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Silabus, RPP, Program Semesteran, LKS

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.       Ibu Rohmaniah menyampaikan judul materi yang akan diajarkan
2.       Ibu Rohmaniah menggunakan metode ceramah dann tanyajawab dalam menyampaikan materi
3.       Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
4.       Ibu Rohmaniah mengungkapkan pujian kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar
5.       Ibu Rohmaniah datang mengunjungi kelompok belajar untuk memberikan aarahan dan memastikan kelompok bekerja secara bersama
6.       Ibu Rohmaniah berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lainnya sambil mengarahkan semua siswa terlibat dalam tugas kelompok
7.       Ibu Rohmaniah menugaskan siswa membaca buku paket lalu mengisi LKS
8.       Ibu Rohmaniah menyampaikan informasi bahwa diakhir kegiatan pembelajaran akan dilakukan evaluasi tertulis, siswa nampa rajin membaca kembali
9.       Ibu Rohmaniah menungaskan siswa kerja kelompok untuk membaca buku paket, mengisi LKS dan menempel stiker nama dalam struktur organisasi
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
Membuat portofolio hasil belajar siswa





Setelah Pengamatan
Tanggal
16 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Promes ,RPP,buku Nilai

Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru
-          Ibu Rohmaniah memberi kesempatan kepada siswa tampil kedepan untuk menguji keberanian dan kemampuan
-          Ibu Rohmaniah melakukan kemampuan Aktivitas pembelajaran saling keterkaitan satu sama lain dalam proser KBM
-          Ibu Rohmaniah mengajar menggunakan berbagai macam metode

Tindak Lanjut Yang Diperlukan
-          Guru mengevaluasi berbagai metode yang digunakan dalam pebelajaran
-          Guru memilih salah satu metode yang paling cocok untuk digunakan di kelasnya.


Kompetensi 2 : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Indikator
Skor
Tidak Ada Bukti
Terpenuhi Sebagian
Seluruhnya Terpenuhi
1.       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
0
2
2.       Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
0
2
3.       Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
0
1
4.       Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
0
2
5.       Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
0
1
6.       Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
0
2
Total skor
8
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
12
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
66,67%
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
3

Kompetensi 3                    : Pengembangan kurikulum
Jenis dan Cara Menilai  : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)

Nama Guru         : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai      : Adah Salsiah, S.Pd.MM

Sebelum Pengamatan
Tanggal
14 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
RPP dan Silabus

Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.       RPP yang disusun sesuai  dengan isi di silabus
2.       Pembuatan program pembelajaran sudah sesuai dengan kearifan lokal
Tindak lanjut yang diperlukan:
- Guru menyusun silabus, RPP, program tahunan, program semesteran, dan KKM


Selama Pengamatan
Tanggal
15 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
RPP dan Silabus

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.       Ibu Rohmaniah mengabsen siswa
2.       Ibu Rohmaniah menyampaikan judul materi yang akan diajarkan
3.       Ibu Rohmaniah menggunakan metode ceramah dan tanyajawab dalam menyampaikan materi
4.       Meja belajar siswa diatur melingkar untuk keperluan kerja kelompok
5.       Ibu Rohmaniah memberikan tugas berrupa LKS secara berkelompok (4 orang/kelompok)
6.       Ibu Rohmaniah menugaskan siswa membaca buku paket lalu mengisi LKS
7.       Ibu Rohmaniah menyampaikan informasi bahwa diakhir kegiatan pembelajaran akan dilakukan evaluasi tertulis, siswa nampa rajin membaca kembali
8.       Pembelajaran diakhiri dengan evaluasi tertulis
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
-          Guru membuat portofolio


Setelah Pengamatan
Tanggal
16 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
RPP dan Silabus

Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru
-          Ibu Rohmaniah membuat program semester belum  tuntas penjadwalannya
-          Ibu Rohmaniah membuat RPP  menyusun konteksnya belum menyentul kehidupan sehari hari peserta didik.

Tindak Lanjut Yang Diperlukan
-          Ibu Rohmaniah mengoreksi bagian RPP yang belum sesuai dan memperbaikinya


Kompetensi 3 : Pengembangan kurikulum
Indikator
Skor
Tidak Ada Bukti
Terpenuhi Sebagian
Seluruhnya Terpenuhi
1.       Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum.
0
2
2.       Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.
0
2
3.       Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.
0
2
4.       Guru memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik, d) dapat dilaksanakan di kelas dan e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari‐hari peserta didik.
0
2
Total skor
4
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
8
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
87,50%
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
4


















Kompetensi 4                    : Kegiatan pembelajaran yang mendidik
Jenis dan Cara Menilai  : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)

Nama Guru         :  Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai      :  Adah Salsiah, S.Pd.MM

Sebelum Pengamatan
Tanggal
14 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
RPP

Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.       Ibu Rohmaniah menjelaskan topik yang akan diajarkan dan untuk antisipasi kesulitan dilengkapi dengan alat bantu pembelajaran berupa bagan struktur organisasi
2.       Apabila ada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi, siswa tersebut diajak melihat contoh dilingkungan dalam sekolah atau dilingkungan luar sekolah
3.       Untuk mempertahankan atau meningkatkan daya tahan siswa dalam memperhatikan materi pembelajaran , melalui: materi disederhanakan, bahan ajar/sumber belajar dilengkapi, dan sering melakukan pertanyaan terbuka
4.       Agar siswa aktif dalam kerja kelompok dilakukan upaya agar seluruh siswa mendapat LKS dan semua siswa mendapat tugas
Tindak lanjut yang diperlukan:
-          Memberikan beberapa trik mengajar yang menyenangkan

Selama Pengamatan
Tanggal
15 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
RPP

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.       Ibu Rohmaniah menyampaikan judul materi yang akan diajarkan
2.       Ibu Rohmaniah menggunakan metode ceramah dan tanyajawab dalam menyampaikan materi
3.       Meja belajar siswa diatur melingkar untuk keperluan kerja kelompok
4.       Ibu Rohmaniah memberikan tugas berupa LKS secara berkelompok (4 orang/kelompok)
5.       Ibu Rohmaniah mengajar sambil berkeliling ke meja-meja siswa
6.       Ibu Rohmaniah bertanya secara terbuka dan mendengarkan jawaban siswa tanpa memotong perkataan siswa
7.       Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
8.       Materi yang disampaikan dikaitkan dengan organisasi sekolah dan organisasi kemasyarakatn
9.       Ibu Rohmaniah menyampaikan materi sesuai dengan yang ditulis di RPP
10.   Ibu Rohmaniah datang mengunjungi kelompok belajar untuk memberikan arahan dan memastikan kelompok bekerja secara bersama
11.   Ibu Rohmaniah menungaskan siswa kerja kelompok untuk membaca buku paket, mengisi LKS dan menempel stiker nama dalam struktur organisasi
12.   Ibu Rohmaniah menggunakan alat bantu pembelajaran berupa bagan (chart) struktur organisasi
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
-          Memberikan trik pembelajaran yang lebih kreatif
Setelah Pengamatan
Tanggal
16 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
RPP

Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru
-          Ibu Rohmaniah menyampaikan materi sesuai tujuan
-          Ibu Rohmaniah mampu menyesuaikan Aktivitas proses pembelajaran sesuai yang di rancang

Kompetensi 4 : Kegiatan pembelajaran yang mendidik
Indikator
Skor
Tidak Ada Bukti
Terpenuhi Sebagian
Seluruhnya Terpenuhi
1.       Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
0
1
2.       Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
0
1
3.       Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
1
2
4.       Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan sematamata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju/tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yg benar.
0
2
5.       Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan seharihari peserta didik.
0
1
6.       Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
0
2
7.       Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif.
0
2
8.       Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
0
1
9.       Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain.
0
2
10.   Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
0
1
11.   Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audiovisual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
1
2
Total skor
14
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
22
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
63,64%
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
3

















Kompetensi 5                    : Memahami dan mengembangkan potensi
Jenis dan Cara Menilai  : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru         :  Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai      :  Adah Salsiah, S.Pd.MM

Sebelum Pengamatan
Tanggal
14 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Daftar hadir

Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.    Ibu Rohmaniah menyebutkan varian kompetensi peserta didi dikelasnya
2.    Ibu Rohmaniah menyebutkan beberapa nama siswa yang memliki keunggulan dalam bidang akademik dan non akademik
Tindak lanjut yang diperlukan:
-          Megadakan bimbingan terhadap siswa yang memiliki keompetensi tertentu di sekolah.

Selama Pengamatan
Tanggal
15  Nopember  2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Daftar hadir, Silabus, dan RPP

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.    Ibu Rohmaniah mengungkapkan pujian kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar
2.    Ibu Rohmaniah memberikan tugas berrupa LKS secara berkelompok (4 orang/kelompok)
3.    Ibu Rohmaniah mengajar sambil berkeliling ke meja-meja siswa
4.    Ibu Rohmaniah bertanya secara terbuka dan mendengarkan jawaban siswa tanpa memotong perkataan siswa
5.    Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
6.    Ibu Rohmaniah datang mengunjungi kelompok belajar untuk memberikan arahan dan memastikan kelompok bekerja secara bersama
7.    Ibu Rohmaniah menugaskan siswa membaca buku paket lalu mengisi LKS
8.    Ibu Rohmaniah menyampaikan informasi bahwa diakhir kegiatan pembelajaran akan dilakukan evaluasi tertulis, siswa nampa rajin membaca kembali
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
Guru membuat portofolio.

Setelah Pengamatan
Tanggal
16 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Daftar hadir

1.       Kehadiran guru sangat baik.
2.       Tidak terdapat sakit dan izin selama pengamatan.

Pemantauan
Tanggal
17 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Daftat Hadir ,RPP

-          Kehadiran guru tidak terganggu dengan hari-hari tidak efektif
-          Guru melakukan analisis terhadap program pembelajaran yang telah dibuat.

Kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan potensi
Indikator
Skor
Tidak Ada Bukti
Terpenuhi Sebagian
Seluruhnya Terpenuhi
1.       Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masing‐masing.
0
1
2.       Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar  sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing‐masing.
0
2
3.       Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan  kemampuan berfikir kritis peserta didik.
0
2
4.       Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
0
1
5.       Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masingmasing peserta didik.
0
1
6.       Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masingmasing.
0
1
7.       Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan.
0
1
Total skor
12
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
14
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
85,71%
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
4










Kompetensi 6                    : Komunikasi dengan peserta didik
Jenis dan Cara Menilai  : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)

Nama Guru         :  Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai      :   Adah Salsiah, S.Pd.MM

Sebelum Pengamatan
Tanggal
14 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
-          Daftar hadir ,RPP

Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.       Cara guru mendorong interaksi aktif antar peserta didik melalui penjelasan tugas dan mengunjungi kelompok belajar secara berkeliling untuk mengingatkan mereka agar kerja bersama
Tindak lanjut yang diperlukan:
-          Berkomunikasi dengan siswa untuk memencing keberanian siswa dalam menjawab ataupun bertanya kepada guru.

Selama Pengamatan
Tanggal
15 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Silabus ,RPP, Daftar hadir
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.       Ibu Rohmaniah menggunakan metode ceramah dan tanyajawab dalam menyampaikan materi
2.       Ibu Rohmaniah bertanya secara terbuka dan mendengarkan jawaban siswa tanpa memotong perkataan siswa
3.       Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
4.       Ibu Rohmaniah datang mengunjungi kelompok belajar untuk memberikan aarahan dan memastikan kelompok bekerja secara bersama
5.       Ibu Rohmaniah berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lainnya sambil mengarahkan semua siswa terlibat dalam tugas kelompok
6.       Sebagian siswa kerja kelompok dan sebagian lagi bermain sendiri setelah kerja kelompok berlangsung lebih dari 30 menit.
7.       Ibu Rohmaniah menyampaian pertanyaan terbuka dalam setiap memberikan pertanyaan
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
-          Memberikan jam tambahan, diluar jam sekolah

Setelah Pengamatan
Tanggal
16 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
-RPP

Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru
1.       Pengakuan guru mengatakan siswa dilatih bertanya dan persepsi guru terhadap komunikasi dengan siswa masih banyak siswa yang belum bertanya dan menjawab
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
-          Membuat beberapa trik khusus untuk memaksa siswa agar mau berinteraksi.

Kompetensi 6 : Komunikasi dengan peserta didik
Indikator
Skor
Tidak Ada Bukti
Terpenuhi Sebagian
Seluruhnya Terpenuhi
1.       Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
0
2
2.       Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
0
1
3.       Guru menanggapi pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
0
1
4.       Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antarpeserta didik.
0
1
5.       Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
0
2
6.       Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
0
1
Total skor
10
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
12
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
83,33%
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
4














Kompetensi 7                    : Penilaian dan evaluasi
Jenis dan Cara Menilai  : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan)

Nama Guru         : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai      : Adah Salsiah, S.Pd.MM.

Sebelum Pengamatan
Tanggal
14 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Program Semesteran, Silabus, RPP dan alat penilaian

Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.       Alat penilaian yang ditulis di RPP sesuai dengan tujuan yang ditulis di RPP
2.       Perangkat penilaian dimanfaatkan untuk perbaiki penyusunan RPP dan metode pembelajaran
3.       Teknik dan jenis penilaian yang pernah dilakukan tertulis essay, melengkapi, dan menjodohkan
Tindak lanjut yang diperlukan:
Mengevaluaai efektivitas model tes tertulis yang dipakai

Selama Pengamatan
Tanggal
15 November 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Program Semesteran, Silabus, RPP dan alat penilaian

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.       Ibu Rohmaniah menugaskan siswa membaca buku paket lalu mengisi LKS
2.       Ibu Rohmaniah menyampaikan informasi bahwa diakhir kegiatan pembelajaran akan dilakukan evaluasi tertulis, siswa nampa rajin membaca kembali
3.       Ibu Rohmaniah menungaskan siswa kerja kelompok untuk membaca buku paket, mengisi LKS dan menempel stiker nama dalam struktur organisasi
4.       Pembelajaran diakhiri dengan evaluasi tertulis
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
-          Menambah sumber pembelajaran disamping LKS


Setelah Pengamatan
Tanggal
16 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Program Semesteran, Silabus, RPP dan alat penilaian

Setelah pengamatan: tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru
1.       Ibu Rohmaniah mengkomunikasikan hasil belajar kepada siswa dan orang tua siswa

Tindak Lanjut Yang Diperlukan
Melakukan pertemuan dengan wali murid

Kompetensi 7 : Penilaian dan evaluasi
Indikator
Skor
Tidak Ada Bukti
Terpenuhi Sebagian
Seluruhnya Terpenuhi
1.       Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam RPP.
0
1
2.       Guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat
pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan akan dipelajari.
0
2
3.       Guru menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing‐masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
0
2
4.       Guru memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.
0
2
5.       Guru memanfatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
0
2
Total skor
8
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
10
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
60,00%
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
3



















Kompetensi 8                    : Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan
                                                nasional Indonesia
Jenis dan Cara Menilai  : Kompetensi Kepribadian (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru            : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai         : Adah Salsiah, S.Pd.MM
Pengamatan
Tanggal
14 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Silabus,RPP.Buku BP
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.       Pandangan guru tentang keberagaman bangsa adalah  perlu ditanamkan kepada siswa sebagai upaya untuk membangun konsep berpikir bhineka tunggal ika
Tindak lanjut yang diperlukan:
Menanamkan konsep berpikir bhineka tungal ika terhadap siswa

Pemantauan
Tanggal
15 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
RPP.Buku  BP
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
1.       Ibu Rohmaniah menjelaskan pemahaman prinsip Pancasila sebagai alat untuk membangun kebersamaan, hormat menghormati, dan toleransi
2.       Dalam pergaulan sehari-hari guru menekankan kebersamaan, kekeluargaan, musyawarah, saling menghargai satu dan lainnya

Kompetensi 8 : Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan
                                nasional Indonesia
Indikator
Skor
Tidak Ada Bukti
Terpenuhi Sebagian
Seluruhnya Terpenuhi
1.       Guru menghargai dan mempromosikan prinsip‐prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga Indonesia.
0
1
2.       Guru mengembangkan kerjasama dan membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang ada (misalnya: suku, agama, dan gender).
0
1
3.       Guru saling menghormati dan menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing‐masing.
0
1
4.       Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.
0
1
5.       Guru mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama).
0
1
Total skor
10
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
10
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
100,00%
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
4

Kompetensi 9                    : Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
Jenis dan Cara Menilai  : Kompetensi Kepribadian (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru         :  Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai      : Adah Salsiah, S.Pd.MM
Pengamatan
Tanggal
14 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
RPP

Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.       Ibu Rohmaniah berbicara dengan sesama guru dan siswa menggunakan kata-kata yang sopan
2.       Penampilan guru sederhana dan sopan
3.       Ibu Rohmaniah mengungkapkan pujian kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar
4.       Ibu Rohmaniah mengajar sambil berkeliling ke meja-meja siswa
5.       Ibu Rohmaniah bertanya secara terbuka dan mendengarkan jawaban siswa tanpa memotong perkataan siswa
6.       Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
Tindak lanjut yang diperlukan:
-          Mengatur posisi meja siswa agar proses pembelajaran tidak membosankan.

Pemantauan
Tanggal
15 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Daftar Hadir Guru, Notula,Buku Agenda

Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
1.       Ibu Rohmaniah selalu hadir di sekolah kecuali berhalangan berat
2.       Ibu Rohmaniah melaksanakan tugas tepat pada waktunya, melakukan supervisi kelas dan ektra kurikuler
3.       Ibu Rohmaniah aktif dalam kegiatan KKG

Kompetensi 9 : Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
Indikator
Skor
Tidak Ada Bukti
Terpenuhi Sebagian
Seluruhnya Terpenuhi
1.       Guru bertingkah laku sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta didik, orang tua, dan teman sejawat.
0
1
2.       Guru mau membagi pengalamannya dengan kolega, termasuk mengundang mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan.
0
2
3.       Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik, sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
0
1
4.       Guru bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
0
1
5.       Guru berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah.
0
1
Total skor
9
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
10
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
90,00%
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
4




































Kompetensi 10                 : Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
Jenis dan Cara Menilai  : Kompetensi Kepribadian (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru         : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai      : Adah Salsiah, S.Pd.MM

Pengamatan
Tanggal
14 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Daftar Hadir Guru,Buku Agenda, RPP

Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru:
1.    Ibu Rohmaniah mengajar sambil berkeliling ke meja-meja siswa
2.    Ibu Rohmaniah bertanya secara terbuka dan mendengarkan jawaban siswa tanpa memotong perkataan siswa
3.    Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
4.    Ibu Rohmaniah menyampaikan materi dengan suara yang jelas dan lancar
5.    Ibu Rohmaniah datang mengunjungi kelompok belajar untuk memberikan arahan dan memastikan kelompok bekerja secara bersama
6.    Ibu Rohmaniah berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lainnya sambil mengarahkan semua siswa terlibat dalam tugas kelompok
7.    Ibu Rohmaniah menugaskan siswa membaca buku paket lalu mengisi LKS
8.    Ibu Rohmaniah menyampaikan informasi bahwa diakhir kegiatan pembelajaran akan dilakukan evaluasi tertulis, siswa nampa rajin membaca kembali.

Tindak lanjut yang diperlukan:
-          Guru membuat pernak Pernik di kelas agar kelas terlihat lebih ceria.

Pemantauan
Tanggal
15 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Daftar Hadir Guru  ,Buku Agenda ,RPP

Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan
1.       Ibu Rohmaniah datang dan pulang sesuai jadwal dan memberikan tugas kepada peserta didiknya.
2.       Ibu Rohmaniah menyatakan bangga dan nyaman sebagai guru


Kompetensi 10: Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
Indikator
Skor
Tidak Ada Bukti
Terpenuhi Sebagian
Seluruhnya Terpenuhi
1.       Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.Jika guru harus meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal‐hal produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi kelas.
0
1
2.       Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
0
1
3.       Guru meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas.
0
1
4.       Guru menyelesaikan semua tugas administratif dan non‐pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar yang ditetapkan.
0
1
5.       Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
0
1
6.       Guru memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah.
0
2
7.       Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru.
0
1
Total skor
13
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
14
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
92,86%
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
4



























Kompetensi 11                 : Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif.
Jenis dan Cara Menilai  : Kompetensi Sosial (Pengamatan dan Pemantauan)
Nama Guru            : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai         : Adah Salsiah, S.Pd.MM
Pengamatan
Tanggal
14 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
Silabus,RPP,Buku Analis ,Buku Nilai.
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.       Ibu Rohmaniah datang mengunjungi kelompok belajar untuk memberikan arahan dan memastikan kelompok bekerja secara bersama
2.       Ibu Rohmaniah berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lainnya sambil mengarahkan semua siswa terlibat dalam tugas kelompok
3.       Ibu Rohmaniah bertanya secara terbuka dan mendengarkan jawaban siswa tanpa memotong perkataan siswa
4.       Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
Tindak Lanjut Yang Diperlukan
Mengembangkan model pembelajaran siswa

Pemantauan
Tanggal
15 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
-RPP,Buku Agenda, Buku BP
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
1.       Kepedulian guru terhadap teman sejawat berupa kunjungan rumah untuk menjenguk
2.       Terlibat dalam kegiatan kebersihan sekola


Kompetensi 11 : Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif.
Indikator
Skor
Tidak Ada Bukti
Terpenuhi Sebagian
Seluruhnya Terpenuhi
1.       Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing‐masing, tanpa memperdulikan faktor personal.
0
1
2.       Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya.
0
2
3.       Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama dengan guru).
0
2
Total skor
4
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
6
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
66,67%
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
3

Kompetensi 12                 : Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua
                                                peserta didik, dan masyarakat.
Jenis dan Cara Menilai  : Kompetensi Sosial (Pemantauan)

Nama Guru         :  Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai      :  Adah Salsiah, S.Pd.MM

Pemantauan
Tanggal
14  Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
-          Daftar Hadir, Buku Agenda, Buku Notula ,Buku Penghubung dengan orang tua siswa

Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
1.       Ibu Rohmaniah menyampaikan informasi kemajuan belajar maupun perkembangan peserta didik kepada orang tua melalui raport
2.       Ibu Rohmaniah aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sekolah seperti upacara peringatan, rapat, kegiatan olah raga
3.       Pernah telibat dalam kepungurusan RT di tempat tinggalnya


Kompetensi 12 : Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua
                                peserta didik, dan masyarakat.
Indikator
Skor
Tidak Ada Bukti
Terpenuhi Sebagian
Seluruhnya Terpenuhi
1.       Guru menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua, teman sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
0
2
2.       Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya.
0
1
3.       Guru memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat.
0
2
Total skor
4
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
6
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
66,67%
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
3



Kompetensi 13                 : Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang
                                                mendukung mata pelajaran yang diampu
Jenis dan Cara Menilai  : Kompetensi Profesional (Pengamatan)
Nama Guru         : Rohmaniah, S.Pd.
Nama Penilai      : Adah Salsiah, S.Pd.MM
Sebelum Pengamatan
Tanggal
14 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
RPP
Tanggapan penilaian terhadap dokumen dan atau keterangan guru
1.       Materi yang disampaikan dalam RPP seperti yang tertulis dalam silabus

Selama Pengamatan
Tanggal
15 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
RPP
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.       Ibu Rohmaniah menyampaikan judul materi yang akan diajarkan
2.       Ibu Rohmaniah menggunakan metode ceramah dan tanyajawab dalam menyampaikan materi
3.       Ibu Rohmaniah mengkaitkan materi pembelajaran dengan contoh organisasi di dalam sekolah dan diluar sekolah
4.       Ibu Rohmaniah mengajar sambil berkeliling ke meja-meja siswa
5.       Ibu Rohmaniah memberikan arahan dan bimbingan secara berkelompok dengan cara mengunjungi meja siswa
6.       Materi yang disampaikan dikaitkan dengan organisasi sekolah dan organisasi kemasyarakatn
7.       Ibu Rohmaniah menyampaikan materi sesuai dengan yang ditulis di RPP
8.       Ibu Rohmaniah datang mengunjungi kelompok belajar untuk memberikan arahan dan memastikan kelompok bekerja secara bersama
9.       Ibu Rohmaniah berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lainnya sambil mengarahkan semua siswa terlibat dalam tugas kelompok
10.   Ibu Rohmaniah menugaskan siswa membaca buku paket lalu mengisi LKS
11.   Ibu Rohmaniah menyampaikan informasi bahwa diakhir kegiatan pembelajaran akan dilakukan evaluasi tertulis, siswa nampa rajin membaca kembali
12.   Sebagian siswa kerja kelompok dan sebagian lagi bermain sendiri setelah kerja kelompok berlangsung lebih dari 30 menit.
13.   Ibu Rohmaniah menungaskan siswa kerja kelompok untuk membaca buku paket, mengisi LKS dan menempel stiker nama dalam struktur organisasi
14.   Pembelajaran diakhiri dengan evaluasi tertulis
15.   Ibu Rohmaniah menyampaian pertanyaan terbuka dalam setiap memberikan pertanyaan
16.   Ibu Rohmaniah menggunakan alat bantu pembelajaran berupa bagan (chart) struktur organisasi

Tindak Lanjut Yang Diperlukan
Mengembangkan berbagai macama media pembelajaran


Kompetensi 13 : Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang
                                mendukung mata pelajaran yang diampu
Indikator
Skor
Tidak Ada Bukti
Terpenuhi Sebagian
Seluruhnya Terpenuhi
1.       Guru melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan.
0
2
2.       Guru menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
0
1
3.       Guru menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran.
0
2
Total skor
4
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
6
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
66,67%
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
3





















Kompetensi 14                 : Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
Jenis dan Cara Menilai  : Kompetensi Profesional (Pemantauan)

Nama Guru         :  Rohmaniah, S.Pd..
Nama Penilai      :   Adah Salsiah, S.Pd.MM.

Pemantauan
Tanggal
14 Nopember 2018
Dokumen dan Bahan Lain yang Diperiksa
-     Jurnal pembelajaran
-     Daftar Nilai
Catatan dan tanggapan penilai terhadap dokumen dan atau keterangan guru (catat kegiatan yang dilakukan)
1.       Guru mencatat kegiatan pembelajaran dalam jurnal pembelajaran di kelas
2.       Guru memiliki daftar nilai hasil penilaian proses pembelajaran
3.       Guru memiliki karya tulis hasil penelitian tindakan kelas


Kompetensi 14 : Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
Indikator
Skor
Tidak Ada Bukti
Terpenuhi Sebagian
Seluruhnya Terpenuhi
1.       Guru melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri sendiri.
0
2
2.       Guru memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari teman sejawat atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya.
0
2
3.       Guru memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
0
2
4.       Guru dapat mengaplikasikan pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan tindak lanjutnya.
0
2
5.       Guru melakukan penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar, konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB.
0
1
6.       Guru dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.
0
1
Total skor
8
Skor maksimum = jumlah indikator x 2
12
Persentase = (total skor/skor maksimum) x 100%
66,67%
Nilai Kompetensi:
(0% < x ≤ 25% = 1; 25% < x ≤ 50% = 2; 50% < x ≤ 75% = 3;
75% < x ≤ 100% = 4)
3

REKAP HASIL
PENILAIAN KINERJA GURU KELAS/MATA PELAJARAN

a.        Nama                                                             :  Rohmaniah, S.Pd.
N I P                                                               :  196409161986102007
Tempat/Tanggal Lahir                :  Lebak, 16-09-1964          
Pangkat/Jabatan/Golongan                       :  Pembina /Guru Madya / IVa
TMT sebagai guru                                       :  01 Oktober 1986
Masa Kerja                                                   :  32 Tahun  2 Bulan                   
Jenis Kelamin                                               :  Perempuan
Pendidikan Terakhir/Spesialisasi             :  s1/PGSD
Mata Pelajaran yang diampu                    : Guru kelas
b.       Nama Instansi/Sekolah                               :  SD Negeri Kalipasir
Telp / Fax                                                     :  -
Alamat                                                          : Jl. Raya Hambaro
Desa / Kecamatan                                       :  Leuwisadeng / Leuwisadeng
Kabupaten                                                   : Bogor
Propinsi                                                        :  Jawa Barat
Periode penilaian
1 Januari  2018  sampai 31  Desember 2018
(tanggal, bulan, tahun)(tanggal, bulan, tahun)
Tahun
2018

NO
K O M P E T E N S I
NILAI *)
A.   Pedagogik
1.
Menguasai karakteristik peserta didik
4
2.
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
3
3.
Pengembangan kurikulum
2
4.
Kegiatan pembelajaran yang mendidik
3
5.
Pengembangan potensi peserta didik
4
6.
Komunikasi dengan peserta didik
4
7.
Penilaian dan evaluasi
3
B.   Kepribadian
8.
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional
4
9.
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
4
10.
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
4
C.   Sosial
11.
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
3
12.
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat
3
D.   Profesional
13.
Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
3
14.
Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
3
Jumlah (Hasil penilaian kinerja guru)
47
Nilai Akhir
83,93
Sebutan
BAIK
*) Nilai diisi berdasarkan laporan dan evaluasi PK Guru. Nilai minimum per kompetensi = 1 dan nilai maksimum = 4
Bogor, 28 Nopember 2018
Kepala Sekolah,                                    Guru yang dinilai,                                 Penilai,
Adah Salsiah, S.P.MM.                        Rohmaniah, S.Pd.                                Adah Salsiah, S.Pd.MM      
NIP. 196101121982042001                    NIP. 196409161986102007               NIP. 196101121982042001
FORMAT PENGHITUNGAN ANGKA KREDIT PK GURU KELAS/MATA PELAJARAN
a.        Nama                                                             :  Rohmaniah, S.Pd.
N I P                                                               :  196409161986102007
Tempat/Tanggal Lahir                 :  Lebak, 16-09-1964          
Pangkat/Jabatan/Golongan                       :  Pembina /Guru Madya / IVa
TMT sebagai guru                                       :  01 Oktober 1986
Masa Kerja                                                   :  32 Tahun  2 Bulan                   
Jenis Kelamin                                               :  Perempuan
Pendidikan Terakhir/Spesialisasi             :  s1/PGSD
Mata Pelajaran yang diampu                    : Guru kelas
c.        Nama Instansi/Sekolah                               :  SD Negeri Kalipasir
Telp / Fax                                                     :  -
Alamat                                                          : Jl. Raya Hambaro
Desa / Kecamatan                                       :  Leuwisadeng / Leuwisadeng
Kabupaten                                                   : Bogor
Propinsi                                                        :  Jawa Barat


Nilai PK GURU Kelas/Mata Pelajaran

47
Konversi nilai PK GURU ke dalam skala 0 100 sesuai Permenneg PAN & RM No. 16 Tahun 2009 dengan rumus

Nilai PKG (100) = 47 x 100
                                   56





83,93
Berdasarkan hasil konversi ke dalam skala nilai sesuai dengan peraturan
tersebut, selanjutnya ditetapkan sebutan dan persentase angka kreditnya
          
 
Perolehan angka kredit (untuk pembelajaran) yang dihitung berdasarkan
rumus berikut ini.

Angka Kredit satu tahun =  



   
29,75
                                                                               
                                                                                                                                               





Leuwisadeng, 31 Desember  2018
Kepala Sekolah




Adah Salsiah, S.Pd.MM
NIP. 196101121982042001
Penilai




Adah Salsiah, S.Pd.MM
NIP. 196101121982042001

Guru Yang dinilai




Rohmaniah, S.Pd.
NIP. 196409161986102007


No comments:

Post a Comment

ORMULIR PERMOHONAN REKOMENDASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19

  FORMULIR PERMOHONAN REKOMENDASI PENYELENGGARAAN KEGIATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19         Leuwisadeng,...